Whatsapp tidak hanya menjadi jejaring instant messenger untuk berkomunikasi saja. Tetapi saat ini sudah banyak yang memanfaatkannya untuk berbisnis. Cara menggunakan whatsapp bisnis juga tidak sulit karena fiturnya yang semakin berkembang.
Penggunaan whatsapp bisnis akan berdampak pada bisnis yang dijalankan jika dimanfaatkan dengan benar. Agar tidak terjadi kendala, pastikan bahwa aplikasi yang ada di perangkat telah menggunakan whatsapp versi terbaru. Berikut ini cara menggunakan whatsapp demi menunjang bisnis.
1. Buat Whatsapp Bisnis
Aplikasi whatsapp yang digunakan sehari-hari dengan whatsapp bisnis tentu berbeda. Langkah pertama adalah daftar atau buat whatsapp bisnis terlebih dahulu.
- Download aplikasi whatsapp bisnis melalui playstore pada perangkat pengguna.
- Sebaiknya siapkan nomor khusus untuk akun bisnis saat mendaftar whatsapp bisnis.
- Jika sudah terinstall, pilih menu pengaturan atau settingan, pilih business settings dan pilih profile.
- Isi semua yang ada pada halaman tersebut. Cara menggunakan whatsapp bisnis bisa dimulai dari pengaturan akun bisnis seperti nama, alamat kantor, kontak, media sosial hingga website yang tertaut.
- Aktifkan fitur balas pesan secara otomatis. Caranya tekan settings dan pilih business settings, pilih away messages, greeting messages dan pilih quick replies.
- Pengguna bisa menentukan pesan balasan yang akan secara otomatis sampai kepada konsumen. Jangan lupa untuk mengatur waktu untuk pengiriman pesan tersebut.
- Isi katalog produk dengan foto-foto produk yang menarik. Ibaratnya, katalog ini merupakan etalase yang akan menarik minat konsumen.
2. Atur Katalog
Setelah memiliki akun, cara menggunakan whatsapp bisnis bisa dimulai dengan mengatur katalog sebaik mungkin. Mengingat hal ini akan berdampak besar pada minat konsumen.
- Pilih opsi lainnya pada whatsapp bisnis di perangkat pengguna. Jika kesulitan mencari, klik tanda tiga titik pada layar. Pilih setelan bisnis.
- Menu katalog ada pada opsi tersebut, namun jika pengguna tidak menemukannya maka kemungkinan besar versi whatsapp harus diperbarui.
- Klik tambahkan produk dan klik tanda + untuk mulai memilih gambar yang akan diupload.
- Setelah memilih gambar, lengkapi dengan nama dan deskripsi singkat. Pengguna juga bisa menyertakan tautan dan kode produk. Hal ini akan membantu penjual mengecek item di katalog.
- Klik simpan jika sudah selesai.
3. Membuat Tautan Pendek
Tautan pendek sangat membantu penjual dalam mempromosikan produknya. Calon konsumen juga lebih mudah menghubungi dengan hanya mengklik tautan tersebut.
- Klik opsi lainnya pada akun whatsapp bisnis pengguna.
- Pilih fitur bisnis dan klik tautan pendek yang ada di bawah nama bisnis pada akun whatsapp.
- Klik salin tautan apabila ingin menyalin tautan untuk disebarkan di berbagai media sosial.
- Pilih menu bagikan tautan apabila ingin mengirim tautan langsung kepada konsumen.
- Jika ada konsumen mengklik tautan tersebut maka akan langsung terhubung pada whatsapp bisnis milik pengguna.
4. Setel Alarm di Luar Jam Kerja
Seringkali konsumen menanyakan beberapa produk di luar jam kerja atau jam operasional toko. Pengguna whatsapp bisnis bisa memberi respon yang baik melalui pesan otomatis.
- Buka aplikasi whatsapp bisnis dan pilih opsi lainnya atau pengaturan pada akun tersebut.
- Pilih fitur bisnis, klik yang bertuliskan pesan di luar jam kerja. Pengguna bisa menyalakan menu kirim pesan di luar jam kerja.
- Pada menu tersebut, pengguna bisa mengeditnya dengan klik pesan di bagian bawah tulisan.
- Klik oke apabila sudah selesai dan atur jam atau jadwal pesan tersebut.
- Untuk mengatur siapa yang bisa mengirim pesan, klik penerima dan edit.
- Simpan jika sudah selesai.
Cara menggunakan whatsapp bisnis ini tergolong mudah dan bisa membantu operasional toko menjadi lebih mudah. Komunikasi dengan konsumen lebih cepat, layanan yang diberikan juga lebih maksimal. Kelola dengan baik semua fiturnya, dapatkan keuntungan melalui whatsapp bisnis.