Tips & Trik

Kenali Cara Menghapus Akun ShopeePay dan Persyaratan Yang Diberlakukan

×

Kenali Cara Menghapus Akun ShopeePay dan Persyaratan Yang Diberlakukan

Sebarkan artikel ini

Kenali Cara Menghapus Akun ShopeePay dan Persyaratan Yang Diberlakukan Yang Harus DIketahui

cara menghapus akun shopeepay

Seperti aplikasi pembayaran digital lainnya, ShopeePay memiliki opsi untuk menghapus akunnya secara permanen. Pengguna akun ShopeePay dapat menghapus akun miliknya secara permanen melalui aplikasi. Untuk melakukan hal tersebut, perlu diketahui bagaimana cara menghapus akun ShopeePay yang benar.

Ada beberapa alasan yang mendorong seseorang untuk menghapus akun ShopeePay. Dimulai dari ketidakpuasan terhadap layanan tersebut, atau hanya ingin berpindah ke metode pembayaran yang lebih baik. Apapun alasannya, ada hal yang perlu diikuti terlebih dahulu sebelum menghapus akun ShopeePay.

Syarat Untuk Dapat Menghapus Akun ShopeePay

Sebelum mempelajari cara menghapus akun ShopeePay, ada berbagai persyaratan yang harus terpenuhi agar akun diizinkan untuk terhapus. Hal ini agar memastikan pemiliknya tidak lagi memiliki kewajiban atau masalah lainnya pada Shopee. Langsung saja, berikut macam-macam persyaratannya:

  • Akun sedang tidak dibekukan. Hal ini terjadi karena akun terdeteksi melanggar peraturan pada Shopee. Pemilik akun perlu melakukan permintaan aktivasi akun kembali sebelum menghapus akun ShopeePay.
  • Akun tidak memiliki hutang Shopee PayLater. Shopee PayLater adalah fitur dimana pemilik akun dapat meminjam dana untuk belanja online. Karenanya, pastikan jika semua tagihan PayLater sudah diselesaikan.
  • Saldo pada akun benar-benar kosong. Khusus untuk akun penjual atau seller, akun harus tidak memiliki saldo sama sekali. Saldo yang tersisa dapat di transfer ke rekening digital lainnya.
  • Akun tidak memiliki transaksi atau order yang berlangsung. Hal ini agar pemilik akun bertanggung jawab atas setiap transaksi dan order yang dilakukan sebelum memutuskan untuk menghapus akun.

Cara Menghapus Akun ShopeePay Dengan Mudah 

Apabila akun ShopeePay telah memenuhi syarat yang dijelaskan di atas, maka pengajuan hapus akun tersebut dapat diterima. Untuk cara menghapusnya cukup mudah, dan sudah tersedia pada aplikasi Shopee. Berikut cara menghapus akun ShopeePay tahap demi tahap:

  • Mula-mula, buka aplikasi Shopee pada smartphone.
  • Pada halaman utama Shopee, pilih opsi Saya atau Personal pada kolom bagian bawah.
  • Selanjutnya, kunjungi Pengaturan Akun dengan menekan ikon berbentuk roda gigi pada kolom bagian atas.
  • Pada tahap berikutnya, scroll Pengaturan Akun hingga menemukan pilihan “Ajukan Penghapusan Akun”.
  • Pada halaman ini, Shopee akan memberikan seputar informasi terkait penghapusan akun ShopeePay. Pilih Lanjut untuk melanjutkan.
  • Beberapa saat kemudian, Shopee akan mengirimkan pesan SMS yang berisikan kode OTP. Ketikkan kode tersebut pada kolom yang diberikan, lalu pilih Lanjut.
  • Tentukan alasan mengapa memutuskan untuk menghapus akun ShopeePay. Akan ada dua pilihan utama, dan pilihan lain jika memiliki alasan tertentu.
  • Terakhir, masukkan email yang dihubungkan dengan Shopee. Centang Syarat dan Ketentuan Berlaku di bawahnya, lalu tekan Kirimkan.

Perlu diingat jika akun ShopeePay yang dihapus bersifat permanen. Artinya, pemilik akun tidak dapat membuat akun ShopeePay dengan nomor yang sama. Jika Shopee menolak permintaan untuk menghapus akun, maka pemilik harus memastikan kembali jika akun sudah memenuhi syarat yang lengkap.

Cara Lain Untuk Menghapus Akun ShopeePay

Apabila pemilik akun ShopeePay tidak ingin menghapus akun secara permanen, maka ada cara lain yang dapat dilakukan. Akun ShopeePay dapat dihapus atau dinonaktifkan secara sementara agar dapat diakses lagi kemudian hari. Sebelum menonaktifkan, disarankan untuk mengubah password akun untuk berjaga-jaga.

Untuk menghapus atau menonaktifkan akun ShopeePay secara sementara, maka customer service dapat menjadi solusinya. Tinggal hubungi customer service Shopee mengenai deaktivasi akun sementara, dan ikuti verifikasi data yang diperlukan agar akun dapat dinonaktifkan.

Apabila ingin mengaktifkan kembali akun yang dinonaktifkan, hubungi kembali customer service untuk mengajukan aktivasi akun. Akun dapat diaktifkan kembali setelah 3 hari kerja.

Demikian penjelasan mengenai cara menghapus akun ShopeePay, dan persyaratan yang harus dipenuhi agar akun dapat dihapus. Sebelum memutuskan untuk menghapus akun, ada baiknya untuk dipertimbangkan terlebih dahulu. Pemilik akun dapat menonaktifkan akun sementara jika masih bimbang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *