Tips & Trik

4 Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer Windows 10

×

4 Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer Windows 10

Sebarkan artikel ini
cara mengatur kecerahan layar komputer windows 10

Menyesuaikan tingkat kecerahan layar merupakan tindakan yang krusial, terutama dalam konteks penggunaan komputer dengan sistem operasi Windows 10. Cara mengatur kecerahan layar komputer windows 10 ini cukup diperlukan guna mencegah dampak buruk terhadap kesehatan mata, terutama akibat paparan cahaya yang berlebihan.

Dalam hal ini, pengguna dapat dengan mudah mengatur kecerahan layar komputer mereka sesuai dengan kondisi lingkungan sekitar. Pentingnya pengaturan kecerahan layar tergambar pada kemampuannya untuk menyesuaikan diri dengan kondisi sekitar.

Ketika berada dalam lingkungan yang terang, disarankan untuk meningkatkan tingkat kecerahan layar guna menyesuaikan dengan intensitas cahaya yang tinggi.

Sebaliknya, ketika berada dalam lingkungan minim cahaya, menurunkan tingkat kecerahan layar menjadi pilihan yang bijaksana untuk mengurangi beban pada mata. Dengan demikian, penyesuaian tingkat kecerahan layar menjadi langkah yang penting untuk memastikan kenyamanan dan kesehatan pengguna dalam menggunakan komputer.

1. Melalui Menu Action Center

Mengatur tingkat kecerahan layar pada komputer Windows dapat dilakukan dengan mudah melalui Action Center. Langkah pertama adalah membuka Action Center, yang dapat diakses dengan menekan tombol Windows + A.

Setelah Action Center terbuka, cari slider yang terletak di bagian bawah untuk mengatur kecerahan layar. Geser slider untuk pencerahan layar tersebut ke kanan untuk meningkatkan kecerahan, atau ke kiri untuk menguranginya.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, pengguna dapat dengan cepat dan mudah mengatur tingkat kecerahan layar sesuai kebutuhan tanpa harus mengakses pengaturan layar secara terpisah.

2. Melalui Menu Pengaturan

Cara mengatur kecerahan layar komputer windows 10 yang selanjutnya yakni melalui menu pengaturan. Adapun langkah yang harus dilakukan yakni:

  • Mulai dengan membuka Menu Start.
  • Selanjutnya, cari dan klik opsi Settings. Alternatifnya, pengguna bisa menggunakan pintasan tombol dengan menekan Windows + I. Hal ini dilakukan sebagai pilihan untuk langsung membuka menu Settings.
  • Pada halaman pengaturan atau Settings, silahkan arahkan kursor menuju opsi System.
  • Jika sudah bisa langsung klik pada opsi Display di dalam menu System.
  • Di bagian Brightness dan color, pengguna akan ditampilkan sebuah slider pengaturan kecerahan layar.
  • Sesuaikan tingkat kecerahan layar komputer yang dimiliki. Hal ini bisa dilakukan dengan menggeser slider ke arah kanan untuk meningkatkan kecerahan atau ke arah kiri untuk mengurangi kecerahan.

3. Melalui Display

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengatur kecerahan sebuah layar komputer terutama untuk windows 10 adalah dengan memanfaatkan menu display. Hal ini merupakan salah satu  cara yang cukup sering dilakukan. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan:

  • Klik kanan pada area kosong di desktop pengguna untuk membuka menu konteks.
  • Pilih opsi Display settings dari menu tersebut.
  • Halaman pengaturan tampilan Windows 10 akan terbuka.
  • Di bagian Brightness and color, pengguna akan menemukan sebuah slider yang dapat digeser.
  • Untuk bisa meningkatkan kecerahan layar komputer, pengguna bisa menggeser slider ke arah kanan.
  • Namun sebaliknya, pengguna bisa menggeser kursor ke arah kiri untuk mengurangi kecerahan dan membuat layar lebih redup.

4. Melalui Windows Mobility Center

Pengguna dapat menyesuaikan kecerahan layar komputer pengguna dengan mudah melalui Windows Mobility Center di Windows 10. Pertama, klik kanan pada menu Start atau tekan tombol dengan logo Windows + X untuk mengakses opsi yang lebih cepat, lalu pilih Mobility Center.

Di sana, pengguna akan menemukan pengaturan untuk kecerahan layar. Geser slider ke kanan untuk meningkatkan kecerahan, atau ke kiri untuk menurunkannya. Dengan cara ini, pengguna dapat dengan cepat mengatur kecerahan layar sesuai kebutuhan pengguna tanpa harus mencari menu pengaturan yang lebih dalam.

Itulah beberapa cara mengatur kecerahan layar komputer windows 10 yang bisa dilakukan dengan mudah. Tentunya, pengguna bisa memilih salah satu cara yang dianggap mudah untuk dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *