Tips & Trik

Cara Mengubah WA Biasa ke WA Bisnis Tanpa Aplikasi Tambahan

×

Cara Mengubah WA Biasa ke WA Bisnis Tanpa Aplikasi Tambahan

Sebarkan artikel ini

Cara Mengubah WA Biasa ke WA Bisnis Tanpa Aplikasi Dengan Mudah

cara mengubah wa biasa ke wa bisnis tanpa aplikasi

Banyak pengguna WhatsApp yang berpikir bahwa untuk mengubah WhatsApp biasa ke mode bisnis diperlukan aplikasi tambahan. Padahal, ada cara mengubah WA biasa ke WA bisnis tanpa aplikasi yang lain lagi. Hanya menggunakan layanan asli dari WhatsApp saja.

Tidak perlu mendownload aplikasi selain WhatsApp. Para pengguna bisa menggunakan layanan bisnis dari WhatsApp. Cara ini pastinya akan lebih aman dibandingkan dengan mendownload aplikasi lain selain WhatsApp.

Mengenal WhatsApp Bisnis

Sebelum mengetahui bagaimana cara untuk mendapatkan akses pada WA Bisnis dari WA biasa, para pengguna tentu harus memahami terlebih dahulu apa WhatsApp Bisnis itu. Serta, apa yang membuatnya berbeda dengan layanan WhatsApp yang biasa.

Seperti namanya, jenis WhatsApp Bisnis ini memang dikhususkan untuk aktivitas bisnis. Fitur dan layanannya disesuaikan dengan kebutuhan bisnis dari para penggunanya. Dengan fitur tersebut, para pemilik bisnis akan lebih mudah berinteraksi dengan pelanggannya.

Aplikasi WhatsApp untuk bisnis ini menyediakan fitur seperti membalas pesan otomatis, menyortir jenis pesan, memberikan profil usaha, dan sebagainya. Tentu saja, fitur khusus untuk bisnis ini tidak bisa ditemui pada WhatsApp yang biasa.

Dengan fitur otomatis ini, para pemilik bisnis bisa merespon konsumen dengan lebih cepat. Tidak seperti di WhatsApp biasa yang tidak memiliki fitur otomatis ini. Jadi, pemilik bisnis sering terlambat dalam merespon.

Aplikasi ini juga menentukan jam buka dari bisnis. Jadi, lewat dari jam buka tersebut, akun WhatsApp bisnis tidak bisa dihubungi lagi. Dengan begitu, akses dan komunikasi antara pengusaha dan konsumen akan lebih profesional.

Cara Mengubah WA Biasa ke WA Bisnis Tanpa Aplikasi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, para pengguna tidak perlu mendownload aplikasi lain selain WhatsApp untuk mengaktifkan fitur bisnis pada aplikasi WhatsApp. Hal yang perlu dilakukan hanya dengan mendownload aplikasi WhatsApp Bisnis.

Namun, agar akses semakin lancar harus dilakukan beberapa sinkronisasi. Berikut adalah cara untuk mengubah WA biasa menjadi WA bisnis:

  • Lakukan back up terhadap data dan pesan yang ada di WhatsApp biasa terlebih dahulu.
  • Download aplikasi WhatsApp Bisnis melalui toko aplikasi resmi yang ada di sistem smartphone.
  • Setelah aplikasi berhasil didownload, langsung lakukan penginstalan pada aplikasi.
  • Gunakan nomor telepon dan kode OTP untuk melakukan login pada aplikasi WhatsApp Bisnis.
  • Berikan izin pada aplikasi WhatsApp Bisnis untuk mengakses beberapa layanan pada perangkat. Seperti Kamera, File Manager, dan juga berbagai izin yang lainnya.
  • Tetapkan dulu fitur-fitur dan isi profil perusahaan pada bagian Profil WhatsApp.
  • Lakukan pemulihan data dengan akun yang sudah dibackup sebelumnya. Proses ini cukup memakan waktu, bergantung dengan jaringan internet yang dimiliki oleh para pengguna.
  • Setelah pemulihan data berhasil, para pengguna sudah bisa menggunakan WhatsApp Bisnis untuk berinteraksi dengan konsumen.

Jika akun WhatsApp biasa sudah diubah ke akun bisnis, maka aplikasi WhatsApp biasa akan menjadi tidak berlaku lagi alias kosong. Namun, para pengguna tidak perlu khawatir karena perubahan menjadi WhatsApp bisnis ini bukan sesuatu yang permanen.

Jika, para pengguna misalnya sudah berhenti berbisnis atau ingin menggunakan nomor lain untuk bisnis, para pengguna bisa mengubah lagi akun bisnis WhatsApp menjadi akun WhatsApp bisa kembali. Nantinya WhatsApp tersebut bisa digunakan seperti sedia kala.

Itulah cara mengubah WA Biasa ke WA Bisnis tanpa aplikasi tambahan lagi. Walaupun, jenis akun berubah namun fitur komunikasinya tetap sama. Hanya saja, WA Bisnis aksesnya lebih dikhususkan lagi. Caranya sangat mudah dan juga sangat aman untuk diakses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *