Tips & Trik

Simak 5 Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka Termudah

7
×

Simak 5 Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka Termudah

Sebarkan artikel ini

Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka Dengan Mudah

Play Store termasuk aplikasi yang banyak diperlukan oleh berbagai kalangan untuk mendownload hal penting serta aplikasi. Terkadang Play Store tidak bisa dibuka pada ponsel, karena berbagai penyebab. Sehingga banyak yang bertanya cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka cara cepat.

Pastinya, Android selalu punya playstore untuk digunakan untuk berbagai hal. Karena fungsi dan keberadaannya yang sangat penting, misalnya saja bisa mendapatkan uang. Selain bisa mendapatkan aplikasi yang diinginkan, maka dari itu simak berbagai penjelasan selengkapnya seperti berikut ini:

1. Sesuaikan Tanggal Ponsel

Cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka pertama yaitu melakukan penyesuaian tanggal serta waktu. Ternyata tanggal yang tidak akurat dapat membuat aplikasi tidak bisa diakses. Maka dari itu, harus menyesuaikan atau menyelaraskan tanggal akurat dengan langkah berikut:

  • Langkah pertama yaitu dengan beranjak pada menu pengaturan yaitu setting untuk melihat pada bagian pengaturan tanggal dan waktu.
  • Berikutnya cukup pilih hidupkan settingan waktu agar bisa diatur secara otomatis. Lalu pilih juga time zone untuk mendapatkan fitur otomatis dari pengaturan waktu dan tanggal ini.

2. Uninstall Pembaruan

Cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka yang selanjutnya yaitu dengan melakukan uninstall pembaruan. Terkadang Google otomatis melakukan update untuk Play Store, sehingga membuat beberapa komponen berubah. Maka dari itu, bisa menetapkan kelangkaan install untuk Pembaruan Play Store tersebut.

  • Pertama, buka menu pengaturan lalu pilih pada bagian aplikasi serta notifikasi.
  • Jangan lupa untuk memilih Google Play Store, lalu klik uninstall untuk pembaharuan. Atau dengan mengklik bagian copot pembaruan, setelahnya baru coba kembali untuk membuka Play Store pada ponsel.

3. Restart Ponsel

Cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka berikutnya, dengan melakukan restart pada ponsel. Hal ini, dianggap sangat ampuh terutama mengatasi sejumlah masalah di perangkat Android. Langkah pengerjaannya juga sangatlah mudah dan simple, seperti penjelasan selengkapnya:

  • Awalnya harus menekan tombol daya untuk mematikan perangkat, kemudian baru pilih menu restart atau mulai ulang pada ponsel ini.
  • Selama beberapa saat perangkat Android akan mati atau di restart, kemudian tunggu hingga selesai. Begitu ponsel dalam keadaan kembali menyala, silahkan buka kembali Play Store untuk mengeceknya.

4. Bersihkan Cache

Ternyata keberadaan cache yang begitu menumpuk dapat menyebabkan Play Store tak dapat dibuka. Sehingga dalam mengunduh pun tidak bisa terlaksana, jadi hal tersebut perlu untuk dibersihkan secara rutin. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak langkah berikut:

  • Langkah ini bisa dilakukan untuk pengaturan pada menu setting lalu pilih apps manajemen.
  • Lalu jangan lupa klik Google Play service dan tampilkan semua opsi show all apps.
  • Berikutnya masuk pada storage lalu jangan lupa klik clear cache. Agar dapat membersihkan berbagai cache yang ada terakhir cukup restart ponsel.

5. Update Play Store

Bisa saja yang menjadi penyebab mengapa Play Store tidak bisa dibuka lantaran sudah terlalu using. Maka dari itu, perlu di-update atau dilakukan pembaharuan. Adapun langkah yang dapat dilakukan yaitu:

  • Pertama tentu saja dengan membuka aplikasi Play Store di ponsel. Kemudian beranjak pada menu berupa ikon titik 3, untuk menemukan fitur pengaturan.
  • Pada saat itu, jangan lupa untuk mencari versi terbaru dari Play Store untuk dapat melakukan pembaruan secara otomatis.

Itulah berbagai penjelasan cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka termudah. Rekomendasi ini dapat dilakukan oleh siapa saja. Juga akan membuat pengguna tidak lagi kesusahan untuk mendownload berbagai aplikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *