Tips & Trik

Cara Menghapus Sampah Tersembunyi di Xiaomi dengan dan Tanpa Aplikasi Tambahan

×

Cara Menghapus Sampah Tersembunyi di Xiaomi dengan dan Tanpa Aplikasi Tambahan

Sebarkan artikel ini
cara menghapus sampah tersembunyi di xiaomi

Berbagai metode dapat diterapkan untuk melakukan penghapusan sampah pada perangkat HP Xiaomi, yang dapat diuji coba oleh pengguna. Berbagai cara menghapus sampah tersembunyi di xiaomi ini dilakukan dengan tujuan mengembalikan kinerja penyimpanan memori internal ke kondisi normal.

Tentunya hal ini juga bisa mengoptimalkan ruang penyimpanan yang tersedia. Melakukan pembersihan rutin terhadap sampah pada HP Xiaomi  memungkinkan pengguna untuk tetap menyimpan data-data yang penting dalam perangkat tersebut.

Sebaliknya, jika kegiatan ini diabaikan, maka kinerja HP dapat terganggu dengan penurunan kecepatan serta penggunaan yang tidak optimal. Untuk itu, dalam penjelasan ini akan diberikan beberapa cara menghapus sampah tersembunyi di Xiaomi:

1. Melalui Menu Pengaturan

Untuk membersihkan sampah di HP Xiaomi, ada cara yang pertama dapat dilakukan melalui menu pengaturan. Adapun tahapan yang perlu dilakukan ini cukup mudah dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Navigasikan ke menu pengaturan pada perangkat.
  • Pilih opsi Penyimpanan di dalam menu setelan.
  • Lanjutkan dengan menemukan dan memilih opsi Pembersih.
  • Biarkan perangkat melakukan pemindaian secara otomatis setelah pengguna memilihnya.
  • Setelah pemindaian selesai, pilih opsi Clean Up untuk melanjutkan proses penghapusan sampah.
  • HP Xiaomi pengguna akan secara otomatis menghilangkan berbagai jenis berkas sampah yang terdeteksi selama proses tersebut.

2. Memanfaatkan Aplikasi File Manager

Salah satu cara untuk melakukan pembersihan sampah pada HP Redmi adalah dengan menggunakan aplikasi File Manager yang telah terinstal secara default pada perangkat tersebut. Aplikasi ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan berkas baik dari memori internal maupun eksternal.

File Manager pada HP Xiaomi Redmi Note 9 dilengkapi dengan fitur Recently Delete yang mirip dengan recycle bin. Fitur ini berguna untuk menyimpan data yang telah dihapus sebelumnya.

Untuk membersihkan sampah pada HP Redmi yang tersembunyi, langkah-langkah berikut dapat diikuti:

  • Buka aplikasi file manager pada HP Redmi dan pilih opsi ‘Recently Deleted’.
  • Di dalamnya, akan terdapat banyak aplikasi yang baru saja dihapus. Pilih semua file dan hapus.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses penghapusan selesai.

3. Menggunakan Aplikasi Dumpster

Metode lain yang dapat dipertimbangkan adalah memanfaatkan perangkat lunak tambahan yang tersedia untuk diunduh melalui Google Play Store. Contohnya, salah satu opsi adalah aplikasi bernama Dumpster.

Dimana, aplikasi inilah yang dapat digunakan khususnya untuk membersihkan sampah pada perangkat HP Xiaomi. Berikut adalah langkah-langkah penggunaannya:

  • Dapatkan aplikasi Dumpster melalui Google Play Store dan lakukan instalasi.
  • Setelah proses instalasi selesai, buka aplikasi tersebut dan ikuti petunjuk yang disediakan untuk membersihkan sampah pada ponsel.
  • Aplikasi ini akan secara otomatis melakukan proses pembersihan dan penghapusan cache serta sampah lainnya yang terdapat pada perangkat HP Redmi.

4. Hapus File Duplikat

Berikut adalah metode alternatif yang dapat digunakan untuk membersihkan penyimpanan pada perangkat Xiaomi. Tentunya hal ini bisa dilakukan dengan mudah dan juga praktis. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan:

  • Install aplikasi FX File Explorer yang tersedia di Play Store.
  • Jalankan aplikasi tersebut dan akses opsi Alat Pembersih.
  • Pilih fitur Hapus Duplikat dari menu yang tersedia.
  • Setelah pemindaian selesai, gunakan ikon hapus untuk mengeliminasi file duplikat yang terdeteksi oleh aplikasi.

Itulah beberapa penjelasan terkait dengan cara menghapus sampah tersembunyi di Xiaomi yang bisa dilakukan. Tentunya dengan menghapus sampah tersembunyi yang juga bisa menambah kapasitas penyimpanan di smartphone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *