Tips & Trik

Cara Menghapus Pencarian di Google Play Store, Tidak Perlu Menghabiskan Waktu

×

Cara Menghapus Pencarian di Google Play Store, Tidak Perlu Menghabiskan Waktu

Sebarkan artikel ini
cara menghapus pencarian di google play store

Play Store merupakan sebuah pasar digital yang difungsikan bagi pengguna Android untuk mengunduh aplikasi. Saat beroperasi di Play Store, satu hal yang tak terhindarkan adalah jejak pencarian yang tercatat. Berikut ini, akan mengulas cara menghapus pencarian di Google Play Store.

Bagi yang menggunakan perangkat Android, aplikasi Play Store tentunya sudah menjadi hal yang lumrah. Play Store menjadi wadah utama untuk menemukan dan mengunduh berbagai aplikasi serta e-book. Namun demikian, dalam proses pencarian aplikasi yang diinginkan, jejak pencarian akan selalu terbentuk. Adapun caranya sebagai berikut:

1. Membuka Google Play Store

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk menghapus riwayat pencarian di Google Play Store adalah dengan membuka aplikasi tersebut. Saat memasuki Google Play Store, pengguna akan disuguhkan dengan beragam opsi aplikasi dan game yang tersedia. Untuk mengakses riwayat pencarian, cukup ketuk ikon kaca pembesar yang terletak di bagian atas layar. Setelah itu, riwayat pencarian terkini akan ditampilkan dengan jelas.

Dengan membuka aplikasi tersebut, pengguna dapat mengakses berbagai fitur dan konten yang tersedia di platform ini. Salah satu fitur yang ingin diakses adalah riwayat pencarian, yang dapat ditemukan dengan mengetuk ikon kaca pembesar di layar.

2. Membuka Bagian Profil

Langkah selanjutnya adalah mengakses bagian profil, yang biasanya terletak di sudut kanan atas halaman utama Google Play Store. Identifikasi bagian profil ini dapat dilakukan dengan mudah dengan melihat gambar profil yang ditampilkan. Setelah memilih bagian profil, pengguna akan diarahkan ke berbagai menu opsi, termasuk pengelolaan aplikasi & perangkat, pemberitahuan, pembayaran, serta opsi lainnya.

Setelah membuka Google Play Store, langkah selanjutnya adalah mengakses bagian profil pengguna. Bagian ini menyediakan akses ke berbagai pengaturan dan opsi yang terkait dengan akun pengguna. Pengguna dapat dengan mudah mengaksesnya dengan melihat gambar profil yang biasanya terletak di sudut kanan atas halaman utama. Setelah mengklik bagian profil, pengguna akan diarahkan ke berbagai menu opsi yang tersedia.

3. Membuka Menu Setelan

Cara menghapus pencarian di google play store selanjutnya adalah dengan membuka menu setelan. Setelah berhasil masuk ke bagian profil, pengguna akan diperlihatkan dengan berbagai opsi menu yang tersedia. Untuk menghapus riwayat pencarian di Google Play Store, cukup pilih menu pengaturan.

Di dalam menu pengaturan, terdapat berbagai opsi yang dapat diakses, seperti pengaturan umum, preferensi jaringan, autentikasi, keluarga, dan lain sebagainya. Menu ini memungkinkan pengguna untuk mengelola berbagai pengaturan terkait dengan pengalaman menggunakan Google Play Store.

4. Membuka Menu Umum

Setelah kita memahami apa saja yang tersedia dalam menu setelan, langkah berikutnya adalah menjelajahi menu umum yang tertera hanya dengan kata Umum. Di bawah kata Umum tersebut, terdapat opsi lain seperti preferensi akun dan notifikasi.

Ketika menekannya, akan muncul opsi tambahan seperti preferensi akun dan perangkat, notifikasi, tema, Google Play instan, dan masukan Google Play Store. Di bagian ini, pengguna dapat mengontrol aplikasi sesuai keinginan mereka.

5. Menghapus History atau Riwayat Pencarian

Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah menavigasi menu preferensi akun dan perangkat. Menu ini menawarkan sejumlah pengaturan untuk akun yang sedang digunakan, mulai dari pengaturan email, negara, hingga historis. Untuk menghapus riwayat pencarian, pengguna dapat melihat opsi yang tersedia di bagian pengaturan historis. Di sana, terdapat menu untuk menghapus riwayat penelusuran perangkat.

Namun, perlu diingat bahwa tindakan ini akan menghapus seluruh riwayat pencarian yang tersimpan. Setelah menemukan menu untuk menghapus riwayat penelusuran perangkat, pengguna akan diminta untuk memilih apakah ingin melanjutkan penghapusan atau membatalkannya. Jika pengguna memilih untuk menghapus riwayat, mereka dapat menekan opsi Hapus Riwayat, namun jika tidak, mereka dapat memilih untuk membatalkan tindakan tersebut.

Itulah penjelasan mengenai cara menghapus pencarian di google play store. Terdapat lima cara mudah yang dapat dilakukan. Perlu diketahui juga bahwa cara ini dapat dilakukan secara berkala untuk menghapus riwayat pencarian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *