Tips & Trik

7 Cara Menghapus File Sampah di RAM, Solusi HP Lemot

×

7 Cara Menghapus File Sampah di RAM, Solusi HP Lemot

Sebarkan artikel ini
cara menghapus file sampah di ram

Dalam era digital yang semakin berkembang, penggunaan komputer dan perangkat elektronik lainnya meningkat pesat. Namun, dengan meningkatnya penggunaan ini, juga muncul masalah baru, salah satunya adalah akumulasi file sampah di RAM. Banyak yang mencari tahu mengenai cara menghapus file sampah di RAM ini.

Seperti yang diketahui bahwa File sampah di RAM dapat menghambat kinerja sistem dan memperlambat kinerja perangkat baik hp maupun komputer.Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menghapus file sampah di RAM. Bagi yang penasaran langsung saja simak uraian lengkapnya dibawah ini:

1. Menghapus Lewat File Manager

Metode efektif dalam menghilangkan file-file yang tidak dibutuhkan adalah dengan memanfaatkan pengelola berkas. Berbagai jenis file seperti gambar, video, PDF, dokumen, dan lainnya dapat langsung dihapus melalui pengelola berkas ini.

Langkahnya sederhana, cukup buka pengelola berkas, kemudian temukan file yang ingin dihapus. Selanjutnya, klik pada file tersebut hingga muncul opsi seperti potong, salin, hapus, kirim, dan sebagainya. Pilih opsi hapus, dan file yang dipilih akan otomatis terhapus. Proses ini juga dapat dilakukan secara massal dengan mengklik beberapa file sekaligus.

2. Menggunakan Aplikasi Tambahan

Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan untuk membersihkan file sampah yang ada di RAM. Cari aplikasi penghapus sampah di RAM melalui Play Store, kemudian pilih aplikasi yang diinginkan dari hasil pencarian. Pastikan kapasitas aplikasi sesuai dengan ruang penyimpanan yang tersedia di ponsel.

Keunggulan menggunakan aplikasi tambahan adalah kemampuannya untuk membersihkan sampah secara menyeluruh, termasuk yang tidak terlihat. Pengguna hanya perlu mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut pada ponsel, namun perlu diingat untuk memilih aplikasi dengan hati-hati agar tidak merugikan perangkat karena beberapa aplikasi mungkin tidak kompatibel dengan merek ponsel tertentu.

3. Menghapus Lewat Pengaturan

Metode lainnya adalah dengan menghapus file sampah melalui menu Pengaturan di perangkat. Cari menu Pengaturan, kemudian buka Manajemen Aplikasi untuk melihat daftar aplikasi yang terpasang. Buka satu persatu aplikasi tersebut, lalu pilih opsi untuk menghapus cache pada bagian penggunaan memori.

4. Hindari Pemakaian Live Wallpaper

Meskipun live wallpaper dapat meningkatkan estetika tampilan HP, namun penggunaannya dapat memberikan dampak negatif pada penggunaan RAM.

Penggunaan live wallpaper cenderung memakan banyak memori pada RAM, yang kemudian meningkatkan produksi cache.

Penghapusan cache perlu dilakukan secara rutin bagi pengguna live wallpaper karena produksinya yang terus-menerus meningkat setiap harinya.

Hal ini dapat menyebabkan penurunan performa HP yang menyebabkan kinerjanya menjadi lambat saat digunakan untuk menjelajahi web atau membuka aplikasi lainnya.

5. Siasati Foto

Salah satu cara terakhir untuk membersihkan file sampah di RAM adalah dengan mengelola foto dengan bijaksana. Langkah-langkah yang dapat diambil termasuk mengkompres ukuran foto menggunakan berbagai aplikasi tersedia di Google Store, menyimpannya di Google Photos, dan memindahkannya ke penyimpanan eksternal.

Untuk mengaktifkan Google Photos, cukup buka aplikasi, masuk ke pengaturan, aktifkan fitur cadangan dan sinkronisasi.

6. Perbarui Sistem Operasi/Software

Langkah lain untuk membersihkan file sampah di RAM adalah dengan secara teratur memperbarui sistem operasi atau perangkat lunak. Pembaruan ini disarankan dilakukan secara berkala untuk menjaga kinerja HP agar tetap optimal.

7. Hapus Aplikasi Tak Penting

Metode lain untuk membersihkan file sampah di RAM adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak diperlukan. Langkah-langkahnya termasuk masuk ke pengaturan, klik pada aplikasi, dan pilih aplikasi yang ingin dihapus.

Demikianlah pembahasan mengenai cara menghapus file sampah di RAM dengan mudah. Terdapat tujuh cara mudah yang bisa dilakukan. Pilihlah salah satu cara diatas untuk mengosongkan file sampah pada RAM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *