Sudah beli voucher Telkomsel tapi gagal klaim? Jangan risau, ada cara mengatasi voucher Telkomsel tidak dapat digunakan di regional anda. Tidak sampai disitu saja tetapi juga akan dibahas seputar penyebab kenapa bisa terjadinya gagal klaim pada voucher tersebut.
Penyebab Voucher Tidak Bisa Digunakan
Ada beberapa hal penyebab yang menjadikan voucher gagal untuk digunakan. Mungkin kesalahan dari diri sendiri atau bisa juga terjadi karena kesalahan dari operatornya. Maka dari itu perhatikan dan cari penyebabnya terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan lanjutan, berikut adalah beberapa penyebabnya:
1. Salah Masukkan Kode Voucher
Hal pertama yang menjadi penyebab voucher gagal digunakan karena diri sendiri yang salah masukkan kode voucher yang sudah diberikan. Jadi, coba lebih teliti saat memasukkan kodenya tersebut untuk menghindari terjadinya kegagalan dalam klaim vouchernya.
2. Terjadi Masalah pada Jaringan dan Sistem
Kode voucher sudah benar, tetapi masih gagal klaim? Coba perhatikan sinyalnya. Hal kebanyakan yang terjadi selalu karena jaringan. Jaringan internet yang tidak stabil membuat proses klaim vouchernya gagal atau batal.
Masalah yang hampir mirip dengan jaringan yaitu sistem. Sinyal sudah bagus, stabil, kode yang dimasukkan sudah benar. Lalu masih gagal klaim. Penyebabnya dari sistem itu sendiri. Contoh yang muncul yaitu “Maaf sistem sedang mengalami masalah”.
3. Adanya Beda Regional
Sebelum masuk ke cara mengatasi voucher Telkomsel tidak dapat digunakan di regional anda. Perlu diingat bahwasanya jika sudah berada di regional yang berbeda, maka secara otomatis voucher tersebut menjadi tidak berguna.
Cara Mengatasi Masalahnya
Setelah tadi sudah membahas penyebab suatu voucher tersebut gagal digunakan berdasarkan regional tertentu. Kini masuk ke pembahasan cara mengatasi masalahnya tersebut. Simaklah langkahnya step by step diantaranya sebagai berikut:
1. Sistem Bermasalah atau Masalah pada Jaringan
Cara pertama yang bisa dilakukan ini jika sistemnya mengalami masalah atau ada masalah pada jaringannya. Jika masalah pada jaringan, maka matikan jaringannya lalu hidupkan kembali.
Tetapi jika masalahnya ada pada sistemnya, coba kembali klaimnya beberapa saat kemudian. Namun jika masih tidak bisa digunakan bisa langsung hubungi customer Telkomsel nya ada di 188. Sampaikan keluhan yang dialami tersebut agar segera diperbaiki masalahnya.
2. Voucher Sudah Terpakai
Selanjutnya cara mengatasi voucher Telkomsel tidak dapat digunakan di regional anda yaitu bisa saja voucher tersebut sudah pernah digunakan sebelumnya. Hal ini bisa terjadi karena dua kemungkinan. Kemungkinan pertama karena kesalahan sendiri dan bisa karena kesalahan dari penjualnya.
Terkadang penjual ada yang ceroboh, lupa buang voucher yang sudah digunakan tersebut. Atau diri sendiri yang lupa sudah pernah gunakan voucher tersebut tetapi dimasukkan kembali kodenya. Tenang, ada caranya dan simak caranya berikut:
- Hal pertama yang mesti dilakukan yaitu lakukan panggilan. Masuk ke menu kontak.
- Lalu masukkan semacam kode khusus Telkomsel untuk pengecekan voucher. Kode khususnya *123*12 digit nomor voucher#.
- Jika sudah, lanjut klik tombol panggil.
- Tunggu beberapa saat yang akan muncul pada layar.
- Jika muncul tulisan “Voucher tidak dapat digunakan karena sudah terpakai” maka ganti dengan voucher lain.
3. Voucher Gagal Klaim
Cara terakhir ini bisa digunakan jika karena kesalahan diri sendiri yaitu tidak teliti dalam memasukkan kode vouchernya. Ada kode mengaktifkan kembali vouchernya yaitu *133*kode voucher#. Pastikan kembali bahwa kode tersebut sudah benar dan tidak salah.
Demikian, itulah tadi informasi seputar cara mengatasi voucher Telkomsel tidak dapat digunakan di regional anda. Bahkan tidak hanya seputar cara tetapi juga menjawab rasa penasaran kenapa voucher tersebut tidak bisa digunakan.