Tips & Trik

3 Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi di HP Oppo

×

3 Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi di HP Oppo

Sebarkan artikel ini
cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi di hp oppo

Mengosongkan ruang penyimpanan pada ponsel Oppo tanpa menghapus aplikasi bisa menjadi hal yang cukup sulit dilakukan bagi pemula. Namun, dengan beberapa langkah cerdas, pengguna bisa melakukannya dengan mudah. Cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi di hp oppo ini biasanya banyak yang mencari referensinya. Oleh karena itu berikut akan dibahas secara lengkap.

Bagi pengguna oppo, mungkin sering mendapati bahwa penyimpanan hampir penuh. Sehingga diharuskan untuk mengosongkan beberapa supaya terdapat ruangan yang kosong. Berikut ini caranya:

1. Hapus Cache

Gunakanlah opsi ‘Bersihkan Penyimpanan’ untuk dengan cepat menghilangkan segala sampah yang tersembunyi di dalamnya, seperti file temp, cookie, dan cache yang terbentuk saat pengguna membuka atau mengunduh sesuatu dari berbagai situs web atau aplikasi. Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk membersihkan penyimpanan OPPO:

  • Untuk ColorOS 7.0 dan versi yang lebih baru: Akses Manajer Telepon > Bersihkan Penyimpanan > Bersihkan.
  • Untuk ColorOS 6.0 & 6.1: Buka Manajer Telepon > Bersihkan Penyimpanan > Hapus semua.
  • Bagi pengguna ColorOS 5.0 hingga ColorOS 5.2: Navigasi ke Manajer Telepon >Bersihkan Penyimpanan > Hapus Semua.
  • Pada ColorOS 3.2: Masuklah ke Manajer Telepon > Bersihkan & Percepat > Bersihkan.
  • Untuk ColorOS 3.0 & 3.1: Buka File > Clean> Clean.
  • Pada ColorOS 2.1 dan versi sebelumnya: Akses File > Category > Cleanup. Tunggu proses pemindaian selesai dan sentuh ‘Mulai pembersihan’ setelahnya.

2. Bersihkan Data Aplikasi

Proses berikutnya mengharuskan kita untuk mengatasi akumulasi data dan sampah yang terdapat dalam aplikasi yang berjalan di perangkat HP merek OPPO. Terdapat beragam jenis file yang menyumbat ruang penyimpanan, dan kebanyakan di antaranya adalah sisa-sisa dari data aplikasi yang telah kita nonaktifkan atau bahkan tidak lagi kita gunakan.

Langkah-langkah berikut dapat membantu kita membersihkan ruang penyimpanan tersebut dengan efisien:

  • Pertama-tama, akseslah menu pengaturan di perangkat OPPO Anda. Setelah masuk ke dalam menu pengaturan, carilah opsi yang berkaitan dengan manajemen aplikasi. Di beberapa versi ColorOS, ini bisa ditemukan dengan membuka bagian Pengaturan dan kemudian memilih Manajemen Aplikasi.
  • Setelah Anda memilih aplikasi yang tepat, biasanya ada opsi yang menunjukkan berapa banyak ruang penyimpanan yang digunakan oleh aplikasi tersebut. Di sinilah kita dapat menemukan opsi untuk menghapus cache aplikasi. Cache adalah data sementara yang disimpan oleh aplikasi untuk mempercepat proses loading dan penggunaan aplikasi.
  • Dalam melakukan penghapusan cache, pastikan untuk memahami bahwa tindakan ini bersifat permanen dan tidak dapat dikembalikan. Jadi, sebelum melanjutkan, pastikan Anda benar-benar ingin menghapus cache dari aplikasi yang dipilih. Setelah yakin, cukup ketuk opsi Hapus Cache yang biasanya terletak di bawah informasi penggunaan penyimpanan aplikasi tersebut.
  • Setelah selesai membersihkan cache dari aplikasi yang dipilih, maka dapat mengulangi proses yang sama untuk aplikasi lain yang dicurigai memiliki akumulasi cache yang tidak perlu.

3. Bersihkan File yang Tidak Perlu

Cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi di hp oppo yang terakhir adalah dengan membersihkan file yang tidak perlu. Pengguna dapat menghapus file yang tidak perlu di telepon, termasuk foto, audio, video, dan dokumen. Misalnya, dapat membersihkan beberapa ruang untuk folder video.

Caranya, cukup kelola dan pilih file yang ingin dihapus. Tindakan tidak dapat dibatalkan dan file yang dihapus tidak dapat dipulihkan. Berikut tutorialnya:

  • Untuk ColorOS 11 dan yang lebih baru, Buka Manajer Telepon, lalu masuk ke Bersihkan.
  • Pilih folder yang ingin kamu bersihkan lebih dalam, kemudian pilih file mana yang ingin kamu hapus dan ketuk Hapus.
  • Lalu Hapus lagi, nantinya kamu akan diminta untuk menggunakan sidik jari atau opsi privasi sebelum menyelesaikan proses pembersihan.

Itulah penjelasan mengenai cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi di hp oppo. Pada pembahasan di atas tadi terdapat tiga cara mudah yang dapat dilakukan. Selain itu juga pahami langkah langkahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *