Tips & Trik

Begini Cara Mengatasi PC Lemot yang Mudah Dilakukan Tanpa Harus Mengeluarkan Biaya Mahal

3
×

Begini Cara Mengatasi PC Lemot yang Mudah Dilakukan Tanpa Harus Mengeluarkan Biaya Mahal

Sebarkan artikel ini

Cara Mengatasi PC Lemot, Sangat Mudah

PC menjadi kebutuhan dasar bagi banyak pekerja, spesifiknya pekerja kantoran. Pasalnya, apabila laptop bermasalah seperti lemot saat digunakan, pengguna harus tahu cara mengatasinya. Nah, cara mengatasi PC lemot sebenarnya mudah dan memang wajib diketahui agar tidak menjadi penghalang dalam bekerja. 

Hal itu harus dapat dikuasai sendiri supaya masalah PC lemot tidak mengganggu terlalu lama, apalagi sampai memakan biaya. Beberapa pekerja pasti panik jika mengalami hal ini. Maka jangan panik, berikut cara-cara mudah dan simpel yang dapat dilakukan saat PC lemot:

1. Hapus Virus atau Malware pada PC

Serangan dari virus dapat mengganggu performa PC dalam bekerja. Virus atau malware ini juga dapat menambah kepenuhan pada kapasitas memori PC. Itu juga menyebabkan PC ngelag. Maka dari itu, untuk mengatasi hal ini dapat difungsikan anti virus.

Anti virus ini dapat membersihkan virus dan sampah-sampah pada PC. Dalam memilih anti virus harus disesuaikan spesifikasinya dengan PC, serta usahakan memilih anti virus terbaik. Pemakaian anti virus juga harus dicek secara berkala. Aplikasinya pun harus di update apabila terdapat notifikasi versi terbaru dari aplikasi.

2. Copot Aplikasi yang Jarang Dipakai

Aplikasi-aplikasi biasanya tersimpan di Drive C. Apabila Drive C ini penuh maka PC akan turun aktivitas kerjanya, seperti hang atau ngelag maka Drive C harus diberi ruang kosong seperlunya. Tidak lain adalah agar jalan kerja PC tidak terhambat.

Alternatif yang dapat dilakukan adalah menghapus beberapa aplikasi yang sudah jarang dimanfaatkan. Spesifiknya aplikasi yang tidak pernah digunakan lagi sehingga Drive C tidak penuh. Untuk melepas aplikasi yang jarang di pakai, langsung saja masuk ke Control Panel.

3. Pasang Aplikasi yang Cocok dengan Spesifikasi PC

Setiap PC memiliki spesifikasi yang berbeda seperti PC khusus game, dapat difungsikan aplikasi game. Atau PC untuk mengedit video, sehingga dapat diinstal aplikasi video editing. Namun PC khusus Video editing tidak boleh diinstal aplikasi game ataupun sebaliknya.

Kemudian, terdapat juga PC dengan spesifikasi rendah yang hanya biasa digunakan oleh pelajar. Nah, cara mengatasi PC lemot dapat dilakukan dengan mentaati syarat spesifikasi tersebut. Pilihlah aplikasi-aplikasi yang memenuhi spesifikasi dari PC sehingga PC dapat beroperasi dengan baik.

4. Bersihkan Aplikasi saat PC Startup

Jangan biarkan banyak aplikasi yang berjalan saat PC startup. Aplikasi-aplikasi ini akan berjalan di background PC. Itu mengakibatkan kapasitas RAM banyak terpakai atau bahkan penuh. Oleh karena itu, tidak heran PC jadi lemot saat digunakan. Agar jalan PC lancar saat startup, matikanlah aplikasi yang sedang tidak difungsikan. Caranya seperti berikut:

  • Telusuri task manager, ambillah startup.
  • Cek aplikasi apa saja yang sedang aktif di PC.
  • Matikan aplikasi yang tidak sedang dimanfaatkan.
  • Nyalakan saja aplikasi yang sedang dibutuhkan.

5. Ubah Memori HDD Menjadi SSD

Biasanya penggunaan memori HDD dapat membuat PC berproses lambat. Mengapa demikian? Sebab memori HDD mempunyai kecepatan data lebih lambat jika dibandingkan dengan memori SSD. Meskipun biaya dari pembelian SSD ini lebih mahal, namun ini membantu dalam memperlancar penggunaan PC.

6. Pakai Cooling Pad atau Vacuum Cooler

PC dalam penggunaannya sering suhunya panas, sehingga ini menghambat kinerja dari PC. Suhu panas bisa diakibatkan karena pemakaiannya yang sudah terlalu lama. Agar PC tidak lemot, suhunya harus dijaga tetap pas.

Pemakaian cooling pad dapat mengatasi suhu panas dari PC. Alat ini berupa kipas angin yang dapat menghilangkan panas PC. Alat ini dipasang pada PC dan mampu mentransfer udara panas keluar dari PC. Suhu PC pun terjaga dan dapat digunakan dengan lancar.

Itulah cara mengatasi PC lemot yang praktis diterapkan. Alternatif tersebut dapat dipelajari dan dilakukan sendiri, tanpa harus menyewa tukang servis PC. Itu juga bisa menjadi tips merawat PC agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *