Tips & Trik

Cara Menggandakan Aplikasi di Samsung Dengan atau Tanpa Aplikasi

7
×

Cara Menggandakan Aplikasi di Samsung Dengan atau Tanpa Aplikasi

Sebarkan artikel ini

Begini Cara Menggandakan Aplikasi di Samsung

Banyak para pengguna mengira tidak ada cara menggandakan aplikasi di Samsung karena alasan keamanan. Padahal, Samsung sendiri sudah memberikan fitur lanjutan agar pada pengguna dengan mudah memiliki dua aplikasi di smartphone Samsung.

Selain menggunakan fitur yang memang sudah ada di smartphone Samsung, para pengguna juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menggandakan aplikasi. Jadi, memang ada banyak alternatif cara yang bisa dilakukan agar ada dua aplikasi yang sama di smartphone Samsung.

Menggandakan Aplikasi Samsung dengan Aplikasi

Seperti yang disebutkan sebelumnya ada berbagai alternatif cara menggandakan aplikasi di Samsung. Salah satunya, dengan memanfaatkan layanan aplikasi pihak ketiga. Sebenarnya aplikasi-aplikasi ini tidak terbatas penggunaannya pada smartphone Samsung saja.

Namun bisa digunakan di smartphone brand lain. Ada banyak pilihan aplikasi yang memiliki fitur ini. Aplikasi-aplikasi dengan fitur ini cenderung memiliki fitur yang sama. Berikut adalah cara untuk menggunakannya.

  • Download aplikasi pengganda yang menjadi pilihan pada pengguna di toko aplikasi resmi.
  • Setelah proses install selesai, langsung buka aplikasi tersebut.
  • Kemudian, masuk ke pilihan untuk menggandakan aplikasi.
  • Pilih aplikasi yang ingin digandakan pada daftar aplikasi yang terpasang pada smartphone.
  • Para pengguna bisa memilih beberapa aplikasi sekaligus untuk digandakan pada layar utama.
  • Tunggu sampai proses penggandaan berhasil.
  • Setelah proses selesai, maka aplikasi yang sudah digandakan bisa digunakan pada smartphone.

Hal yang harus dipahami oleh para pengguna, proses penggandaan ini selalu membutuhkan waktu. Semakin besar ukuran aplikasi yang digandakan, maka semakin lama proses penggandaannya. Karena itu, para pengguna perlu menunggu sampai proses selesai.

Agar para pengguna bisa membedakan antara aplikasi yang hasil cloning dengan aplikasi asli. Aplikasi clone biasanya memiliki tampilan yang berbeda. Biasanya warna ikonnya akan berbeda atau akan ada tanda sendiri.

Menggandakan Aplikasi Samsung dengan Fitur Asli

Selain menggunakan aplikasi yang punya fitur pengganda, para pengguna juga bisa menggunakan fitur resmi dari Samsung. Smartphone Samsung biasanya sudah dilengkapi fitur lanjutan agar para pengguna bisa mencloning aplikasi dengan mudah.

Namun, banyak para pengguna yang tidak menyadari fitur lanjutan ini. Karena mengira smartphone Samsung tidak bisa menggandakan aplikasi karena alasan keamanan. Maka dari itu, berikut akan dijelaskan cara penggunaan fitur lanjutan ini:

  • Masuk ke menu ‘Pengaturan’ atau ‘Settings’ yang ada di smartphone.
  • Kemudian, scroll sampai menemukan opsi ‘Fitur Lanjutan’.
  • Dalam opsi ini, akan muncul beberapa fitur pilihlah fitur ‘Dual Messenger’.
  • Para pengguna akan dibawa ke tampilan list aplikasi yang bisa digandakan dengan menggunakan fitur ini.
  • Selanjutnya, para pengguna tinggal menggeser toggle di sebelah aplikasi yang ingin digandakan.
  • Para pengguna bisa memilih beberapa aplikasi sekaligus untuk digandakan pada layar utama.
  • Jika toggle sudah digeser, maka aplikasi clone akan secara otomatis berada di tampilan utama smartphone.

Untuk membedakan antara aplikasi asli dan aplikasi clone, aplikasi hasil clone akan memiliki tanda merah pada ujung ikon aplikasinya. Dengan begitu, para pengguna bisa membedakan antara akses aplikasi asli dan juga aplikasi yang merupakan clone.  

Pilihan aplikasi untuk digandakan dengan fitur ini cukup terbatas. Biasanya hanya bisa diterapkan pada aplikasi pesan atau messenger saja. Berbeda dengan menggunakan aplikasi pengganda yang bisa menggandakan lebih banyak variasi aplikasi.

Itulah dua cara menggandakan aplikasi di Samsung. Ternyata, para pengguna Samsung juga bisa menggandakan aplikasi di smartphone dengan mudah. Bahkan, caranya lebih aman karena ada fitur bawaan yang bisa digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *