Tips & Trik

Kenali 3 Cara Menyambungkan WiFi Tanpa Password di Android Dengan Mudah

9
×

Kenali 3 Cara Menyambungkan WiFi Tanpa Password di Android Dengan Mudah

Sebarkan artikel ini

Cara Menyambungkan WiFi Tanpa Password di Android, Ini Penjelasannya

Pada umumnya, mengakses jaringan WiFi akan membutuhkan password. Setelah ditelusuri, jaringan WiFi ternyata dapat diakses bahkan tanpa mengetahui password WiFi. Maka itu, perlu diketahui cara menyambungkan WiFi tanpa password agar smartphone Android dapat terhubung pada layanan internet tersebut.

Saat ini, WiFi menjadi solusi ideal bagi pengguna internet yang ingin mendapatkan akses internet dengan kecepatan terbaik. Namun, tidak semua orang dapat membeli router dan perlengkapan lainnya. Bagi yang ingin menyambungkan WiFi tanpa password, berikut berbagai cara yang dapat dipraktikkan:

1. Dengan Menggunakan Fitur WPS

Cara menyambungkan WiFi tanpa password yang pertama adalah dengan menggunakan fitur WPS. Fitur ini hanya dapat digunakan oleh modem atau router berbasis WPS, misalnya WiFi IndiHome. Untuk menggunakannya, begini langkah-langkah pengaturan fitur WPS yang perlu dilakukan terlebih dahulu:

  • Langkah pertama, temukan modem atau router yang menyediakan WiFi. Hal ini perlu dilakukan apabila ingin terhubung ke WiFi tanpa mengetahui atau menggunakan password.
  • Selanjutnya, tekan tombol WPS yang ada pada modem atau router Tombol WPS tersebut biasanya ada pada bagian belakang modem, terutama WiFi IndiHome.
  • Apabila tombol indikator menyala, artinya fitur WPS sudah siap digunakan. Untuk menggunakannya pada smartphone, kunjungi Pengaturan atau Settings.
  • Selanjutnya, pilih opsi Koneksi (atau Jaringan & Internet pada sebagian smartphone). Pilih WiFi, lalu klik ikon roda di pojok atas kanan untuk opsi Setelan Tambahan.
  • Terakhir, scroll hingga opsi Hubungkan WPS ditemukan. Jika opsi tersebut tidak dapat dipilih, berarti fitur WPS pada modem atau router belum diaktifkan atau bermasalah.
  • Tunggu hingga proses menghubungkan selesai. Apabila layar kembali ke pengaturan WiFi, artinya WiFi sudah tersambung dengan smartphone.

2. Dengan Menggunakan QR Code

Selanjutnya, QR Code dapat menjadi pilihan alternatif sebagai cara menyambungkan WiFi tanpa password. Dengan QR Code, WiFi dapat dibagikan kepada smartphone lain tanpa memerlukan password.

Sayangnya, fitur ini hanya tersedia apabila smartphone memiliki Android 11 ke atas. Bagi yang memiliki Android versi tersebut, begini langkah-langkah menggunakan QR Code untuk akses WiFi tanpa password:

  • Mula-mula, pastikan smartphone sudah tersambung dengan WiFi.
  • Pada smartphone tersebut, kunjungi Pengaturan atau Settings. Kemudian, pilih opsi Koneksi (atau Jaringan & Internet pada merek smartphone tertentu).
  • Pada halaman selanjutnya, pilih WiFi. Temukan jaringan WiFi yang telah terhubung, lalu klik menu pengaturannya.
  • Berikutnya, akan muncul informasi mengenai WiFi tersebut, beserta tiga opsi yang dapat dipilih. Untuk berbagi, pilih Share. Akan muncul QR Code pada layar.
  • Pada smartphone lain yang ingin terhubung dengan WiFi, buka Pengaturan/Settings > Koneksi/Jaringan & Internet > WiFi.
  • Pilih jaringan yang ingin dihubungkan tanpa password, lalu klik opsi Scan. Tinggal pindai QR Code

3. Dengan Bantuan Aplikasi QR Code

Smartphone yang memiliki Android di bawah 11 akan memerlukan aplikasi dari Play Store untuk scanning. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan yaitu WiFi QR Connect. Berikut cara menggunakan aplikasi tersebut untuk tersambung ke WiFi tanpa password:

  • Sebelum memulai, pastikan WiFi atau smartphone lain yang terkoneksi dengan WiFi sudah menyediakan QR Code yang dapat dipindai.
  • Setelah itu, download dan jalankan aplikasi WiFi QR Connect pada smartphone yang ingin terhubung dengan WiFi.
  • Pada layar utama aplikasi, pilih opsi Scanner pada kolom bawah, lalu arahkan kamera ke QR Code yang telah didapatkan.
  • Apabila terdeteksi, maka akan muncul SSID dan password dari WiFi tersebut. Pilih tombol Connect untuk menggunakannya.

Sekian penjelasan dari berbagai cara menyambungkan WiFi tanpa password yang mudah dan simpel. Meski tanpa password, WiFi masih dapat disambung dan digunakan untuk berbagai keperluan daring. Cara-cara tersebut juga dapat dicoba bagi pemilik WiFi yang lupa password sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *