Tips & Trik

Mudah, Begini Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan yang Terhapus Tanpa Sengaja

12
×

Mudah, Begini Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan yang Terhapus Tanpa Sengaja

Sebarkan artikel ini

Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan yang Terhapus Dengan Mudah

Aplikasi termasuk bagian penting dari layanan smartphone. Namun, bagaimana jika terhapus? Pengguna perlu tahu cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus untuk mengatasi permasalahan ini. Sebab, sistem kinerja akan terganggu apabila aplikasinya tidak ada.

Beberapa Penyebab Aplikasi Bawaan Bisa Terhapus

Mungkin banyak orang tidak mengetahui bahwa aplikasi bawaan juga bisa terhapus. Padahal jika fungsinya penting, akan mengganggu penggunaan smartphone. Sebelum membahas tentang cara mengembalikannya, terlebih dahulu mari mencari tahu apa kemungkinan yang bisa membuat aplikasinya terhapus:

1. Banyak Cache

Dalvik cache, lebih dikenal dengan sebutan cache merupakan file yang bertambah saat membuka sebuah aplikasi. Aplikasi yang dibuka akan menghasilkan cache. Tidak heran jika apps yang ukurannya hanya 80 MB bisa membengkak hingga 500 MB tanpa disadari oleh penggunanya.

Tumpukan cache yang jarang dihapus akan menggunung dan memakan banyak ruang di memori. Tidak hanya menghabiskan memori, cache juga menyembunyikan beberapa apps bawaan. Akibatnya, aplikasi tersebut bisa terhapus tanpa sengaja.

2. Crash dengan Aplikasi yang Lain

Android memiliki beragam aplikasi bawaan yang berguna. Namun pengguna perlu berhati-hati, sebab ada beberapa apps unduhan yang menyerupai aplikasi bawaan. Hal ini dapat mengakibatkan crash, sehingga aplikasi Android yang bawaan justru terhapus.

Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan yang Terhapus

Tidak perlu bingung, sebab aplikasi yang tanpa sengaja hilang atau terhapus dapat dikembalikan dengan mudah. Ada berbagai cara yang bisa dicoba untuk mengembalikannya dengan cepat, yakni seperti berikut:

1. Menggunakan Play Store

Biasanya Play Store merupakan tempat pengguna smartphone mencari dan mengunduh aplikasi. Namun, sebenarnya platform ini juga menyimpan riwayat apps yang sebelumnya sudah pernah diinstal di perangkat. Hal ini bisa digunakan untuk memulihkan aplikasi yang terhapus, dengan langkah-langkah berikut:

  • Akses Play Store di perangkat Android.
  • Carilah tombol berbentuk tiga titik pada bagian kiri layar, lalu klik.
  • Pengguna akan dibawa ke halaman baru, lalu klik “My apps & games”.
  • Lanjutkan dengan memilih “Library”. Selanjutnya, di layar akan tampil daftar aplikasi apa saja yang sudah pernah ada di perangkat. Untuk memulihkannya, klik pada nama aplikasi kemudian tekan “Install”.
  • Pastikan internetnya berjalan lancar, sehingga proses download bisa dilakukan dengan lancar. Jika sudah, maka aplikasinya bisa digunakan kembali seperti semula.

2. Mengunduh Aplikasi Backup & Restore

Cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus juga bisa digunakan dengan aplikasi tambahan. Contohnya adalah Backup & Restore. Dengan apps berukuran 38 MB ini, data aplikasi dapat dipulihkan dengan cepat. Cara kerjanya yaitu melakukan backup otomatis pada semua perangkat yang ada di memori hp pengguna.

Backup tersebut juga bisa dilakukan manual, yang lebih disarankan karena dapat mengantisipasi pemakaian memori internal berlebih. Untuk memulihkan apps yang terhapus, bisa melakukan langkah-langkah berikut:

  • Download dan instal App Backup & Restore.
  • Jalankan aplikasinya, lalu lakukan pengaturan aplikasi apa yang ingin disimpan backup-nya. Caranya mudah, yaitu memberi tanda centang pada apps yang diinginkan.
  • Setelah memilih aplikasi, lanjutkan dengan ketuk “Backup” agar prosesnya bisa dimulai.
  • Tunggu sesaat sampai proses backup selesai. Maka aplikasi yang hilang bisa dikembalikan menuju perangkat.
  • Apps yang sudah dipulihkan bisa segera digunakan kembali.

Keunggulan Backup & Restore adalah kepraktisannya. Jadi, jika ada apps yang mendadak terhapus atau hilang, maka bisa segera membuka aplikasinya. Tinggal memilih “Restore” lalu ke “Archived” untuk memulihkan aplikasinya.

Demikian informasi tentang cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus. Pengguna bisa mencoba memakai Play Store atau mengunduh aplikasi tambahan sehingga bisa mengembalikan apps apa saja. Dengan demikian, jika di lain waktu terjadi hal serupa maka bisa segera ditangani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *