Tips & Trik

Inilah Cara Mengecek Akun Google dan Cara Mengamankannya

×

Inilah Cara Mengecek Akun Google dan Cara Mengamankannya

Sebarkan artikel ini

Cara Mengecek Akun Google yang Harus Diketahui

cara mengecek akun google

Saat ini Google sudah terintegrasi dengan berbagai aplikasi atau software. Maka sangat penting bagi pengguna untuk mengetahui cara mengecek akun google pribadinya. Hampir seluruh aktivitas online perangkat elektronik pun membutuhkan verifikasi akun Google. 

Adanya tuntutan kegiatan online terkadang mengharuskan pengguna login ada berbagai perangkat yang berbeda. Sehingga menimbulkan kesan bahwa akun Google menjadi pintu gerbang dunia maya. 

Mulai dari mengirim email, meeting, menyimpan file, transaksi pembayaran, hingga berselancar di media sosial dapat menggunakan akun Google. Berikut adalah cara mengecek akun Google pribadi pengguna dan cara mengamankannya, yaitu:

1. Mewaspadai Penyusup dan Aktivitas Asing

Sebetulnya apabila dicermati dengan seksama, pengguna dapat mengetahui apakah akun Google miliknya sedang dalam kondisi aman atau tidak. Dengan cara tersebut, pengguna pun dapat mengetahui apakah sedang ada oknum atau perangkat lain yang menggunakan akunnya sebagai berikut:

  • Jika terdapat aktivitas asing yang mencurigakan (seperti login ke perangkat lain), Google akan langsung mengirimkan email notifikasi.
  • Melalui email tersebut, pengguna dapat mengecek lokasi, waktu, dan jenis perangkat yang baru terhubung dengan akun Google pribadinya. Kenali dengan baik, apakah aktivitas tersebut milik sendiri atau berasal dari pihak lain.
  • Namun pada beberapa kasus serius, pengguna terlambat mengecek emailnya dan penyusup terlebih dahulu berhasil menghapus email notifikasi dan mengganti Sehingga akun Google tidak dapat digunakan lagi.

2. Melihat Riwayat Login Perangkat Melalui Setting

Cara mengecek akun Google yang kedua yaitu dengan mengetahui daftar riwayat login. Mengetahui daftar nama perangkat mana saja yang pernah login akun Google sangat penting. 

Dengan menyusuri daftar tersebut, pengguna dapat mengetahui kemungkinan penyalahgunaan pada akun Google miliknya. Adapun langkah yang dapat dilakukan yaitu:

  • Login ke akun Google pribadi melalui Gmail.
  • Masuk ke menu navigasi pada bagian kiri atas, pilih opsi Keamanan.
  • Kemudian pada bagian panel Perangkat, pilih opsi Kelola Perangkat.
  • Maka muncul daftar riwayat perangkat yang login dengan akun Google. Pengguna selanjutnya dapat menelusuri lebih lanjut detail masing-masing perangkat dengan klik kiri pada nama perangkat terkait.
  • Jika ditemukan adanya perangkat asing tak dikenal, maka pengguna dapat langsung memblokir akses dengan klik kanan nama perangkat terkait, lalu pilih blokir.

3. Melihat Riwayat Login Perangkat Melalui Browser

Setelah login akun Google, pengguna dapat mengakses link https://myaccount.google.com/device-activity. Google akan memunculkan daftar perangkat yang pernah terhubung dengan akun Google berikut dengan jenis perangkat, nama, waktu, dan lokasi. Halaman ini juga membantu pengguna untuk melacak perangkat yang hilang ataupun memblokir akses dari perangkat asing.

4. Melihat Status Logout

Pengguna juga dapat melacak aktivitas mencurigakan melalui daftar riwayat logout perangkat. Logout diperlukan pada situasi seperti: ditemukan perangkat asing tidak dikenal, perangkat hilang yang masih terkoneksi, atau pada perangkat lama yang telah dijual dan berganti status kepemilikannya. Adapun caranya yaitu sebagai berikut:

  • Masuk pada akun Google pribadi, lalu pilih menu Keamanan.
  • Selanjutnya pilih menu Perangkat, lalu Kelola Perangkat
  • Geser halaman hingga menemukan daftar perangkat yang digunakan. Pada halaman tersebut muncul riwayat logout dalam kurun waktu 28 hari terakhir dari akun Google pribadi.
  • Kemudian pilih perangkat yang sudah tidak digunakan lagi, lalu pilih Logout.

Demikian cara mengecek akun Google pribadi yang sebaiknya dikuasai oleh para pengguna. Keamanan privasi merupakan hal mendasar yang sebaiknya selalu diperhatikan dan dilakukan pengecekan secara berkala. 

Pengguna juga dihimbau untuk melakukan perubahan password secara rutin. Hal ini untuk menghindari penyalahgunaan akun oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *