Tips & Trik

Inilah Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Memory Internal Android Tercepat 2022!

10
×

Inilah Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Memory Internal Android Tercepat 2022!

Sebarkan artikel ini

Begini Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Memory Internal Android

Terkadang foto yang diperlukan bisa saja terhapus di galeri perangkat dan dibutuhkan secara tiba-tiba. Jika keadaan sudah seperti itu, cara mengembalikan foto yang terhapus di memory internal Android perlu diketahui supaya bisa memperoleh kembali foto yang telah terhapus karena ketidaksengajaan.

Cara yang bisa digunakan untuk mengembalikan fotonya pun beragam. Ada yang bisa langsung melalui ponsel, ada pula yang menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Tentunya semua cara yang tersedia dijamin aman dan foto dijamin akan balik lagi ke dalam ponsel.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Melalui Ponsel

Ide untuk cara mengembalikan foto yang terhapus di memory internal Android direalisasikan dengan melalui ponsel masing-masing. Biasanya pada ponsel terdapat fitur untuk backup file, sama saja dengan recycle bin pada laptop. Namun, tak semua smartphone menyediakan fitur backup pada file.

Pengguna harus mencoba langkah-langkah untuk mengeceknya terlebih dahulu. Data yang sudah dihapus tidak akan hilang begitu saja, melainkan tersimpan dengan format file thumbnail di memori internal. Berikut adalah tahapan dari cara untuk mengembalikan foto terhapus via ponsel yang bisa diikuti:

  • Buka File Manager di ponsel.
  • Tekan tombol titik tiga di area sudut kanan bawah.
  • Klik opsi file tersembunyi.
  • File foto dengan format .Thumbnail akan bermunculan.
  • Buka foto-foto tersebut dan pilih mana yang akan dikembalikan.
  • Pindah file yang akan dikembalikan tersebut ke folder yang aman.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Melalui Aplikasi

Apabila perangkat pengguna tidak bisa mengaplikasikan cara yang telah disediakan di atas, maka cobalah beralih dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Cara ini sangatlah mudah, pengguna cukup mengunduh aplikasi yang direkomendasikan saja tanpa perlu melakukan yang lainnya.

Oleh sebab itu, penggunaan aplikasi sebagai cara mengembalikan foto yang telah terhapus perlu untuk digunakan. Sebelum mengunduh aplikasi yang akan tersedia, alangkah baiknya pengguna memperhatikan ulasan berikut:

1. Menggunakan Aplikasi Easeus Mobi Saver

Opsi pertama adalah dengan mengunduh aplikasi dengan tajuk Easeus Mobi Saver. Aplikasi tersebut dapat mengembalikan banyak foto yang terhapus hanya dengan satu kali ketukan. Simak tahapannya berikut ini:

  • Unduh aplikasi di PC ataupun laptop.
  • Sambungkan dengan perangkat smartphone menggunakan kabel USB ataupun WiFi.
  • Lakukan scanning untuk mendeteksi pelbagai foto yang telah terhapus.
  • Pilih foto yang ingin untuk dikembalikan.
  • Tunggu sebentar hingga foto telah siap untuk disimpan ulang di perangkat.
  • Simpan foto tersebut ke file di Android.

2. Menggunakan Aplikasi Dumpster

Aplikasi yang satu ini cukup populer sebagai penyedia layanan untuk mengembalikan foto yang telah terhapus di perangkat. Pengguna bisa menggunakan aplikasinya langsung dari ponsel dengan mengunduhnya melalui Play Store ataupun toko aplikasi lain di Android.

Tahapan selanjutnya setelah memasang aplikasi Dumpster, pengguna bisa langsung melakukan proses pemindaian yang berguna untuk memindai foto-foto yang telah terhapus. Aplikasi Dumpster dapat memindai foto yang terhapus bahkan dari jangka waktu yang lama. Maka dari itu, pengguna harap sabar menunggu prosesnya.

Apabila proses pemindaian telah usai, pengguna dapat langsung menggulir foto-foto ke bawah dan mencari foto yang ingin untuk dikembalikan. Jika sudah menemukan yang dimaksud, klik opsi kembalikan foto agar dapat disimpan ke galeri perangkat.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara mengembalikan foto yang terhapus di memory internal Android, tentu dapat langsung diaplikasikan oleh pengguna. Baik melalui ponsel ataupun bantuan aplikasi, semua cara tersebut bisa dicoba oleh pengguna dengan cepat karena tidak akan memerlukan banyak waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *