Tips & Trik

5 Cara Mengatasi SD Card Tidak Terbaca dengan Gampang

7
×

5 Cara Mengatasi SD Card Tidak Terbaca dengan Gampang

Sebarkan artikel ini

Cara Mengatasi SD Card Tidak Terbaca, Dijamin Ampuh

Cara mengatasi SD Card tidak terbaca perlu untuk diketahui karena alasan kepentingan data dalam alat penyimpanan tersebut. Dengan terganggunya akses pada kartu memori, seluruh file yang tersimpan akan sangat sulit dibuka dan bisa menghambat kebutuhan.

Belum lagi saat genting, tidak menutup kemungkinan pengguna bisa mengalami kekhawatiran yang berujung kepanikan. Atas dasar inilah berikut akan dibahas bagaimana cara dalam menyiasati kegagalan akses di kartu memori, diantaranya: 

1. Perhatikan Pemasangan SD Card

Seringkali pengguna ingin melakukan sesuatu secara instan alias cepat tanpa memperhatikan, termasuk waktu pemasangan kartu memori. Padahal tindakan ini memungkinkan pengguna tidak dapat membaca SD Card yang sudah terpasang.

Ditambah dengan pengguna yang tiba-tiba mencabut kartu memori namun tidak mematikan perangkat ponsel. Untuk itu sebaiknya tekan tombol Power kemudian klik opsi Daya Mati (tergantung jenis perangkat). Setelah beberapa detik, cabut SD Card dan pasang kembali dengan benar.

2. Bersihkan SD Card

Meskipun letak kartu memori dalam perangkat tertutup namun bukan berarti bebas dari debu atau partikel-partikel kecil yang mengganggu. Oleh karena itu pengguna harus rutin membersihkannya agar tidak mempengaruhi kinerja. Di bawah ini tahapan yang bisa dilakukan:

  • Keluarkan SD Card. Tahap pertama, keluarkan dulu SD Card dari slot memori yang ada di perangkat.
  • Bersihkan dengan lembut. Tahap kedua, bersihkan bagian lempeng tembaga secara lembut menggunakan bahan yang tidak kasar.
  • Masukkan SD Card. Tahap akhir, masukkan kembali kartu memori yang telah dianggap bersih ke dalam slot sesuai posisinya.

3. Gunakan Ponsel Lain

Apabila kedua cara mengatasi SD Card tidak terbaca di atas belum berhasil silahkan gunakan ponsel yang lainnya. Namun sebelumnya, pengguna bisa memastikan kalau perangkat yang akan dimanfaatkan nanti dalam performa baik.

Sebenarnya tindakan ini juga membantu pengguna mengetahui apakah kerusakan terjadi pada perangkat atau di kartu memori itu sendiri. Untuk melakukannya lumayan gampang, sama seperti mengeluarkan dan memasukkan SD Card pada umumnya.

Seandainya benar kartu memori yang telah terpasang pada perangkat lain belum dapat terbaca berarti kemungkinan terjadi masalah di SD Card. Agar lebih menyakinkan, lengguna harus melakukan cara selanjutnya.

4. Gunakan Perangkat Komputer

Perangkat komputer bisa dijadikan cara untuk mengecek kebenaran kondisi kartu memori. Lantas bagaimana langkah-langkah pengecekan melalui komputer dapat dilakukan? Di bawah ini poin-poin yang bisa diikuti:

  • Sambungkan ponsel dengan komputer. Pertama sekali, pengguna perlu menyambungkan ponsel dengan komputer melalui bantuan kabel data lalu pilih opsi Mass Storage Mode.
  • Pergi ke menu Windows Explorer. Kemudian buka menu Windows Explorer yang ada di komputer, lalu tekan kanan pada bagian Drive Memory.
  • Tekan opsi Properties. Lanjutkan dengan mengklik opsi Properties disusul Tools lalu Error Checking kemudian tunggu pengecekan selesai dilakukan.
  • Tekan opsi Eject. Terakhir, tekan opsi Eject baru setelahnya pengguna dapat mengecek SD Card kembali.

5. Gunakan Fitur Format Ulang 

Cara yang satu ini dilakukan kalau memang ternyata kartu memori masih belum mampu terbaca di perangkat ponsel. Bisa dikatakan tindakan Format Ulang merupakan yang paling akhir dalam mengatasi permasalahan terkait kegagalan baca sebuah SD Card, karena menghilangkan semua data.

Pada perangkat ponsel pengguna dapat memilih menu Storage Settings lalu Format diikuti Erase and Format. Sementara kalau menggunakan komputer, bisa memilih menu Format lewat Windows Explorer. 

Itulah uraian cara mengatasi SD Card tidak terbaca dengan berbagai pilihan mulai dari yang termudah hingga sedikit rumit. Langsung saja pilih mana yang dirasa sesuai, namun misalnya ditemukan kerusakan pada memori tak ada salahnya pergi ke tempat servis. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *