Tips & Trik

3 Cara Merekatkan LCD Hp dan Kenali Penyebab yang Mendasarinya

×

3 Cara Merekatkan LCD Hp dan Kenali Penyebab yang Mendasarinya

Sebarkan artikel ini
cara merekatkan lcd hp

Di era modern saat ini, penggunaan ponsel pintar semakin meluas, terutama yang dilengkapi dengan layar sentuh. Seiring dengan peningkatan jumlah pengguna, pasar ponsel pintar juga semakin berkembang pesat. Cara merekatkan LCD hp ini sebenarnya mudah untuk dilakukan.

Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa penggunaan ponsel pintar dengan layar sentuh memiliki risiko tertentu, terutama terkait kerusakan pada layar LCD. Kerusakan ini bisa menjadi masalah serius yang perlu ditangani dengan hati-hati.

Mungkin pengguna bertanya-tanya, bagaimana cara memperbaiki layar LCD yang rusak? Meskipun prosesnya mungkin terdengar rumit, namun tidak perlu khawatir. Kami akan memandu pengguna melalui langkah-langkah sederhana untuk merekatkan layar LCD dengan mudah.

Penyebab LCD Lepas

Sebelum melakukan penyesuaian terhadap jarak pada tampilan LCD perangkat HP, para pengguna perangkat Android (Samsung, Xiaomi, Vivo, OPPO, Realme, POCO, Infinix) atau iPhone disarankan untuk memahami akar permasalahannya.

Berbagai faktor dapat menjadi penyebab, termasuk dampak dari benturan yang kuat terhadap perangkat, kerusakan pada baterai seperti terjatuh atau mengalami pembengkakan, kegagalan pada kekuatan perekat yang menahan komponen, atau kesalahan dalam proses pengangkatan pelindung layar.

Dari rangkaian faktor tersebut, terlihat bahwa terjadinya jarak atau pelepasan pada layar LCD HP dapat terjadi. Untuk mengembalikan layar ke kondisi semula, diperlukan penggunaan bahan perekat seperti lem LCD guna memperbaiki keadaannya.

Cara Merekatkan LCD Hp

Setelah mengetahui penyebab kenapa LCD smartphone dapat lepas, maka hal yang perlu diketahui selanjutnya yakni bagaimana cara  untuk merekatkannya. Penasaran bagaimana cara yang bisa dilakukan? Berikut diantaranya:

1. Menggunakan Double Tape

Jika pengguna mengalami kerusakan ringan pada layar LCD, pengguna dapat memperbaikinya dengan menggunakan double tape. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Persiapkan double tape berkualitas baik dan tebal.
  • Ukur layar hp pengguna untuk menyesuaikan ukuran double tape yang akan digunakan. Gunting atau gunakan cutter untuk memotong double tape sesuai ukuran yang diperlukan.
  • Pastikan semua bagian tepi layar hp tertutupi dengan double tape agar tidak ada bagian yang terlepas.

2. Menggunakan Lem Khusus

Cara merekatkan LCD Hp yang selanjutnya yakni dengan menggunakan lem khusus. Berikut adalah metode alternatif untuk menghubungkan LCD yang menggunakan lem khusus:

  • Pemilihan Lem: Pertama-tama, pilihlah jenis lem yang sesuai, seperti Lem T7000 atau B700, yang dirancang khusus untuk merekatkan LCD.
  • Persiapan Permukaan: Langkah berikutnya adalah membersihkan permukaan bodi HP secara menyeluruh. Pastikan untuk menghilangkan semua kotoran dan debu yang menempel menggunakan tisu basah atau lap.
  • Aplikasi Lem: Setelah permukaan bersih, aplikasikan lem secara merata di sepanjang pinggiran casing di belakang layar LCD sentuh.
  • Pemasangan LCD: Dengan hati-hati, pasanglah LCD ke dalam casing dengan memastikan agar tidak bergeser. Biarkan lem mengering sepenuhnya sebelum menggunakan perangkat.

3. Membawa ke Tempat Servis

Jika penggna tidak dapat mengatasi masalah layar LCD HP menggunakan cara yang disebutkan sebelumnya, langkah terbaik adalah membawanya ke pusat layanan terdekat.

Mungkin lebih baik jika pengguna memilih pusat layanan resmi, namun jika tidak memungkinkan, pusat layanan biasa juga bisa menjadi pilihan yang baik.

Di sana, prosedurnya serupa, terutama dalam menggunakan lem jika HP masih berfungsi, tetapi jika HP mati, kemungkinan besar LCD perlu diganti.

Itulah beberapa cara merekatkan lcd hp yang perlu diketahui. Hal ini tentu bisa digunakan sebagai antisipasi jika mengalami lcd smartphone yang lepas. Namun pengguna juga harus mengetahui penyebabnya sebelum mengatasi hal tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *