Tips & Trik

Cara Menjadi Mitra Shopee Food Driver Serta Persyaratannya

×

Cara Menjadi Mitra Shopee Food Driver Serta Persyaratannya

Sebarkan artikel ini

Inilah Syarat dan Cara Menjadi Mitra Shopee Food Driver

cara menjadi mitra shopee food

Shopee kini tidak hanya sarana berbelanja, melainkan juga kesempatan untuk berbisnis sebagai mitra. Cara menjadi mitra Shopee Food sebagai driver mulai banyak diminati. Sebab, peluang ini dinilai menjanjikan. Berbeda dengan platform ojek online lain yang jumlah drivernya sudah teramat banyak.

Sementara itu, Shopee Food masih terbilang baru. Sehingga persaingannya juga masih terbilang aman, namun sudah mulai terlihat banyak pengemudi berseragam orange di jalan. Tertarik untuk menjadi mitra sebagai driver? Jangan tunggu terlalu lama, mari simak pembahasan selengkapnya di sini dan ambil kesempatannya.

Persyaratan Menjadi Mitra Sebagai Driver

Sebelum masuk ke dalam pembahasan cara menjadi mitra Shopee Food, terlebih dahulu calon driver perlu mengetahui persyaratannya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni mempersiapkan dokumen wajib untuk mendaftar. Berikut ini adalah dokumen persyaratannya:

  • KTP yang berstatus aktif.
  • Calon pengemudi adalah WNI yang berusia paling tidak 17 tahun, dan tidak melebihi 65 tahun ketika mendaftar.
  • Memiliki SIM C yang berstatus aktif.
  • Membawa STNK, kendaraan minimal dibuat pada tahun 2013.
  • Buku tabungan, bisa membawa salah satu dari beberapa bank ini: BCA, Seabank, BNI, Mandiri, atau BRI. Nama pemilik rekeningnya wajib sama dengan di KTP yang didaftarkan.
  • Email dan nomor hp yang masih aktif dan bisa dihubungi dengan mudah.

Cara Mendaftarkan Diri Sebagai Mitra

Sebelumnya telah dibahas mengenai dokumen apa saja yang perlu disiapkan sebagai syarat untuk menjadi driver di Shopee Food. Selanjutnya, calon driver wajib melakukan pendaftaran. Untuk pendaftarannya, dibagi ke tiga bagian yang disesuaikan tempat tinggal. Berikut ini cara melakukannya:

  • Siapkan semua dokumen. Dokumen persyaratan tersebut digunakan ketika mengisi formulir saat mendaftar di Shopee Food sebagai driver.
  • Buka browser, kemudian akses link yang digunakan untuk mendaftar. Ada tiga link yang bisa diakses yaitu Jakarta, Bodetabek, serta luar Jabodetabek. Silahkan mengakses salah satu sesuai dengan wilayah tinggal.
  • Isi formulir dengan benar sesuai data yang telah disiapkan.
  • Apabila sudah mengunggah semua dokumen dan mengirimkan formulirnya, Shopee akan memberitahukan perihal tahap selanjutnya. Biasanya paling lambat satu bulan sesudah mengisi formulir.
  • Undangan ini memuat jadwal pertemuan sesuai ketentuan. Namun, bila berhalangan untuk hadir pada waktu tersebut, harus menunggu jadwal undangan selanjutnya. Informasi tersebut biasanya dikirimkan melalui WhatsApp.

Mengapa Akun Driver Tidak Dapat Diakses?

Setelah menjadi mitra Shopee Food, pengemudi sudah bisa menerima pesanan yang akan dikirimkan ke customer. Namun, terkadang driver mengalami hambatan seperti akun yang tidak dapat diakses. Ada beberapa penyebab yang membuat akun tidak bisa dibuka, yakni berikut ini:

  • Akun yang ditahan. Jika mengalami kondisi seperti ini, driver bisa langsung menghubungi CS Shopee. Bisa juga menghubungi Shopee Food di nomor 021-50815911 agar bisa mendapatkan informasi dan pengarahan lebih lanjut.
  • Tidak dapat log in dan log out secara otomatis. Apabila terjadi hal seperti ini, pastikan akunnya tidak log in pada perangkat lain. Pastikan juga nomor hp sudah benar, lalu masukkan kode OTP yang dikirimkan ke SMS. Bisa juga menginstal ulang lalu log in kembali.
  • Akun dinonaktifkan oleh Shopee. Hal ini bisa terjadi karena driver seringkali mengabaikan pesan atau membatalkan pesanan secara berturut-turut. Bisa juga karena melakukan pelanggaran kode etik pengemudi.

Itulah persyaratan dan cara menjadi mitra Shopee Food sebagai driver, serta penyebab kenapa akun tidak bisa diakses. Peran driver sangat penting dan krusial, sebab bertugas mengantarkan makanan dengan selamat kepada pemesan. Untuk itu diperlukan driver dengan komitmen, skill, serta konsistensi dalam mengutamakan tugasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *