Tips & Trik

Inilah Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Laptop Windows 7

19
×

Inilah Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Laptop Windows 7

Sebarkan artikel ini

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Laptop Windows 7

Pengguna PC atau laptop pasti membutuhkan cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop Windows 7. Hal tersebut disebabkan karena file yang tak sengaja terhapus atau memang sengaja dihapus namun ternyata suatu saat dibutuhkan pasti akan membuat bingung untuk mendapatkannya.

Usai file berhasil dikembalikan, maka pengguna akan dapat menggunakannya lagi tanpa perlu membutuhkan bantuan orang profesional seperti teknisi PC. Cara untuk mengembalikan file yang sudah terhapus pun mudah untuk dilakukan asal pengguna menyimaknya dengan baik. Mari simak ulasan lengkapnya berikut:

Melalui Software EaseUS Data Recovery

Banyak cara yang tersedia guna mengembalikan file yang telah terhapus di laptop. Semua orang bisa mengaplikasikannya hanya dengan menyimak tutorialnya lalu mempraktekkan hal tersebut. Cara yang disediakan juga gratis, sehingga pengguna tak perlu risau diharuskan untuk membayar biaya langganan.

Penggunaan software EaseUS Data Recovery dapat dijadikan cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop Windows 7. Software tersebut memiliki banyak keunggulan seperti dapat mengembalikan file yang terhapus, memulihkan data recycle bin yang telah dihapus, dan masih banyak lainnya.

Mengembalikan file dari hard disk yang sudah diformat dan juga data dari flash disk yang rusak bisa melalui software tersebut. Namun, alangkah baiknya pengguna laptop Windows 7 mengikuti tutorialnya berikut agar dapat memahami tahapannya dengan mudah dan tidak salah langkah:

  • Unduh software tersebut lalu instal di laptop Windows 7.
  • Lakukan pemindaian terhadap file-file yang telah dihapus di laptop.
  • Tunggu proses pemindaian secara menyeluruh ke semua folder hingga selesai.
  • Cari file yang ingin dikembalikan ke penyimpanan laptop.
  • Jika data yang ingin dikembalikan tidak berukuran lebih dari 2 GB, maka masih bisa menggunakan versi software gratisnya.
  • Data yang lebih dari 2 GB dan ingin dikembalikan, maka pengguna perlu berlangganan software versi premiumnya dulu.

Melalui Windows Backup

Windows Backup hadir sebagai penyimpanan backup data dari Windows. Namun, pengguna perlu melakukan pencadangan data terlebih dahulu sebelum menghapus file. Jika data sudah dicadangkan, maka fitur Windows Backup akan dapat digunakan dengan baik karena datanya masih tersimpan dengan baik.

Jadi, fitur tersebut tidak bisa langsung digunakan begitu saja tanpa adanya backup data yang pernah dilakukan oleh pemilik laptop. Pengguna dapat melakukan antisipasi untuk melakukan backup data agar bisa mengembalikan datanya lagi jika suatu saat diperlukan kembali. Langkah tersebut sangatlah bermanfaat.

Tidak hanya dapat mengembalikan file yang sudah terhapus melalui software, menggunakan fitur Windows Backup yang ada di setiap laptop. Tentunya cara yang tersedia mudah untuk diaplikasikan. Pengguna laptop Windows 7 bisa menggunakan fitur tersebut dengan mengikuti tutorial lengkapnya di bawah ini:

  • Klik tombol Windows.
  • Cari Control Panel.
  • Masuk ke menu System and Maintenance yang terdapat di laptop.
  • Pilih sub menu Backup & Restore.
  • Tekan pilihan Restore My File.
  • Klik Browse For Files.
  • Pilih Copy and Replace agar file yang telah dihapus bisa dipulihkan kembali.
  • Tunggu hingga proses pemulihan data telah selesai.
  • File yang telah dikembalikan akan muncul kembali di folder aslinya waktu sebelum dihapus.

Pelbagai cara yang telah diulas di atas dapat dilakukan dengan mudah dan praktis. Pengguna cukup mengikutinya saja dengan seksama. Tentunya file yang bisa kembali disimpan di laptop akan sangat bermanfaat.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop Windows 7 secara cepat, mudah, dan pastinya aman. Pelbagai cara yang telah disediakan di atas akan dapat dioperasikan dengan mudah asal menyimaknya dengan benar agar tidak salah langkah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *