Tips & Trik

Cara Merekam Layar Iphone Dengan Suara di Berbagai Versi iOS

×

Cara Merekam Layar Iphone Dengan Suara di Berbagai Versi iOS

Sebarkan artikel ini
cara merekam layar iphone dengan suara

Merekam layar iPhone dengan suara merupakan keahlian yang berguna untuk berbagai keperluan, mulai dari membuat tutorial hingga membagikan momen penting. Meskipun iOS memiliki fitur bawaan, namun merekam suara mungkin memerlukan cara yang berbeda. Banyak yang belum paham akan hal ini. Berikut akan dijelaskan mengenai cara merekam layar iphone dengan suara yang mudah.

Bagi yang penasaran bisa simak uraian selengkapnya dibawah ini. Langsung saja berikut ini cara mudah untuk merekam layar iphone dengan suara.

Mulai Rekam Layar iPhone dengan Suara

Banyak penjelasan mengenai cara merekam layar iPhone dengan suara. Sebenarnya, fitur ini telah ada sejak era iOS 11 guna memberikan pengguna kemudahan yang luas. Dari merekam permainan, panggilan video, hingga pembuatan tutorial, semuanya dapat dilakukan dengan menggunakan fitur perekaman layar ini.

Namun, sebelum memulai, perlu dilakukan aktivasi terlebih dahulu agar perekaman layar iPhone dapat berfungsi dengan baik. Langkah-langkah di bawah ini akan memandu pengguna untuk mengaktifkan fungsi perekaman layar tanpa perlu beralih-aplikasi.

  • Masuk ke dalam Pengaturan atau Settings.
  • Pilih opsi Pusat Kontrol atau Control Center.
  • Klik pada Pengaturan Kustomisasi Controls untuk menyesuaikan kontrol sesuai kebutuhan.
  • Gulir ke bawah hingga menemukan opsi Screen Record.
  • Sentuh ikon tambah (+) yang berwarna hijau di sebelah kiri layar.

Merekam Layar dan Suara Internal iOS 11

Menangkap momen penting di layar perangkat iOS 11 atau yang lebih tinggi menjadi semakin mudah dengan kemampuan untuk merekam tidak hanya visual tetapi juga suara internal.

Mengikuti serangkaian langkah sederhana, maka dapat dengan cepat memperoleh rekaman yang lengkap dan informatif. Berikut adalah prosedur yang harus diikuti:

  • Buka Control Center dengan Menggeser Layar.Langkah pertama adalah membuka Control Center dengan menggeser layar dari bagian bawah ke atas. Dengan gerakan yang mudah dan cepat, pengguna dapat mengakses berbagai fitur penting, termasuk perekaman layar.
  • Tekan Ikon Perekam Layar. Setelah Control Center terbuka, carilah ikon perekam layar yang terletak di antara opsi yang tersedia. Ikon ini biasanya berbentuk lingkaran dengan dot di tengahnya, dan mengetuknya akan memulai proses perekaman.
  • Aktifkan Suara Internal.Sebelum memulai perekaman, pastikan untuk menyalakan suara internal dengan menekan tombol mikrofon yang tersedia. Ini akan memungkinkan pengguna merekam tidak hanya gambar layar tetapi juga suara yang dipancarkan oleh perangkat.
  • Mulai Rekaman.Setelah semua persiapan selesai, cukup ketuk tombol Start Recording untuk memulai proses perekaman. Pada titik ini, perangkat iOS akan mulai merekam semua yang terjadi di layar, bersama dengan suara internal yang dipilih sebelumnya.
  • Menghentikan Rekaman. Setelah selesai merekam, cukup kembali ke Control Center dan ketuk lagi ikon perekam layar. Ini akan menghentikan proses perekaman dan menyimpan hasilnya untuk diperiksa lebih lanjut.
  • Penyimpanan Rekaman.Semua rekaman layar akan disimpan secara otomatis di album Photos perangkat iOS. Pengguna dapat dengan mudah mengakses rekaman tersebut untuk dilihat atau dibagikan sesuai kebutuhan mereka.

Selain merekam suara internal, pengguna juga memiliki opsi untuk merekam suara eksternal. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan mikrofon atau perangkat perekam suara eksternal yang terhubung ke perangkat iOS.

Pastikan untuk mengatur pengaturan audio pada perangkat sesuai dengan perangkat eksternal yang digunakan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Merekam Layar dan Suara Internal iOS 10

Jika berkeinginan untuk merekam aksi yang terjadi di layar perangkat iOS 10 bersamaan dengan audio yang dihasilkan secara internal, ada beberapa langkah yang perlu lakukan. Dalam konteks ini, maka akan membutuhkan perangkat tambahan, yakni sebuah Mac dan aplikasi QuickTime yang terintegrasi dengan perangkat tersebut.

Berikut adalah panduan langkah demi langkah yang dapat diikuti untuk melakukan pengambilan gambar dan suara:

  • Persiapkan Koneksi. Tahap pertama adalah menghubungkan perangkat iOS 10 ke Mac. Ini dapat dilakukan melalui kabel USB yang sesuai dan pastikan koneksi sudah terjalin dengan baik.
  • Buka Aplikasi QuickTime. Setelah perangkat iOS 10 terhubung dengan Mac, lanjutkan dengan membuka aplikasi QuickTime di komputer. QuickTime adalah alat yang kuat yang tidak hanya untuk pemutaran media tetapi juga untuk merekam video dan audio.
  • Mulai Rekaman Baru. Di dalam aplikasi QuickTime, navigasikan menu utama dan pilih opsi File . Dari sana, buka Rekaman Film Baru untuk memulai proses rekaman.
  • Konfigurasi Pilihan. Ketika jendela baru muncul, maka akan diberikan opsi untuk mengatur preferensi rekaman. Pastikan untuk memilih perangkat iOS 10  sebagai sumber kamera dan mikrofon. Hal ini memastikan bahwa rekaman akan mengambil gambar dari layar perangkat dan juga audio yang dihasilkan secara internal.
  • Memulai Proses Rekaman. Dengan semua pengaturan yang sudah ditentukan, maka dapat memulai proses rekaman dengan mengklik tombol yang sesuai. QuickTime akan mulai merekam apa yang ditampilkan di layar perangkat iOS 10 bersama dengan suara yang terdengar di dalamnya.
  • Menghentikan dan Menyimpan Rekaman. Ketika telah merekam apa yang diinginkan, cukup klik tombol Stop di dalam aplikasi QuickTime untuk menghentikan proses rekaman. Hasil rekaman akan otomatis disimpan di dalam perangkat Mac dan dapat diakses kapan saja sesuai kebutuhan.

Demikianlah pembahasan mengenai cara merekam layar iphone dengan suara dengan mudah dan simpel. Terdapat dua langkah mudah yang bisa dilakukan.

Untuk ios 10 dan ios 11. Keduanya tentu memiliki langkah yang berbeda. Pastikan juga untuk selalu mengikuti langkah demi langkahnya secara teliti supaya hasil rekaman nya sempurna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *