Pelaku bisnis membutuhkan Facebook untuk mempromosikan produknya, salah satunya dengan cara mengubah akun Facebook menjadi akun bisnis dengan memanfaatkan fitur-fiturnya. Beberapa fitur andalan dari Facebook Bisnis adalah adanya insight analisis tiap postingan juga pembagian peran.
Peran yang dimaksud adalah admin untuk pengolahan keseluruhan, editor hanya untuk akses posting konten dan pengiklan untuk akses menambahkan iklan. Selain itu, Facebook Bisnis dapat menjadi katalog yang menampilkan produk dengan lebih terorganisir dan rapi.
Cara Membuat Akun Facebook Bisnis
Penggunaan Facebook Bisnis dianggap semakin perlu dengan efek pandemi yang membuat apa pun sekarang serba digital. Selain itu dengan membuat Facebook Bisnis, informasinya tidak tercampur dengan postingan pribadi, berikut cara untuk menambahkan akun Bisnis :
- Pada laptop atau ponsel, login ke akun Facebook Pribadi yang telah dimiliki.
- Kemudian menuju ke menu buat Page/ Halaman.
- Lalu, isikan identitas sebagai informasi seperti nama, kategori dan keterangan.
- Pastikan untuk membaca aturan yang terlampir sebelum berpindah ke Facebook Page.
- Simpan juga semua data penting pada akun Pribadi, missal chat penting, foto dan lain-lain.
- Lalu, klik tombol Buat Halaman untuk melanjutkan tahapan.
- Kemudian, isi foto profil dan foto sampul yang menggambarkan produk bisnis yang diperjualbelikan.
- Terakhir, tekan menu Simpan untuk penyimpanan perubahan.
Optimalisasi Page/Halaman Facebook
Setelah akun Facebook selesai dibuat harus dilanjutkan dengan beberapa optimalisasi agar menambah keyakinan konsumen terhadap produk jualan. Karena identitas penjual sangat penting dalam kebutuhannya di dunia digital, maka untuk membangun kepercayaan lakukan beberapa langkah berikut:
1. Melengkapi Informasi pada Page/Halaman Facebook
Langkah awal adalah melengkapi semua informasi awal pada profil yang menceritakan siapa dan produk apa yang akan dijual. Jangan lupa untuk melampirkan foto profil dan foto sampul yang sesuai dengan produk, identitas produk diisi dengan cara:
- Buka kembali Page/Halaman Facebook.
- Lalu, klik menu Profile.
- Kemudian, lengkapi isian deskripsi secara lengkap untuk memudahkan calon konsumen memahami core bisnis.
- Selanjutnya, inputkan Nama, Alamat serta Nomor Telepon. Pastikan isian ini semuanya valid dan nomor telepon adalah yang aktif untuk merespon.
2. Mengundang Teman
Sebagai sebuah “toko” baru tentunya masih sepi pelanggan, maka dibutuhkan pendukung untuk kesan keramaian yang ada pada Facebook Bisnis tersebut. Dengan mengundang teman-teman di Facebook Pribadi untuk menyukai Page/Halaman Facebook serta meminta untuk melakukan cara berikut:
- Buka halaman Facebook Pribadi.
- Lalu, search nama Page/Halaman yang direkomendasikan untuk diikuti
- Kemudian, minta teman-teman untuk mengaktifkan tombol Ikuti.
- Atau pemilik akun Facebook Bisnis dapat langsung mengundang dengan cara mencentang beberapa nama teman untuk direkomendasikan Like Page/Halaman Facebook.
3. Mengatur Peran di Facebook Bisnis
Menjadi kelebihan yang membuat banyak pebisnis melakukan promosi dengan cara mengubah akun Facebook menjadi akun bisnis adalah karena pembagian peran. Dapat dikelola oleh beberapa orang dan ditetapkan aksesnya sesuai dengan kompetensi dengan cara sebagai berikut:
- Tekan pada sidebar kanan di bawah foto profil.
- Lalu, buka Page/Halaman Facebook
- Kemudian, klik menu Lainnya.
- Setelah itu, lakukan pengeditan Pengaturan.
- Selanjutnya pilih menu Peran Page/Halaman.
- Lalu, tambahkan satu atau beberapa orang dengan menuliskan nama profil Facebooknya dan klik profilnya ketika sarannya profil muncul.
- Kemudian, pilihkan akses peran yang ingin diberikan kepadanya.
- Terakhir, tekan tombol Tambahkan.
Demikian cara mengubah akun Facebook menjadi akun bisnis yang diharapkan dapat mendukung proses promosi untuk penjualan produk. Karena mau tidak mau, dunia digital kian merasuk ke segala lini kehidupan, termasuk di dalamnya adalah metode penjualan.