Tips & Trik

4 Cara Mengatasi Sinyal Smartfren Lemot Serta Penyebabnya

×

4 Cara Mengatasi Sinyal Smartfren Lemot Serta Penyebabnya

Sebarkan artikel ini
cara mengatasi sinyal smartfren lemot

Smartfren, sebagai salah satu penyedia layanan internet unlimited, telah secara cepat meraih popularitas di kalangan masyarakat Indonesia. Kelambatan jaringan internet dapat mengganggu kegiatan sehari-hari dan bahkan menghambat komunikasi. Oleh karena itu, cara mengatasi sinyal smartfren lemot ini sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah.

Peningkatan jumlah pengguna Smartfren juga dipicu oleh harga paket internet yang lebih terjangkau dibandingkan pesaingnya. Namun, tidak sedikit pengguna yang merasa kesal karena mengalami masalah koneksi yang lambat.

Selain itu, layanan Smartfren tidak selalu tersedia di semua wilayah, terutama di pedesaan. Untuk itu, dalam uraian ini akan diberikan penjelasan terkait dengan penyebab sinyal smartfren lemot dan juga cara mengatasinya.

Penyebab Sinyal Smartfren Lemot

Kendala akses internet yang umum terjadi terletak pada berbagai daerah, terutama di pedesaan, pesisir pantai, dan pegunungan. Permasalahan ini disebabkan oleh perbedaan jangkauan layanan dari masing-masing penyedia.

Hal ini menyebabkan konsumen di pedesaan sering kesulitan mendapatkan koneksi yang stabil, seperti yang terjadi di beberapa wilayah yang belum terjangkau oleh layanan Smartfren. Pengalaman ini dapat terlihat dengan membawa perangkat pintar dengan koneksi Smartfren ke daerah terpencil, di mana koneksi cenderung tidak stabil seperti di kota.

Permasalahan lain terletak pada lonjakan jumlah pengguna internet tanpa diiringi peningkatan infrastruktur. Seperti analogi jalan raya, semakin banyak pengguna tanpa peningkatan infrastruktur akan menyebabkan kemacetan.

Terutama jika penyedia internet tidak berupaya meningkatkan layanan seiring dengan peningkatan jumlah pengguna, maka kualitas layanan internet dapat menurun bagi para pengguna.

Cara Mengatasi Sinyal Smartfren Lemot

Setelah mengetahui penyebabnya, tentu hal selanjutnya yang ingin diketahui yakni terkait dengan bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sinyal yang lemot tersebut. Untuk itu, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Melalui Pengaturan 4G Only

Solusi untuk memperbaiki masalah kecepatan internet lambat pada perangkat Smartfren dapat diimplementasikan melalui penyesuaian pengaturan jaringan menggunakan opsi 4G Only. Langkah-langkah berikut dapat diikuti untuk melakukan pengaturan tersebut:

  • Akses menu Settings/Pengaturan pada perangkat HP Pengguna.
  • Navigasikan ke menu Jaringan & Internet.
  • Pilih opsi Jaringan Seluler dari daftar menu yang tersedia.
  • Temukan dan buka opsi tipe jaringan prioritas.
  • Pilih opsi 4G Only atau LTE Only.
  • Simpan pengaturan yang telah Pengguna pilih.

2. Melalui Pengaturan APN

Solusi untuk mengatasi masalah lambatnya koneksi internet pada jaringan Smartfren dapat dilakukan melalui penyesuaian pengaturan APN. APN, yang merupakan singkatan dari Access Point Name, adalah pintu gerbang antara jaringan seluler (seperti GSM, 3G, atau 4G) dan jaringan lainnya. Pengaturan APN bawaan operator terkadang tidak optimal dan dapat mengakibatkan koneksi yang lambat. Berikut adalah langkah-langkah untuk memperbaiki masalah tersebut:

  • Buka menu Pengaturan pada perangkat Pengguna.
  • Pilih opsi Dual SIM & Jaringan Seluler.
  • Pilih kartu SIM yang menggunakan jaringan Smartfren.
  • Temukan dan pilih menu Access Point Name (APN).
  • Tambahkan APN baru dengan mengklik ikon tambah (+).
  • Isi kolom yang tersedia dengan informasi APN yang sesuai, termasuk yang tercepat.
  • Simpan pengaturan yang telah Pengguna ubah.

3. Restart Hp

Menginisiasi proses reboot pada perangkat tidaklah terkait langsung dengan operator, namun layak untuk dipertimbangkan. Ada kemungkinan dalam beberapa situasi, melakukan restart pada perangkat ponsel dapat mengembalikan kinerja jaringan operator ke kondisi yang normal.

4. Hapus Cache

Untuk meningkatkan efisiensi perangkat serta mengatasi masalah koneksi lambat, mengosongkan cache atau memori sementara adalah tindakan yang bermanfaat. Prosedur untuk melakukan ini serupa pada berbagai jenis smartphone dan dapat diikuti dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka menu Settings.
  • Cari dan buka opsi Aplikasi atau Apps.
  • Temukan aplikasi yang ingin Pengguna bersihkan cache-nya.
  • Pilih opsi Storage dan lanjutkan dengan mengklik Clear cache untuk mengosongkan cache aplikasi tersebut.

Itulah uraian terkait dengan cara mengatasi sinyal smartfren lemot  yang bisa dilakukan dengan mudah. Namun sebelum mengatasi hal tersebut tentunya harus diidentifikasi terlebih dahulu apa penyebabnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *