Tips & Trik

Cara Menyetem Gitar dengan Aplikasi GuitarTuna dan Pro Guitar Tuner beserta Tipsnya

×

Cara Menyetem Gitar dengan Aplikasi GuitarTuna dan Pro Guitar Tuner beserta Tipsnya

Sebarkan artikel ini

Tips dan Cara Menyetem Gitar dengan Aplikasi

cara menyetem gitar dengan aplikasi

Bagi pemula yang baru belajar memainkan gitar, mungkin bingung bagaimana menyetem gitarnya. Namun sekarang tak perlu bingung lagi karena ada cara menyetem gitar dengan aplikasi GuitarTuna dan Pro Guitar Tuner yang tersedia di Google Play Store disertai tips yang berguna.

Menyetem Gitar dengan Aplikasi

Menyetem gitar tentu wajib dilakukan gitaris, baik masih pemula maupun profesional karena akan mempengaruhi performa. Gitar yang belum disetem akan terdengar jelek sehingga tak nyaman didengar oleh penikmat musik. Untuk pemula yang belum mengerti, bisa menggunakan dua aplikasi berikut ini:

1. Melalui Aplikasi GuitarTuna

Melalui aplikasi GuitarTuna ini, melakukan stem gitar menjadi mudah. Aplikasi ini pun sudah cukup dikenal. Pasalnya, GuitarTuna dipercaya 100 juta pengguna lebih dan ratingnya mencapai 4.7. Jadi, aplikasi ini tidak bisa diremehkan karena didesain oleh gitaris dan audio engineers profesional.

GuitarTuna ini cukup akurat dalam mengenali nada gitar yang sedang dimainkan. Cara kerjanya mengandalkan mikrofon dari ponsel pengguna sehingga aplikasi ini mampu mengenali nada gitar yang dimainkan dengan mudah. Aplikasi ini juga memiliki lebih dari 100 tunings yang bisa digunakan.

  • Ambil gitar.
  • Buka aplikasi GuitarTuna.
  • Masuk ke menu “Tuner”.
  • Bunyikan satu senar tanpa menekan kunci apapun.
  • Dideteksi dan dikenali secara otomatis oleh GuitarTuna.
  • Petik terus senar gitar hingga nada mencapai posisi garis tengah dari “Standar Tuning”.
  • Muncul ikon dengan tanda centang berwarna hijau jika stem satu senar berhasil.
  • Lakukan yang sama pada senar gitar yang lain.

Lakukan stem dari senar 1 terlebih dahulu yang ada di paling bawah dan paling tipis senarnya, lalu stem secara berurutan dari senar 1-6. Jika muncul pesan “Too low” atau “Too high” saat menyetem, maka pengguna harus menyesuaikan nada hingga pas.

2. Melalui Aplikasi Pro Guitar Tuner

Selanjutnya dari cara menyetem gitar dengan aplikasi adalah dengan menggunakan aplikasi Pro Guitar Tuner. Aplikasi ini merupakan yang terbaik karena diunduh 10 juta lebih pengguna. Pro Guitar Pro digunakan para profesional juga, jadi tak perlu ragu untuk menggunakannya.

Pro Guitar Tuner memiliki tampilan yang sederhana dan simpel sehingga mudah untuk digunakan. Selain itu, aplikasi ini dapat menganalisis bunyi secara real time dari mikrofon ponsel, headset, gitar clip, atau mikrofon eksternal lainnya. Akurasinya cukup akurat dalam mengenal intonasi nada.

  • Pastikan sudah mengunduh aplikasinya.
  • Siapkan gitar.
  • Buka aplikasi Pro Guitar Tuner.
  • Bunyikan senar yang ada di paling bawah sendiri (E4).
  • Muncul pesan “Tune Up” atau “Tune In” setelah dibunyikan.
  • Lakukan cara di atas pada semua senar hingga muncul pesan “Tune In”.
  • Selesai.

Ketika muncul pesan “Tune Up” dan “Tune Down” pada cara di atas, itu artinya senar perlu disesuaikan nadanya hingga pas sampai muncul pesan “Tune In”. Yang dimaksud dengan “Tune In” sendiri adalah nada pada senarnya sudah selaras dan proses berhasil.

Tips Stem Gitar

Untuk menyetem gitar dengan aplikasi, diperlukan tips-tips agar proses stem gitar dapat berjalan dengan lancar, akurat, dan juga berhasil. Terdapat tips-tips singkat yang dapat dicoba seperti di bawah ini:

  • Pastikan pemain gitar menyetem senar dengan tepat, sehingga pemain akan mudah memastikan turning key yang tepat untuk senar tersebut.
  • Turunkan nada ketika menyetem nadanya terlalu tinggi dan stem ulang dari awal. Hal ini untuk mencegah resiko senar gitar terputus karena terlalu kencang.
  • Mainkan senar sambil memutar tuning gitar sebelum menyetemnya. Jika melakukan hal ini, pemain dapat mendengarkan dan menyesuaikan nadanya hingga suaranya pas.

Itulah cara menyetem gitar dengan aplikasi di Android yang menggunakan aplikasi GuitarTuna dan Pro Guitar Tuner yang ada di Google Play Store. Dengan disertai tips-tips bermanfaat, pemain gitar pemula diharapkan tak perlu khawatir lagi karena dapat menyetemnya dengan mudah.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Play.id