Tips & Trik

Ketahui 3 Cara Menggunakan VPN di HP Yang Benar

8
×

Ketahui 3 Cara Menggunakan VPN di HP Yang Benar

Sebarkan artikel ini

Cara Menggunakan VPN di HP, Ini Tutorialnya

Pernahkah merasa dihantui oleh peretas dan oknum yang dapat membobol privasi internet? Untuk mengatasinya, internet dapat diakses dengan nyaman dengan menggunakan VPN. Saat ini, VPN tersedia pada HP, dan cara menggunakan VPN di HP cukup mudah untuk dipelajari.

Bagi yang sering menggunakan WiFi publik, ada hal yang perlu diwaspadai. Mengingat jaringan yang digunakan untuk internet bersifat publik, siapa saja dapat mengakses privasi internet melalui jaringan yang sama. Karenanya, diperlukan suatu proteksi untuk WiFi publik, yaitu Virtual Private Network.

Sekilas Informasi Mengenai Fungsi VPN

Disingkat menjadi VPN, Virtual Private Network adalah jaringan privat yang dapat melindungi penggunanya saat menjelajah internet. Ini dapat terjadi karena VPN mengantarkan pengguna ke jaringan privat, dimana jaringan aman dari kontrol atau pengintaian pihak ketiga.

Karena ini, VPN biasanya digunakan untuk bypass situs-situs yang diblokir oleh pemerintah maupun penyedia layanan internet (ISP). Apapun jenis pemblokiran, semuanya menjadi sia-sia selama VPN digunakan. Meski demikian, VPN dikenal dapat memperlambat kecepatan internet.

Sebenarnya, hal tersebut dibilang wajar. VPN perlu menyambungkan pemakai internet ke server privat terlebih dahulu sebelum sampai ke situs tujuan. Tetapi, ada berbagai VPN premium yang dapat mengurangi kelambatan tersebut dengan memberikan server dan layanan yang terbaik.

Begini Cara Mengaktifkan VPN di HP

Agar VPN dapat diaktifkan di HP, pemakai smartphone perlu mengetahui cara menggunakan VPN di HP. Saat ini, sebagian smartphone memiliki fitur built-in VPN, namun ada juga yang akan memerlukan bantuan pihak ketiga. Berikut macam-macam cara untuk menambahkan VPN di HP:

1. Melalui Pengaturan

Cara yang pertama dapat dilakukan pada smartphone apabila smartphone sudah memiliki setting VPN tersendiri. Misalnya, smartphone merek Samsung yang sudah memiliki fitur Samsung Max. Begini langkah-langkah pengaturan untuk menggunakan layanan VPN:

  • Langkah pertama, kunjungi Pengaturan atau Settings pada smartphone.
  • Pada halaman Pengaturan, pilih opsi Jaringan & Internet (atau Koneksi), lalu pilih Koneksi Lainnya.
  • Selanjutnya, pilih VPN. Akan muncul pilihan VPN apabila smartphone sudah memiliki fitur built-in Pilih VPN tersebut, dan ikuti instruksi pemasangannya.
  • Apabila tidak muncul pada daftar, maka VPN perlu ditambah secara manual. Pilih opsi Tambah pada pojok atas layar.
  • Berikutnya, isikan data mengenai jaringan VPN yang akan ditambah, lalu klik Simpan.
  • Terakhir, tinggal pilih VPN yang baru ditambah tersebut.

2. Melalui Aplikasi VPN

Apabila smartphone tidak memiliki built-in VPN, maka VPN perlu ditambahkan dengan aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi VPN yang dapat digunakan secara gratis yaitu Turbo VPN. Berikut cara menggunakan VPN di HP dengan aplikasi VPN tersebut:

  • Mula-mula, download dan jalankan aplikasi VPN Turbo. Aplikasi VPN ini tersedia untuk Android dan iPhone.
  • Selanjutnya, klik ikon berbentuk globe pada halaman utama Turbo VPN.
  • Pilih server mana yang ingin digunakan sebagai jaringan pribadi. Semakin dekat lokasinya dengan Indonesia, maka kecepatannya akan lebih baik.
  • Tunggu beberapa saat hingga VPN Turbo berhasil tersambung.

3. Melalui Browser Khusus

Selain aplikasi, saat ini telah tersedia browser khusus yang berfungsi serupa seperti VPN. Salah satu browser khusus yang dapat digunakan yaitu Firefox Focus, dan cara menggunakannya pun sangat simpel. Begini langkah-langkah menggunakan browser VPN yang satu ini:

  • Mula-mula, download dan jalankan aplikasi Firefox Focus. Aplikasi tersebut juga dapat digunakan untuk Android dan iPhone.
  • Selanjutnya, untuk menjadikannya sebagai default browser, pilih ikon garis tiga pada pojok atas layar. Lalu, pilih Pengaturan.
  • Pada bagian kolom Umum, tinggal pilih “Jadikan Firefox Focus peramban baku”. Hal ini agar aplikasi lain menjadi terintegrasi dengan VPN dari Firefox Focus.

Demikian penjelasan dari cara menggunakan VPN di HP dengan benar. Di zaman dimana kejahatan internet merajalela, ada baiknya untuk mengetahui dan menggunakan VPN. Selain lebih aman, internet dapat diakses tanpa perlu rasa khawatir akan keamanan data sensitif pada smartphone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *