Tips & Trik

6 Cara Mengecilkan Ukuran Foto di HP Tanpa Aplikasi yang Mudah dan Gratis

×

6 Cara Mengecilkan Ukuran Foto di HP Tanpa Aplikasi yang Mudah dan Gratis

Sebarkan artikel ini

Cara Mengecilkan Ukuran Foto di HP Tanpa Aplikasi Tanpa Ribet

cara mengecilkan ukuran foto di hp tanpa aplikasi

Siapa sangka cara mengecilkan ukuran foto di HP tanpa aplikasi yang dianggap sulit ternyata mudah dilakukan. Mengecilkan ukuran foto dapat membantu untuk mengunggah ke dalam website yang memiliki batas maximal ukuran foto.

Selain untuk memudahkan pemilik foto untuk mengunggah foto ke platform tertentu, mengecilkan ukuran foto juga bisa menghemat ruang memori pada HP sehingga tidak menjadi berat. Ingin tahu bagaimana cara mengecilkannya jika tanpa aplikasi? Yuk, simak ulasan berikut!

1. ILovePDF

Memanfaatkan situs pengubah file ILovePDF cara mengecilkan ukuran foto di HP tanpa aplikasi yang wajib untuk dicoba pertama kali. Platform ini tidak hanya terkenal mampu untuk mengubah file dokumen PDF, tetapi ternyata juga bisa untuk mengubah foto dengan format JPG menjadi file lain.

Contohnya seperti mengubah foto dengan format JPEG menjadi PDF secara otomatis akan membuat ukuran file menjadi lebih kecil. Ketika menggunakan ILovePDF, pengguna tidak perlu khawatir akan kerepotan untuk mengubah file foto karena hanya perlu memilih layanan yang ingin digunakan, masukkan file, dan tunggu hingga proses selesai.

2. Tinyjpg

Selanjutnya, terdapat Tinyjpg yang juga bisa dimanfaatkan untuk mengecilkan ukuran foto melalui HP. Platform berbasis online ini dapat melakukan compress berbagai jenis file gambar, seperti JPG, WebP, dan PNG.

Tidak hanya mengecilkan ukuran file, Tinyjpg juga bisa melakukan cut out pada foto yang ingin diubah. Walau telah dikompres menjadi lebih kecil, kualitas foto yang dihasilkan tetap bagus dan tidak berbeda dengan ukuran aslinya.

3. ILoveIMG

Beda ILovePDF, beda pula ILoveIMG. Walau terdengar mirip, situs ILoveIMG ini dibuat khusus untuk mengedit file gambar atau foto yang dimiliki, seperti mengecilkan ukuran memori, memotong gambar, dan masih banyak lagi.

Jika pada ILovePDF pengguna mengubah format foto menjadi PDF, di ILoveIMG pengguna tetap berada pada format yang sama. Dibuat dari developer yang sama, kedua situs ini sudah sangat mumpuni dalam mengubah ataupun melakukan compress file agar menjadi ukuran yang lebih kecil.

4. PicResize

Para pengguna HP dengan berbagai sistem bisa juga memanfaatkan PicResize untuk mengecilkan ukuran foto yang dimiliki. Situs ini tentunya perlu diakses secara online melalui browser yang terpasang pada perangkat.

Untuk melakukan proses pengecilan, kunjungi picresize.com, kemudian tekan gambar awan pada tampilan awal situs lalu pilih gambar yang akan dikompres. Setelah berhasil diunggah, pilih ukuran pengecilan mulai dari 25% hingga 75%. Pilih format penyimpanan gambar, dan tunggu hingga proses selesai.

5. Image Compressor

Selanjutnya, bagi pemilik gambar dengan format JPG dan PNG bisa menggunakan Image Compressor sebagai tempat untuk mengecilkan ukuran gambar yang dimiliki. Pemilik gambar dapat mengunjungi website resminya di imagecompressor.com melalui browser.

Tidak terlalu berbeda dengan lainnya, situs ini sangat mudah digunakan. Pilihan untuk mengunggah foto atau gambar yang ingin dikecilkan ukurannya berada pada tampilan awal situs. Sehingga pengguna tidak perlu repot dan bingung mencari menu mana yang berguna untuk compress foto.

6. Image Resizer

Dan cara yang terakhir adalah dengan memanfaatkan situs imageresizer.com. Website yang bebas dikunjungi ini memiliki layanan untuk mengubah ukuran file foto atau gambar menjadi lebih kecil. Jika menggunakan situs ini, pemilik bisa mengunggah foto dari penyimpanan device, Google Drive, ataupun Dropbox.

Pemilik tidak perlu khawatir kualitas foto setelah ukuran dikecilkan menurun ketika menggunakan situs ini. Karena Image Resizer mampu memberikan kualitas yang tinggi walau gambar telah dilakukan pengecilan ukuran yang biasanya mengakibatkan gambar pecah.

Itulah 6 cara mengecilkan ukuran foto di HP tanpa aplikasi solusi ketika perangkat memiliki kapasitas memori yang kecil. Hadirnya beberapa situs online pengubah atau kompres foto gratis dapat dipilih serta digunakan sesuai dengan kebutuhan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Play.id