Tips & Trik

Cara Menyambungkan Headset Bluetooth dengan PC dan Smartphone

10
×

Cara Menyambungkan Headset Bluetooth dengan PC dan Smartphone

Sebarkan artikel ini

Inilah Cara Menyambungkan Headset Bluetoth dengan Mudah

Mendengarkan musik adalah salah satu jenis hiburan yang murah dan sangat mudah. Pengalaman mendengarkan musik bisa menjadi semakin menyenangkan dengan menggunakan headset. Salah satu jenis headset yang dapat digunakan adalah headset Bluetooth. Lalu bagaimanakah cara menyambungkan headset Bluetooth ke gadget?

Menghubungkan Headset Bluetooth ke Smartphone

Smartphone Android sebenarnya sudah sangat simpel dan anti ribet. Namun menggunakan headset berkabel untuk mendengarkan musik terasa ribet bagi sebagian orang. Oleh karena itu headset Bluetooth bisa menjadi salah satu alternatif terbaik. Simak cara berikut ini untuk menggunakan headset Bluetooth: 

1. Menghubungkan Headset Bluetooth ke Android

Bagi pengguna Hp android juga bisa menghubungkannya bluetooth ke headsetnya. Untuk caranya pun tidak begitu sulit. Berikut ini beberapa langkah langkahnya: 

  • Langkah pertama adalah mengaktifkan fitur Bluetooth yang ada di smartphone. Fitur ini bisa diaktifkan melalui Quick Setting yang bisa diakses dengan menggeser layar dari atas ke bawah.
  • Selanjutnya pergi ke Setting dan masuk ke Connected Devices.
  • Kemudian pilih Pair new device.
  • Lalu aktifkan mode pairing pada headset Bluetooth supaya bisa terdeteksi oleh smartphone Android. Caranya dengan menekan tombol tertentu sesuai dengan jenis headset-nya.
  • Setelah itu, nama Bluetooth dari headset tersebut akan muncul di Available Devices. Langsung saja lakukan pairing.

Jika langkah-langkahnya sudah diterapkan dengan tepat maka proses pairing sudah selesai. Kini pengguna bisa mendengarkan musik lewat headset Bluetooth tersebut. 

2. Menghubungkan Headset Bluetooth ke Iphone

Selain Android pengguna juga bisa menghubungkan headset Bluetooth dengan smartphone iOS. Bagi yang penasaran bisa disini penjelasannya di bawah ini. Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan:

  • Pergi ke menu Setting dan masuk ke General.
  • Setelah itu pilih Bluetooth dan aktifkan.
  • Aktifkan juga mode pairing yang ada di headset Bluetooth yang akan dihubungkan.
  • Setelah beberapa saat nama device akan muncul di smartphone. Langsung saja lakukan pairing dan 2 device pun sudah berhasil terhubung.

iOS sebenarnya memiliki produk airpod yang bisa langsung terkoneksi. Cara di atas bisa diterapkan jika headset Bluetooth yang digunakan merupakan produk selain airpod. Banyak pengguna yang memilih produk seperti itu karena harganya lebih terjangkau.

Menyambungkan Headset Bluetooth ke PC

Topik selanjutnya yang akan dibahas adalah cara menyambungkan headset Bluetooth ke PC. Cara ini biasanya diterapkan jika pengguna ingin mengerjakan tugas atau pekerjaan di PC sambil mendengarkan musik. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menyambungkan headset Bluetooth ke Windows: 

1. Menyambungkan Headset Bluetooth ke Laptop

Bagi yang penasaran ingin menyambungkan headset bluetoothnya ke laptop/pc, bisa menggunakan cara ini. Untuk langkahnya sebagai berikut:

  • Pastikan fitur Bluetooth pada Windows sudah aktif. Jika belum pengguna bisa mengaktifkannya lewat menu Start lalu pergi ke Setting. Setelah itu pilih Bluetooth dan aktifkan.
  • Selanjutnya aktifkan mode pairing pada headset Bluetooth sesuai instruksi pada kemasannya.
  • Pada PC masuk ke menu Add Bluetooth or other device dan pilih Bluetooth.
  • Setelah nama device atau headset muncul langsung klik Connect dan pilih Done.

Dengan demikian pengguna sudah bisa mendengarkan lagu menggunakan headset Bluetooth miliknya. 

2. Menghubungkan Headset Bluetooth ke MacOS

Sama seperti smartphone, Apple juga tersedia dalam bentuk PC dengan nama MacOS. Perangkat ini juga bisa dihubungkan dengan headset Bluetooth. Berikut ini langkahnya: 

  • Klik ikon Apple yang berada di pojok kiri atas pada PC.
  • Masuk ke System Preferences dan pilih Bluetooth.
  • Pastikan earphone yang akan disambungkan sudah berada di mode pairing. Jika belum pengguna bisa mengaktifkannya sesuai instruksi pada kemasan.
  • Tunggu beberapa saat dan nama device akan muncul di PC. Klik namanya lalu pilih Connect 

Itulah tadi cara menyambungkan headset Bluetooth pada smartphone dan PC yang dapat dicoba. Dengan menggunakan fitur Bluetooth kini mendengarkan musik tidak perlu ribet. Headset jenis ini sangat nyaman digunakan jika pengguna ingin mendengarkan musik sambil melakukan aktivitas lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *