Tips & Trik

Simak Cara Mengecilkan Ukuran PDF di HP Tanpa Aplikasi Secara Mudah dan Praktis

×

Simak Cara Mengecilkan Ukuran PDF di HP Tanpa Aplikasi Secara Mudah dan Praktis

Sebarkan artikel ini

Cara Mengecilkan Ukuran PDF di HP Tanpa Aplikasi yang Praktis

Dokumen PDF kerap memiliki ukuran yang besar dibandingkan dengan Word. Maka dari itu, diperlukan cara mengecilkan ukuran PDF di HP tanpa aplikasi yang mudah dan praktis. Tentu cara yang disajikan tak akan susah untuk diaplikasikan, jadi siapa saja bisa mencobanya.

Dengan mengecilkan ukuran PDF, maka file yang tersimpan akan lebih ringan dan tidak akan memenuhi ruang pada ponsel. Cara mengecilkannya sangat mudah dan hanya memerlukan internet saja karena diakses melalui pelbagai situs berikut:

1. Melalui Situs Smallpdf

Cara mengecilkan ukuran PDF di HP tanpa aplikasi bisa memanfaatkan layanan dari situs online Smallpdf. Mulai dari pengecilan ukuran dokumen PDF, hingga pada konversi file, edit file, dan masih banyak lainnya yang disediakan. Semua layanan tersebut mudah dioperasikan dengan menggunakan Smallpdf.

Situs tersebut juga bisa ditemukan dengan mudah di internet. Pengguna hanya perlu mengetikkan namanya saja, maka akan muncul di hasil pencarian paling atas. Agar tidak salah langkah, mari simak tahapannya berikut:

  • Buka situs Smallpdf.
  • Masukkan file PDF yang akan dikompres.
  • Klik kompresi dasar, bukan kompresi kuat dikarenakan tool tersebut tersedia hanya untuk pelanggan premium.
  • Tunggu sebentar sampai prosesnya selesai.
  • Unduh hasil dari pengompresan PDF.
  • Ingat, Smallpdf hanya menyediakan 2x kuota gratis untuk kompres file per harinya.

2. Melalui Situs iLovePDF

Selanjutnya terdapat situs yang bernama iLovePDF yang sudah banyak digunakan dan dikenal akan fitur-fitur lengkapnya. Mulai dari konversi hingga kompres file semua tersedia gratis di situs tersebut. iLovePDF akan membantu pekerjaan agar lebih cepat karena sistemnya yang praktis.

Cara pengecilan ukuran file PDF di sini pun mudah. Pengguna cukup memasukkan file PDF yang diinginkan, lalu klik pilihan compress PDF dan tunggu sebentar sampai hasilnya muncul. Jika sudah muncul, silakan unduh hasil file yang telah dikompres tersebut.

3. Melalui Situs EasePDF

Masih dengan ulasan pelbagai situs yang dapat dijadikan cara untuk mengecilkan ukuran file PDF, situs EasePDF menawarkan tampilan yang sederhana. Kemudahan penggunaannya pun patut dicoba. Pengguna akan dapat mengaksesnya secara mudah dengan membuka situsnya melalui Google.

Cara mengecilkan ukuran PDF di situs tersebut sama saja dengan tahapan yang telah ada pada nomor satu dan dua. Hanya saja jika ingin mengakses EasePDF, pengguna diharuskan login terlebih dahulu dengan akun Gmail yang masih aktif digunakan.

Setelah login, baru bisa mengirimkan file PDF yang akan diubah ukurannya. Situs tersebut akan memulai kompresi file dengan cepat. Pengguna tak perlu keluar dari laman dikarenakan prosesnya tak akan memakan waktu yang lama, lalu unduh hasilnya jika sudah selesai.

4. Melalui Situs PDF Candy Compressor

Penggunaan situs ini tentu akan sangat berguna untuk membantu pengguna melakukan kompresi pada file PDF. Siapa saja bisa mengaksesnya dengan mudah dan tentunya secara cuma-cuma. Terdapat tiga pilihan kompresi, yaitu minimum, standar, dan juga maksimum.

Pengguna bisa memilih yang standar saja. Setelah menentukan pilihan, pengguna dapat langsung memasukkan file PDF yang diinginkan. Kemudian situs akan memprosesnya, tunggu sebentar dan unduh jika hasil telah keluar.

5. Melalui Situs PdfCompressor

Menjadi cara terakhir yang dapat digunakan untuk mengecilkan ukuran pada file PDF, situs PdfCompressor juga tak kalah menarik. Fitur yang dihadirkan pada situs ini sama dengan pelbagai situs di atas. Pengguna dapat langsung memasukkan file PDF dan menunggu hasil kompresinya.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara mengecilkan ukuran PDF di HP tanpa aplikasi yang tentunya mudah dan praktis. Pengguna bisa menggunakan pelbagai situs di atas dengan mudah dan tentunya gratis, cara penggunaannya pun telah tersedia di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *