Pengguna token listrik pasti pernah mengalami kegagalan saat mencoba mengisi token, sehingga mencari cara mengisi token listrik yang gagal terus. Pastinya kesal sekaligus khawatir apabila terjadi kegagalan dalam pengisian token. Tidak hanya itu, pasti menghambat aktivitas yang menggunakan listrik.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi gagalnya pengisian token, salah satunya yaitu salah pengisian kode token. Perlu diperhatikan salah mengisi token sebanyak 3 kali, maka meteran listrik akan terblokir otomatis sehingga perlu penanganan khusus oleh pihak PLN. Simak cara berikut ini:
Cara Mengisi Token yang Gagal Pertama Kali
Dalam kesalahan mengisi kode token, pengguna memiliki 3 kali kesempatan sebelum akhirnya meteran terblokir otomatis. Bila baru pertama kali pengisian token gagal, terdapat beberapa cara mengisi token listrik yang gagal terus. Namun, sebelum itu perlu pikiran yang tenang sebelum mengatasinya.
Karena seseorang yang panik akan sulit untuk mengontrol perilakunya, pikirannya pasti akan kacau bahkan memperburuk keadaan. Maka dari itu, menenangkan diri perlu dilakukan untuk meminimalisir keburukan yang terjadi. Baru kemudian dapat melakukan cara berikut ini untuk mengatasi kegagalan tersebut:
- Pencet angka 00 + enter yang bertujuan untuk mengatur ulang atau mereset meteran listrik.
- Kemudian tunggu beberapa menit hingga meteran listrik selesai di reset.
- Apabila meteran selesai mereset, masukkan kembali kode token PLN ke meteran listrik tersebut.
- Periksa kembali digit nomor dari kode token sebelum mengenter meteran listrik.
- Apabila masih gagal sampai dua kali lagi, hubungi call center PLN atau segera datangi kantor PLN.
Cara Mengatasi Kegagalan Isi Token Tiga Kali
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa selama 3 kali gagal dalam mengisi token listrik, secara otomatis listrik akan terblokir. Untuk itu, simak beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya:
1. Menghubungi Call Center PLN
Cara pertama yang dapat dilakukan bila meteran terblokir yakni menghubungi call center PLN. Call center PLN dapat dihubungi di nomor layanan 123, bila menggunakan ponsel perlu menambahkan kode area sebelum menghubungi layanan call center PLN. Adapun langkahnya sebagai berikut:
- Pastikan ponsel memiliki pulsa yang cukup untuk melakukan panggilan, kemudian menuju menu telepon.
- Masukkan “kode area + 123” di menu telepon.
- Kemudian, pilih menu panggil dan tunggu hingga terhubung dengan call center PLN. Lalu sampaikan segala keluhan yang dialami yakni meteran terblokir karena gagal mengisi sebanyak 3 kali.
- Setelah mengeluhkan hambatan tersebut, ikuti instruksi selanjutnya dari petugas PLN untuk dapat mengatasi masalah.
2. Menghubungi Media Sosial Milik PLN
Pengguna PLN dapat mengungkapkan permasalahan listrik melalui media sosial resmi PLN. Media sosial tersebut dapat dimanfaatkan apabila dengan menghubungi call center PLN dirasa rumit.
PLN memiliki akun media sosial resminya, yakni Facebook, Instagram, situs website, Twitter, bahkan aplikasi PLN Mobile. Adapun media sosial resmi PLN sebagai berikut :
- Facebook : PLN 123.
- Twitter : @pln_123.
- Instagram : @pln_id atau dapat juga melalui @pln123_official.
3. Mengunjungi Kantor PLN
Bila kedua cara di atas dirasa masih rumit, pengguna PLN dapat mengunjungi kantor PLN terdekat. Dengan mendatangi kantor PLN, pengguna hanya menemui petugas dan memberitahukan permasalahan yang sedang dialami. Kemudian petugas akan menangani permasalahan tersebut.
Itulah pembahasan mengenai cara mengisi token listrik yang gagal terus, pengguna PLN dapat menjadikannya sebagai referensi untuk mengatasi permasalahan listrik. Dalam mengatasi permasalahan listrik, tentunya diperlukan kesabaran dan tetap tenang.