Tips & Trik

5 Cara Mengatasi RAM Penuh, Solusi Untuk Melegakan Penyimpanan RAM

×

5 Cara Mengatasi RAM Penuh, Solusi Untuk Melegakan Penyimpanan RAM

Sebarkan artikel ini
cara mengatasi ram penuh

Dalam penggunaan perangkat elektronik seperti komputer atau smartphone, masalah RAM penuh dapat menghambat kinerja dan menyebabkan perangkat menjadi lambat. Namun banyak yang belum paham mengenai cara mengatasi ram penuh ini.

Bagi yang penasaran langsung saja simak uraiannya dibawah ini. Terdapat lima cara mengatasi ram penuh yang bisa digunakan. Dibawah ini caranya:

1. Menghapus Cache

Cache, yang juga dikenal sebagai singgahan, merujuk pada data yang dihasilkan dari penggunaan aplikasi dan sementara disimpan dalam memori ponsel. Walaupun berukuran kecil, keberadaan cache dapat mengganggu kinerja ponsel jika tidak secara rutin dibersihkan. Berikut ini langnya untuk menghapus cache:

  • Langkah pertama buka menu settings pada perangkat ponsel Anda.
  • Selanjutnya, navigasikan ke opsi ‘Penyimpanan’ dan pilih ‘Penyimpanan aplikasi’.
  • Pilih aplikasi yang ingin dihapus cache-nya.
  • Klik ‘Hapus cache.
  • Cache dari aplikasi yang dipilih akan berhasil dihapus, membebaskan ruang penyimpanan yang lebih besar.

2. Memindahkan Aplikasi ke Kartu MicroSD

Untuk mengatasi keterbatasan RAM pada perangkat HP, Anda dapat memindahkan sejumlah aplikasi ke penyimpanan eksternal atau MicroSD. Langkah ini memungkinkan pengosongan memori internal ponsel tanpa harus menghapus aplikasi. Dibawah ini langkahnya:

  • Buka menu settings pada ponsel.
  • Klik Aplikasi dan lanjutkan dengan mengklik ‘Pengelola Aplikasi’.
  • Pilih aplikasi yang ingin dipindahkan ke MicroSD.
  • Jika aplikasi dapat dipindahkan, Anda akan melihat opsi ‘Pindahkan ke kartu SD’.

3. Menghapus Aplikasi yang Tak Digunakan

Menghapus aplikasi yang tidak digunakan merupakan salah satu cara mengatasi ram penuh pada perangkat HP. Langkah ini dapat mengurangi beban kerja ponsel saat menjalankan aplikasi di latar belakang.

Penasaran bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini? Untuk itu, berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus aplikasi yang tidak digunakan pada HP:

  • Buka menu Pengaturan.
  • Pilih opsi Aplikasi dan temukan aplikasi yang ingin dihapus.
  • Untuk menghapus aplikasi, pilih Hapus Instalasi
  • Konfirmasikan penghapusan aplikasi dengan mengetuk opsi OK
  • Selesai, aplikasi yang tidak digunakan berhasil dihapus.

4. Memutakhirkan Sistem Operasi HP

Seiring perkembangan teknologi, banyak pengembang aplikasi yang menciptakan versi penyimpanan yang lebih ringan. Ini merupakan solusi yang tepat bagi pengguna yang ingin menghemat ruang penyimpanan pada ponsel mereka.

Contoh dari aplikasi dengan versi penyimpanan yang ringan antara lain Facebook Lite, Twitter Lite, TikTok Lite, dan sebagainya.

5. Menggunakan Aplikasi Versi Penyimpanan Ringan

Saat ini, banyak pengembang yang menciptakan aplikasi versi penyimpanan ringan. Hal itu menjadi solusi jitu bagi pengguna yang ingin menghemat ruang penyimpanan di ponsel masing-masing.

Adapun contoh aplikasi versi penyimpanan ringan di antaranya Facebook Lite, Twitter Lite. TikTok Lite, dan masih banyak lagi.

6. Menghindari Penggunaan Live Wallpaper

Meskipun Live Wallpaper dapat meningkatkan tampilan visual ponsel, penggunaannya juga dapat meningkatkan penggunaan sumber daya, terutama RAM. Tanpa disadari, fitur ini dapat mengonsumsi memori penyimpanan yang cukup besar untuk berfungsi secara optimal.

Jika ponsel memiliki kapasitas RAM yang terbatas, disarankan untuk mengurangi atau bahkan menghindari penggunaan Live Wallpaper atau animasi pada ponsel. Dengan demikian, alokasi sumber daya RAM dapat dioptimalkan, yang pada akhirnya akan meningkatkan kinerja ponsel secara keseluruhan.

Dengan begitu, alokasi penggunaan RAM bisa digunakan secara tepat. Sehingga, kinerja ponsel menjadi lebih optimal.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengatasi ram penuh dengan mudah. Pilih salah satu cara diatas yang dirasa mudah. Perhatikan pula langkah langkahnya supaya Ram tidak lagi penuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *