Tips & Trik

5 Cara Menghapus Virus di Handphone Untuk Mengembalikan Kinerja HP

×

5 Cara Menghapus Virus di Handphone Untuk Mengembalikan Kinerja HP

Sebarkan artikel ini
cara menghapus virus di handphone

Seperti yang telah diketahui bahwa, virus merupakan salah satu hal yang cukup mengganggu untuk sebuah handphone. Sebenarnya cara menghapus virus di handphone ini bisa dilakukan dengan beberapa metode.

Dengan adanya berbagai cara ini, tentu handphone dapat terbebas dari banyaknya virus yang menyerang. Hal ini karena, virus bisa saja membuat kinerja hp akan lebih lemot.

Oleh karenanya, dalam penjelasan ini akan diberikan uraian terkait dengan bagaimana upaya yang bisa dilakukan untuk menghapus sebuah virus  yang ada di smartphone. Untuk itu, berikut beberapa caranya:

1. Uninstal Aplikasi yang Mencurigakan

Pengguna bisa melakukan eliminasi aplikasi yang mencurigakan dari perangkat ponsel Pengguna untuk membersihkan virus yang mungkin terdapat di dalamnya. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti:

  • Navigasikan ke menu ‘Pengaturan’ dan sentuh opsi ‘Apps & Notifications’.
  • Pilih ‘See all apps’ untuk melihat daftar lengkap aplikasi yang telah diinstal pada perangkat Pengguna.
  • Telusuri daftar aplikasi dan identifikasi aplikasi yang Pengguna curigai membawa virus.
  • Setelah menemukannya, hapus aplikasi tersebut dan lakukan restart pada perangkat Pengguna.
  • Proses eliminasi selesai.

2. Bersihkan Cache dan Download pada Browser

Cara menghapus virus di handphone berikut dapat membantu mengurangi risiko penyebaran virus di ponsel pengguna dengan membersihkan cache dan download pada peramban. Adapun langkah yang harus dilakukan yakni:

  • Mulailah dengan membuka menu ‘Pengaturan’ di ponsel Pengguna.
  • Selanjutnya, cari dan ketuk opsi ‘App & Notifications’.
  • Pilih peramban yang terpasang di ponsel Pengguna, seperti ‘Chrome’ atau opsi lain yang relevan.
  • Setelah memilih peramban, temukan menu ‘Storage & Cache’.
  • Di dalamnya, pilih opsi untuk menghapus cache dan download yang ada di ponsel Pengguna.
  • Selesaikan proses dengan mengikuti petunjuk yang diberikan.

3. Aktifkan Google Play Protect

Google Play Protect merupakan sebuah perangkat dalam Google Play Store yang berperan dalam mengawasi perilaku aplikasi yang mencurigakan. Dimana aplikasi tersebutlah yang berpotensi mengancam keamanan perangkat Android dengan menyebarkan malware.

Implementasi fitur ini bertujuan untuk menjaga keamanan perangkat Android pengguna. Langkah-langkah untuk mengaktifkan Google Play Protect sangatlah mudah:

  • Buka aplikasi Google Play Store.
  • Klik pada foto profil akun Pengguna yang terletak di sudut kanan atas layar.
  • Temukan dan aktifkan opsi Google Play Protect dari menu yang muncul.

Dengan menekan tombol Scan, Google Play Protect akan melakukan pemindaian terhadap semua aplikasi yang terpasang di perangkat Pengguna. Jika ada aplikasi yang dicurigai membawa malware, Pengguna akan diberikan laporan terkait temuan tersebut.

4. Gunakan Aplikasi Antivirus

Menerapkan perangkat lunak antivirus merupakan langkah efektif dalam mengamankan perangkat seluler dari serangan malware. Dengan mengakses Google Play Store, tersedia beragam pilihan aplikasi keamanan yang dapat diinstal untuk melindungi ponsel Pengguna.

5. Hindari Mengunduh dari Sumber yang Mencurigakan

Untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan, disarankan untuk menghindari mengunduh aplikasi atau file APK dari sumber yang tidak dikenal atau tidak dapat dipercaya. Sebaiknya Pengguna memastikan bahwa unduhan aplikasi dilakukan melalui Google Play Store.

Selain itu, bisa juga melakukan pengunduhan dari situs web resmi dari pengembang yang telah terbukti terpercaya. Mengunduh dari sumber yang tidak diverifikasi dapat meningkatkan peluang mengunduh aplikasi yang telah dimodifikasi atau mengandung potensi virus yang berbahaya.

Itulah beberapa cara menghapus virus di handphone yang bisa dilakukan. Dengan menerapkan beberapa cara tersebut, tentu handphone akan jauh lebih aman dari virus yang bisa membuat kinerja HP menjadi menurun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *