Tips & Trik

Cara menggunakan Earphone Bluetooth di Android, iOS Hingga PC

6
×

Cara menggunakan Earphone Bluetooth di Android, iOS Hingga PC

Sebarkan artikel ini

Cara menggunakan Earphone Bluetooth Di Berbagai Perangkat yang Harus Diketahui

Saat ini penggunaan earphone kabel sudah banyak yang beralih menggunakan earphone Bluetooth. Hal ini dikarenakan earphone Bluetooth dianggap lebih praktis dan tidak ribet. Namun saat pertama kali menggunakan banyak yang masih bingung bagaimana cara menggunakan earphone Bluetooth.

Earphone Bluetooth ini bisa digunakan di berbagai perangkat, baik perangkat android, perangkat iOS, hingga perangkat PC. Kegunaannya juga tak jauh berbeda dengan earphone kabel. Namun jika earphone kabel cara menggunakannya tinggal dicolokkan, sedangkan earphone Bluetooth membutuhkan pengaturan khusus. Berikut ini cara menggunakannya:

Cara menggunakan earphone Bluetooth Di Android

Pengguna android seperti Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi dan smartphone android lainnya sudah banyak yang beralih menggunakan earphone Bluetooth. Cara menggunakan earphone Bluetooth di android sendiri sangat mudah. Pengguna tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga, namun cukup mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama-tama silahkan aktifkan terlebih dahulu earphone Bluetooth nya dengan cara tekan tombol power. Jika earphone sudah aktif maka akan ditandai dengan hidupnya lampu LED.
  • Jika sudah menghidupkan earphone Bluetooth, langkah selanjutnya yaitu aktifkan mode pairing pada pengangkat earphone. Cara mengaktifkan mode pairing yaitu dengan menahan tombol power selama beberapa saat hingga lampu LED nya berkedip.
  • Selanjutnya silahkan aktifkan Bluetooth yang ada di perangkat android yang digunakan. Mengaktifkan mode Bluetooth di android bisa melalui menu pengaturan, atau bisa dengan menarik layar ke bawah lalu klik lambang Bluetooth.
  • Langkah selanjutnya silahkan pindai perangkat Bluetooth untuk mendeteksi earphone Bluetooth.
  • Jika earphone Bluetooth sudah terdeteksi selanjutnya silahkan sambungkan earphone Bluetooth dengan android. Biasanya pengguna akan diminta untuk memasukkan pin, maka silahkan isikan dengan kode 0000 lalu klik “Connect”.
  • Dengan begitu maka earphone Bluetooth sudah aktif dan sudah bisa digunakan untuk mendengarkan musik dan lain sebagainya.

Cara menggunakan earphone Bluetooth di iOS

Pada dasarnya iOS memiliki produk earphone Bluetooth sendiri yaitu airpod yang akan tersambung otomatis dengan perangkat iOS. Namun beberapa pengguna iOS juga ada yang menggunakan earphone Bluetooth dengan alasan lebih terjangkau harganya. Nah untuk cara pengaktifan nya sebagai berikut:

  • Pertama silahkan aktifkan Bluetooth terlebih dahulu di iOS dengan masuk pada menu “Pengaturan Perangkat”, lalu pilih opsi “General” lalu klik opsi “Bluetooth”.
  • Selanjutnya hidupkan dan atur earphone ke mode pairing.
  • Setelah mode pairing aktif tunggulah beberapa saat hingga earphone terdeteksi di iOS. Dan jika sudah muncul nama earphone nya silahkan langsung klik saja, dengan begitu maka akan otomatis terhubung dan langsung bisa digunakan.

Cara menggunakan earphone Bluetooth Di PC

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa earphone Bluetooth bisa digunakan di berbagai perangkat termasuk PC. Nah untuk yang penasaran bagaimana cara menggunakan earphone Bluetooth di PC, silahkan simak terus penjelasan berikut.

  • Sama dengan cara menggunakannya di android, pertama-tama silahkan nyalakan dan aktifkan mode pairing earphone Bluetooth terlebih dahulu.
  • Jika sudah aktif maka selanjutnya silahkan aktifkan Bluetooth di perangkat PC yang akan digunakan. Setelah mengaktifkan Bluetooth biarkan perangkat mendeteksi perangkat yang ada di sekitar.
  • Selanjutnya silahkan cari nama earphone Bluetooth pengguna, lalu koneksikan earphone Bluetooth ke PC dengan klik nama earphone Bluetooth.
  • Jika sudah maka earphone sudah tersambung dan bisa langsung digunakan.

Nah demikian lah penjelasan mengenai cara menggunakan earphone Bluetooth di perangkat android, iOS hingga perangkat PC dengan sangat mudah. Dengan adanya inovasi earphone Bluetooth ini pengguna tidak perlu ribet lagi dengan kabel earphone yang panjang dan kadang suka nyangkut dimana-mana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *