Tips & Trik

2 Cara Merekam Suara Google Tanpa Aplikasi di Hp dan Laptop

×

2 Cara Merekam Suara Google Tanpa Aplikasi di Hp dan Laptop

Sebarkan artikel ini
cara merekam suara google tanpa aplikasi

Google telah memperkenalkan beragam layanan digital yang dilengkapi dengan kemampuan suara, seperti Google Assistant, Google Translate, dan Google Maps, bersama dengan layanan lainnya. Cara merekam suara google tanpa aplikasi sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah.

Dalam konten video saat ini, banyak konten kreator yang memasukkan suara yang mirip dengan suara robot ke dalam karya-karya mereka. Ciri khas suara ini menyerupai suara yang digunakan dalam teknologi text-to-speech yang tersedia di Google Translate.

Penggunaan suara Google ini memberikan sentuhan lucu dan menarik pada konten video, karena karakter suara Google Translate yang cenderung datar memberikan nuansa yang sedikit berbeda dengan keseluruhan video.

Tidak hanya digunakan dalam konten video, suara Google ini juga sering digunakan untuk nada dering agar terdengar unik dan tidak biasa. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut ini mengenai cara yang bisa dilakukan untuk merekam suara google:

Merekam Suara Google Melalui Hp

Cara merekam suara google tanpa aplikasi yang pertama dengan menggunakan hp. Dalam proses merekam suara menggunakan Google, sebuah metode yang dapat digunakan adalah melalui platform Voice of Text. Voice of Text adalah sebuah layanan daring yang memungkinkan pengguna mengonversi teks menjadi file audio dalam format MP3.

Pengguna dapat memilih bahasa yang diinginkan untuk menyesuaikan aksen suara yang dihasilkan, menciptakan suasana yang unik dan menarik. Langkah-langkah untuk merekam suara Google menggunakan Voice of Text adalah sebagai berikut:

  • Mulailah dengan membuka peramban pada perangkat ponsel atau komputer Pengguna.
  • Akses situs web Soundoftext.com atau kunjungi alternatifnya di https://www.voiceoftext.com.
  • Masukkan teks yang ingin Pengguna konversi menjadi suara Google ke dalam kolom teks yang tersedia di sebelah kanan halaman Voice of Text.
  • Setelah memasukkan teks, pilihlah bahasa yang akan digunakan untuk menghasilkan aksen suara Google.
  • Setelah menyelesaikan pengaturan teks dan bahasa, maka bisa dilanjutkan dengan klik tombol yang bertuliskan Convert to Voice.
  • Setelah proses konversi selesai, unduh hasil suara Google dengan mengeklik tombol Download yang tersedia.
  • Jika hasil suara belum sesuai dengan keinginan Pengguna, Pengguna dapat mengulangi langkah-langkah di atas untuk melakukan rekaman ulang suara Google yang dihasilkan.

Merekam Suara Google Melalui Laptop

Merekam suara dari Google bisa dilakukan dengan mudah menggunakan PC atau laptop tanpa perlu mendownload aplikasi tambahan. Untuk lebih jelasnya terkait dengan langkah yang bisa dilakukan ini, silahkan simak uraian berikut ini:

  • Mulailah dengan membuka situs Google Translate.
  • Ketikkan kalimat yang ingin Pengguna rekam suaranya.
  • Setelah itu, tekan tombol berlogo Windows yang ada pada keyboard untuk membuka menu.
  • Di dalam menu, carilah aplikasi Voice Recorder yang sudah tersedia di komputer Windows Pengguna.
  • Begitu Voice Recorder terbuka, langsung tekan tombol Record yang terletak di tengah laman utama.
  • Saat merekam, Pengguna juga dapat membuka kembali situs Google Translate di tab lain untuk memastikan suara Google ikut terekam.
  • Jika ingin menghentikan perekaman, cukup klik tombol Stop di Voice Recorder.
  • Untuk memberi jeda, tekan tombol pause kecil di sisi kiri bawah Voice Recorder.
  • Setelah selesai merekam, Pengguna dapat mendengarkan rekaman dengan mengklik tombol titik tiga horizontal yang terletak di bagian kanan bawah layar.

Itulah uraian mengenai cara merekam suara google tanpa aplikasi yang bisa dilakukan dengan mudah dan juga praktis. Tentunya hal ini dapat dilakukan baik menggunakan Hp ataupun menggunakan Laptop. Cara yang dipilih sebaiknya disesuaikan dengan perangkat yang digunakan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *