Tips & Trik

Ketahui 3 Cara Mengubah Resolusi Video di Android Dengan Mudah dan Cepat

9
×

Ketahui 3 Cara Mengubah Resolusi Video di Android Dengan Mudah dan Cepat

Sebarkan artikel ini

Cara Mengubah Resolusi Video di Android, Yuk Simak

Pada umumnya, setiap video memiliki resolusi yang berbeda-beda. Namun perlu diingat jika resolusi dapat mempengaruhi besar dari ukuran file tersebut. Agar video masih dapat disimpan di Android, setiap orang perlu mengetahui cara mengubah resolusi video di Android.

Untuk mengubah resolusi video, bantuan dari pihak ketiga akan dibutuhkan agar resolusi dapat diubah sesuai dengan keinginan. Pemilik video dapat menggunakan aplikasi ataupun situs online. Langsung saja, simak cara-cara yang dapat dicoba:

1. Dengan Menggunakan Aplikasi Editing Video

Cara mengubah resolusi video di Android yang pertama adalah menggunakan aplikasi editing video, misalnya KineMaster. Hal yang unggul apabila menggunakan video editor adalah video dapat langsung diedit ketika ingin diubah resolusinya. Berikut langkah-langkah mengubah resolusi di KineMaster:

  • Langkah pertama, pastikan aplikasi KineMaster sudah ada pada smartphone. Jika belum, silahkan download di Play Store terlebih dahulu.
  • Setelah aplikasi dibuka, pilih ikon plus untuk membuat proyek video baru.
  • Untuk mengambil video, pilih opsi Gallery, lalu ambil video yang ingin diubah resolusinya.
  • Setelah video dimuat, silahkan edit sesuka hati jika diperlukan. Jika hanya ingin mengubah resolusi, abaikan tahap ini.
  • Selanjutnya, tekan tombol Share pada kolom bawah layar. Pada opsi Choose Resolution, tinggal pilih Low Quality, lalu simpan video.

Untuk mendapat opsi resolusi dengan ukuran lebih besar, KineMaster perlu diatur terlebih dahulu. Pada pengaturan KineMaster, pilih opsi Device Compatibility Information, lalu tekan ikon titik tiga yang muncul untuk memilih High Resolution.

2. Dengan Menggunakan Aplikasi Khusus Konversi

Selain menggunakan video editing, resolusi video dapat diubah dengan menggunakan aplikasi khusus konversi, misalnya Video Transcoder. Aplikasi open-source ini merupakan aplikasi terpercaya dalam mengedit dan mengubah video dengan bebas. Begini langkah-langkah menggunakan aplikasi tersebut:

  • Mula-mula, download aplikasi Video Transcoder pada Play Store, lalu jalankan.
  • Pada layar utama aplikasi, video-video yang tersimpan di Gallery akan dimunculkan. Pilih video yang ingin diubah resolusinya.
  • Setelah memilih, Video Transcoder akan menampilan preview video beserta seluruh opsi yang diberikan untuk mengedit. Scroll ke bawah hingga opsi Resolution
  • Berikutnya, pilih resolusi baru yang diinginkan pada video tersebut, lalu scroll kembali ke atas untuk menekan tombol Encode.
  • Video Transcoder akan memunculkan pop-up berupa tulisan dari file yang sudah dikonversi. Temukan file berupa video yang telah berhasil diubah resolusinya pada tempat penyimpanan.

3. Dengan Bantuan Situs Konversi Online

Terakhir, video dapat diubah dengan menggunakan situs konversi online. Dengan situs terpercaya seperti Aconvert, resolusi video dapat diubah tanpa perlu mengunduh aplikasi, dan caranya cukup simpel. Berikut cara mengubah resolusi video di Android dengan situs Aconvert:

  • Langkah pertama, kunjungi situs Aconvert melalui browser pada smartphone. Untuk mempermudah pencarian, kunjungi tautan berikut: https://www.aconvert.com.
  • Pada halaman utama, pilih ikon tiga garis pada pojok atas, lalu pilih Video.
  • Selanjutnya, klik Pilih File, lalu pilih video yang ingin diubah resolusinya.
  • Di bawahnya, pilih target format pada video bila ingin diubah. Perlu diperhatikan jika mengubah video menjadi format tertentu dapat memperkecil ukuran file video.
  • Pada kolom Options, ketuk dan ganti dengan opsi kedua. Akan muncul tiga kolom di bawahnya yang dapat diatur untuk mengubah video.
  • Untuk mengubah resolusi, pilih kolom Video Size, lalu pilih resolusi yang diinginkan. Bila diperlukan, ubah Aspect Ratio untuk mendapatkan resolusi yang berbeda.
  • Setelah pengaturan selesai, tekan tombol “Convert Now!”, dan tunggu hingga video selesai dikonversi.
  • Terakhir, tinggal tentukan tempat penyimpanan file video yang sudah dikonversi.

Sekian penjelasan mengenai cara mengubah resolusi video di Android dengan berbagai metode yang mudah dan cepat. Dengan mengikuti langkah yang tepat, video dapat dikecilkan atau diperbesar sesuai keinginan. Pastikan kualitas video tetap terjaga dan masih bisa ditonton setelah resolusinya diubah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *