Tips & Trik

Inilah 5 Cara Mengisi e Toll yang Praktis dan Murah

30
×

Inilah 5 Cara Mengisi e Toll yang Praktis dan Murah

Sebarkan artikel ini

Begini Cara Mengisi E Toll yang Mudah dan Cepat

Sejak diberlakukannya aturan baru di jalan tol, kini para pengguna jalan tol tidak bisa lagi menggunakan uang cash untuk pembayaran. Maka digunakanlah metode baru menggunakan e toll yang harus diisi saldonya. Cara mengisi e toll juga cukup mudah. Berikut cara pengisiannya: 

1. Top Up E Toll Lewat E-commerce

Untuk cara mengisi e toll yang pertama yaitu melalui aplikasi e-commerce. Aplikasi e-commerce  kini sudah memberikan layanan untuk mengisi saldo e toll. 

Contohnya adalah tokopedia yang menyediakan menunya di halaman bagian top up. Menu tersebut juga mudah diakses karena muncul di halaman utama aplikasi tokopedia. Berikut langkah untuk top up: 

  • Buka aplikasi tokopedia yang ada di smartphone.
  • Pilih menu bertuliskan top up dan tagihan yang bergambarkan seperti struk belanja.
  • Pilih menu e-money dan isi nomor e toll sesuai yang ada pada kartu e toll.
  • Masukkan jumlah nominal top up yang akan diisi.
  • Klik bayar untuk masuk ke proses pembayaran.
  • Pilih metode pembayaran dan bayar sesuai instruksinya.

2. Manfaatkan NFC untuk Top Up

Kecanggihan teknologi membawa pengaruh yang positif pada kehidupan yang salah satu tujuannya adalah mempermudah hidup. Kini smartphone sudah dilengkapi sebuah fitur bernama NFC yang bisa memberikan kemudahan untuk melakukan pembayaran.

Tidak perlu melakukan scan atau memasukkan nomor apapun cukup dengan menempelkan kartu pada bagian belakang smartphone. Otomatis NFC akan membaca kartu e toll yang ditempelkan. Dengan adanya fitur Near Field Communication tersebut top up e toll bisa dilakukan dengan mudah.

NFC ini bisa terintegrasi dengan beberapa aplikasi perbankan sesuai dengan jenis kartu e toll. Misalnya kartu tersebut dari Mandiri, maka yang terhubung adalah aplikasi livin by mandiri yang otomatis akan terbuka dan membaca kartu tersebut.

3. Isi E Toll Lewat ATM

Metode selanjutnya yang digunakan sebagai pembayaran atau pengisian e toll adalah dengan melalui mesin ATM. Banyak bank penerbit e toll yang sudah memberikan layanan semacam ini di ATM milik bank tersebut. Untuk memastikannya lihatlah stiker e money yang ada pada ATM.

Jika terdapat stiker atau logo e money di ATM maka bisa dipastikan jika ATM tersebut bisa melakukan pengisian saldo e money atau e toll. Untuk cara lengkapnya adalah sebagai berikut:

  • Masukkan kartu debit pada ATM.
  • Pastikan saldo cukup atau memadai untuk mengisi nominal yang diinginkan.
  • Pilih menu transaksi lainnya.
  • Pilih uang elektronik kemudian pilih top up e money.
  • Masukkan nominal pengisian saldo yang diinginkan.
  • Tempelkan kartu e toll yang dibawa pada stiker e money di mesin ATM tersebut.
  • Tunggu prosesnya sampai notifikasi muncul.

4. Beli di Minimarket

Cara yang selanjutnya ini tergolong mudah karena tinggal pergi ke minimarket terdekat. Biasanya minimarket ternama seperti Indomaret dan Alfamart sudah menyediakan layanan pengisian saldo e money atau e toll.

Tanyakan pada kasir untuk mengisi saldo e toll. Nantinya kasir akan mengarahkan proses selanjutnya untuk mengisi saldo e toll. Selain melakukan pengisian, konsumen juga bisa membeli kartu e toll di minimarket bagi yang belum punya.

5. Isi Lewat Layanan di Gerbang Tol

Terakhir ini merupakan cara yang bisa dilakukan dalam keadaan darurat jika tiba-tiba lupa mengisi saldo e toll. Untungnya layanan pengisian saldo di gerbang tol masih tersedia di beberapa ruas tol. 

Pemilik e toll tinggal memberikan kartu e toll pada petugas yang berjaga dan membayar sesuai nominal yang dipilih. Maka tak heran, jika banyak pengguna yang melakukan top up di gerbang tol ini. 

Demikian cara mengisi e toll yang praktis dan mudah dilakukan. Banyaknya metode pembayaran e toll yang disediakan membuat tidak ada lagi alasan jika menggunakan e toll adalah hal yang rumit, justru ini adalah cara yang praktis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *