Tips & Trik

3 Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Permanen di iPhone Beserta Langkahnya

×

3 Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Permanen di iPhone Beserta Langkahnya

Sebarkan artikel ini

Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Permanen di iPhone Yang Perlu Diketahui

cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di iphone

Betapa sedihnya apabila foto yang menyimpan banyak kenangan, terhapus begitu saja secara permanen. Bagi pengguna iPhone, ternyata masih ada cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di iPhone. Untungnya, smartphone buatan Apple tersebut memiliki banyak fitur pemulihan.

Foto yang terhapus masih dapat dipulihkan dengan beberapa opsi yang akan dijelaskan. Pemilik iPhone dapat memilih satu cara yang bisa dilakukan pada jenis iPhone yang dimiliki. Langsung saja, berikut macam-macam cara yang dapat digunakan untuk mengembalikan foto yang terhapus:

1. Memulihkan Dengan Backup dari iTunes

Cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di iPhone pertama yaitu dengan backup dari iTunes. Cara pertama ini akan memerlukan komputer/laptop dan kabel sebagai penghubung dua perangkat. Begini langkah-langkah yang dapat dipraktikkan:

  • Mula-mula, hubungkan iPhone dengan komputer atau laptop dengan kabel USB. Jika tidak memiliki kabel USB, iPhone dapat dihubungkan secara wireless.
  • Setelah dihubungkan, jalankan program iTunes dengan mengklik dua kali ikon iPhone yang disediakan.
  • Pada aplikasi, akan muncul ikon iPhone sebagai pertanda bahwa iPhone terdeteksi pada komputer atau laptop.
  • Selanjutnya pilih opsi Device, lalu klik Restore from Backup. Opsi lainnya yang dapat dipilih adalah melalui keterangan mengenai iPhone yang dipakai. Pada kolom Backups, pilih Restore Backup.
  • Terakhir, program akan menampilkan file-file berupa foto yang dapat dipulihkan. Pilih foto yang ingin dikembalikan lalu klik Restore.
  • Tunggu hingga proses pemulihan berjalan hingga iPhone memuat ulang foto yang dipulihkan. Jangan lupa untuk mencabut kabel USB setelah selesai.

2. Menggunakan Data Backup dari iCloud

Selain iTunes, pemilik iPhone dapat menggunakan fitur backup dari iCloud. Selain tanpa memerlukan komputer, iCloud dapat diakses melalui perangkat Apple lain seperti iPad. Cara ini akan memerlukan reset pada iPhone, sehingga backup akan diperlukan. Begini langkah-langkahnya:

  • Sebelum melakukan reset, lakukan backup terlebih dahulu dengan menggunakan fitur Backup dari iCloud. Ini dilakukan untuk menyimpan data-data penting pada iPhone.
  • Setelah proses backup selesai, kunjungi Settings pada iPhone.
  • Pilih opsi General > Software Update. Pada bagian ini, pilih “Download and install” untuk memperbarui iOS ke versi terbaru.
  • Setelah itu, kembali ke General, lalu pilih Reset > “Erase All Content and Settings“. Ini dilakukan untuk memulai proses reset pada iPhone.
  • Setelah iPhone menjalani reset, maka hidupkan iPhone untuk melalui pengaturan-pengaturan awal.
  • Kemudian, kunjungi kembali Settings. Pilih opsi Apps & Data, lalu pilih “Restore from iCloud Backup”.
  • Untuk mengakses iCloud, masuk terlebih dahulu dengan akun yang dimiliki. Pastikan untuk login dengan akun iCloud yang digunakan sebagai tempat penyimpanan foto yang terhapus tersebut.
  • Terakhir, iCloud akan menampilkan file-file berupa foto yang dapat dipulihkan. Pilih foto yang mau dikembalikan sesuai dengan keinginan.

Perlu diingat jika foto hanya dapat dipulihkan dengan cara ini jika foto tersebut berasal dari iTunes store. iOS juga perlu di update ke versi terbaru yang tersedia pada jenis iPhone yang digunakan.

3. Memulihkan Dengan Fitur Recently Deleted

Untuk iPhone 8 atas, terdapat fitur Recently Deleted yang dapat digunakan sebagai cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di iPhone. Jika baru dihapus dalam kurun waktu 30 hari, foto tersebut masih berada pada fitur ini. Begini langkah-langkah untuk memulihkannya:

  • Buka aplikasi Photos yang biasanya tersedia sebagai fitur pada iPhone.
  • Pada aplikasi, scroll ke bawah hingga opsi Recently Deleted
  • Apabila foto dihapus sebelum 30 hari, maka foto masih dapat ditemukan pada folder Recently Deleted.
  • Pilih foto mana yang mau dipulihkan, lalu pilih Recover.

Demikian penjelasan mengenai cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di iPhone. Pemilik smartphone kini dapat memulihkan foto yang sudah hilang dengan mengikuti cara-cara tersebut. Pastikan untuk menyimpan foto tersebut di tempat cadangan lainnya, agar tidak terhapus kembali secara permanen.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Play.id