Tips & Trik

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Virus Shortcut dengan Cepat

×

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Virus Shortcut dengan Cepat

Sebarkan artikel ini

Cara Mengatasi Virus Shortcut Tanpa Ribet

cara mengatasi virus shortcut

File yang disimpan mendadak tidak bisa dibuka, atau justru memunculkan notifikasi keberadaan virus? Sudah saatnya ini diperbaiki. Dengan mengetahui cara mengatasi virus shortcut, maka masalah tersebut dapat segera teratasi.

Tidak cukup sampai disitu, jika berbicara mengenai virus penangananya juga tidak sembarangan. Terdapat cara-cara khusus yang perlu diterapkan, agar virus tersebut tidak menyebar atau berakibat buruk pada sistem kerja komputer. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut:

Penyebab Virus Menyerang File

Virus bisa menyerang komputer, dipicu oleh beberapa sebab. Sebagai orang yang tidak tahu mengenai dunia virus, maka ada kalanya belajar mengenai sebab-sebab virus bermunculan. Berikut ini dua penyebab dasar kenapa virus bisa muncul, diantaranya:

1. Penggunaan Flashdisk

Sedikit yang mengetahui, jika flashdisk memiliki peran dalam penyebaran virus. Seringnya, orang menganggap bahwa benda kecil ini tidak berbahaya, padahal benda ini bisa menyebabkan seluruh komputer rusak.

2. File yang Bermasalah

Virus juga bisa disebarkan langsung dari file yang sedang dipindahkan. Pada dasarnya, hal ini terjadi pada komputer yang tidak memiliki aplikasi scan virus. Jika mendapati file mencurigakan, maka ada baiknya tidak memindahkannya secara langsung guna menghindari virus shortcut. 

Cara Mengatasi Virus Shortcut yang Perlu Diketahui

Berdasarkan pengalaman-pengalaman yang ada, permasalahan ini bisa diselesaikan dengan mudah. Perlu diingat juga, jangan asal dalam mengatasinya, terlebih lagi jika tidak mengetahui dunia IT. Adapun beberapa cara yang perlu dilakukan, diantaranya:

1. Melalui CMD

Setiap komputer memiliki fitur CMD, fitur inilah yang membuat komputer bisa disembuhkan jika didalamnya terdapat virus. CMD ini selain bisa digunakan untuk menghapus virus, juga berguna pada saat proses pengkodingan.

CMD dapat berguna sebagai alat penghapus virus yang tidak ribet. Jika pada umumnya virus disebabkan oleh flashdisk maka penyelesaian menggunakan CMD ini merupakan solusi terbaik. Adapun beberapa langkah yang perlu dilakukan dalam mengatasi virus shortcut melalui CMD diantaranya:

  • Pada hard drive PC yang sudah terhubung, silahkan klik kanan sampai muncul tombol “start” lalu klik “cari”.
  • Ketikan kata Command Prompt pada kolom pencarian tersebut.
  • Jika memerlukan kata sandi, maka silahkan melalui login terlebih dahulu menggunakan sandi bawaan dari PC.
  • Ketik kata “H” kemudian enter, disini berlaku sistem penggantian nama sesuai dengan Drive yang akan dicari virusnya.
  • Ketik “Del*.ink” .
  • Masukan attrib -s -r -h*.*/s/d/I kemudian enter.
  • Tunggu proses berjalan dan virus selesai diatasi.

2. Melalui Menu Registry

Apabila cara pertama yang digunakan tidak berhasil, maka cara selanjutnya bisa melalui registry. Penghapusan virus melalui registry sedikit berbeda dengan CMD, karena ini akan menghapus sampai ke akar pemicu virus. 

Dalam proses penghapusan melalui registry ini, kebanyakan menggunakan tombol kombinasi.  Meskipun begitu prosesnya jauh lebih sederhana, bila dibandingkan dengan menggunakan cara pertama. Akan tetapi ketika menggunakan cara ini, perlu berhati-hati agar tidak melakukan pemblokiran terhadap akses sistem.

Penghapusan yang dilakukan secara tidak tepat, dapat mempengaruhi kinerja sistem. Bahkan tidak jarang ada aplikasi yang menjadi korban jika penghapusan ini tidak berat jalan dengan lancar. Jika terjadi hal yang demikian, maka seseorang harus membicarakannya masalah ini dengan orang yang lebih ahli.

Setelah ditelusuri ternyata cara mengatasi virus shortcut ini bisa dilakukan tanpa adanya bantuan dari orang lain. Ada kalanya untuk melihat tutorialnya secara langsung, agar kelak tidak melakukan kesalahan pada proses penghapusan virus 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Play.id