Tips & Trik

Cara Mengatur Margin di Google Docs dengan Cepat dan Mudah

9
×

Cara Mengatur Margin di Google Docs dengan Cepat dan Mudah

Sebarkan artikel ini

Cara Mengatur Margin di Google Doc yang Perlu Diketahui

Menggunakan Google Docs untuk membuat dokumen merupakan pilihan yang terbaik karena akan tersimpan secara otomatis apabila tersambung jaringan internet. Melakukan cara mengatur margin di Google Docs pun bisa dilakukan tanpa ada hambatan. Adapun cara yang dapat dilakukan yakni:

1. Melakukan Pengaturan Margin Menggunakan Fitur Page Setup

Melakukan pengaturan margin memang paling mudah dilakukan jika menggunakan laptop. Besarnya layar pada laptop akan membuat pengguna lebih leluasa dalam melakukan pengaturan apapun yang diperlukan. Penasaran cara mengatur margin di Google Docs? Simak langkahnya berikut:

  • Sebelum memulai caranya, pengguna harus menyambungkan laptop dengan jaringan internet terlebih dahulu. Pastikan jaringannya stabil dan tidak ada gangguan apapun.
  • Silahkan buka aplikasi browser yang sudah tersedia pada laptop masing-masing. Paling simpel jika pengguna memakai Chrome.
  • Klik aplikasi Google yang tombolnya ada di sebelah foto p profil emailnya.
  • Pilih Google Docs yang dilengkapi dengan gambar dokumen yang berwarna biru.
  • Setelah masuk ke dalam halamannya, maka pengguna bisa klik File dan pilih Page Setup.
  • Nantinya akan muncul kotak dialog Margin yang bisa diisi dengan margin yang diinginkan. Cara mengatur margin di Google Docs ini, tergolong sama ketika melakukan pengaturan pada MS Word.
  • Segera ganti angka marginnya sesuai dengan angka yang dikehendaki pada dokumen tersebut. umumnya, Google Docs sudah diatur marginnya 2,54 cm.
  • Klik Ok apabila sudah sesuai dengan kriteria. Pengguna yang ingin menjadikan ukuran margin ini sebagai patokan, silahkan klik Set As Default setelah mengubah marginnya. Perlu diingat bahwa ketika membuka halaman baru, maka aturan ini akan tetap mengikutinya.

2. Melakukan Pengaturan Margin Menggunakan Fitur Ruler

Dewasa ini, beberapa orang mulai beralih menggunakan aplikasi yang berbasis online karena dianggap lebih aman dan tidak ribet. Pengaturan margin dari aplikasi ini pun bisa dilakukan menggunakan Ruler yang tidak terlalu rumit sehingga bisa diterapkan dengan mudah. Berikut langkahnya:

  • Mulanya, silahkan sambungkan terlebih dahulu laptop atau komputernya dengan jaringan WiFi yang tersedia. Pengguna juga bisa menggunakan tethering melalui HP yang dimiliki.
  • Silahkan buka aplikasi browser yang dimiliki. Lebih dianjurkan untuk menggunakan aplikasi Google Chrome karena sudah terbukti easy user sehingga bisa digunakan dengan mudah oleh semua pengguna.
  • Nantinya akan muncul tampilan utama dari aplikasi ini. Pengguna bisa langsung fokus pada sisi kanan yang terdapat titik-titik berjumlah 9 membentuk dadu. Klik ikon tersebut.
  • Setelah itu, akan muncul beragam aplikasi Google yang telah disediakan seperti Google Drive, Gmail, Google Meet, Google Docs, dan lainnya. Pilihlah aplikasi Google Docs yang dilambangkan dengan gambar kertas.
  • Klik lembar kosong untuk memulai dokumen yang baru. Tampilannya mirip seperti aplikasi MS Word yang sering digunakan oleh pengguna.
  • Pada bagian atas, terdapat garis dengan angka. Apabila belum ada silahkan klik View dan Show Ruler.
  • Setelah garisnya muncul, silahkan arahkan kursor laptopnya pada bagian abu-abu yang ditandai dengan panah pada sisi kanan dan kiri atas.
  • Klik kursor tersebut dan arahkan sesuai dengan margin yang dikehendaki. Perubahan yang dilakukan akan mempengaruhi keseluruhan halaman sehingga harus diperiksa terlebih dahulu sampai ke lembar paling bawah.

Cara mengatur margin di Google Docs yang telah dipaparkan di atas bisa dipraktekkan secara langsung ketika membutuhkannya. Terdapat dua cara yang bisa dipilih sesuai dengan yang diminati. Tentu tak akan sulit untuk mempraktekannya, karena aplikasi ini mudah dioperasikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *