Tips & Trik

7 Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali

×

7 Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali

Sebarkan artikel ini
cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh

Mengatasi masalah layar HP yang tidak bisa disentuh bisa menjadi sebuah hal yang menyebalkan. Ketika layar sentuh gagal berfungsi, aktivitas sehari-hari seperti mengirim pesan atau menjelajahi internet bisa terganggu. Namun banyak yang belum paham mengenai cara mengatasinya. Oleh karena itu berikut akan dibahas cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh.

Jika layar hp tidak bisa tersentuh jangan dulu panik ataupun menggantinya. Karena hal ini biasanya disebabkan karena hal hal sepele. Bagi yang penasaran bisa simak cara cara dibawah ini dengan teliti. Berikut cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh:

1. Force Restart

Force restart adalah salah satu cara pertama yang bisa dicoba ketika layar HP tidak bisa sama sekali disentuh. Hal ini bisa membantu mengatasi masalah sementara yang mungkin disebabkan oleh kesalahan perangkat lunak atau aplikasi yang tidak responsif.

Caranya berbeda-beda tergantung pada merek dan model HP yang digunakan. Biasanya, untuk melakukan force restart, perlu menekan dan tahan tombol power atau kombinasi tombol tertentu selama beberapa detik hingga perangkat restart.

2. Bersihkan Permukaan Layar HP

Kotoran, debu, atau bahkan minyak dari jari dapat menyebabkan masalah pada layar sentuh. Bersihkan permukaan layar HP menggunakan kain microfiber yang lembut dan sedikit cairan pembersih kaca atau alkohol isopropil.

Pastikan untuk menghapus segala kotoran dengan lembut dan hindari menggunakan bahan yang kasar yang bisa merusak layar.

3. Lepas Screen Guard pada Layar HP

Jika HP dilengkapi dengan pelindung layar atau screen guard, periksa apakah masalah layar tidak responsif berhubungan dengan pelindung tersebut. Terkadang, screen guard yang sudah lama dipakai bisa mengakibatkan masalah pada fungsi sentuhan layar.

Cobalah untuk sementara waktu melepas screen guard dan periksa apakah layar sentuh berfungsi normal setelahnya.

4. Pastikan Menggunakan Charger Asli

Penggunaan charger palsu atau tidak resmi bisa berdampak buruk pada perangkat, termasuk masalah pada layar sentuh. Pastikan menggunakan charger yang disertakan saat pembelian HP atau yang resmi direkomendasikan oleh produsen.

Charger yang tidak cocok atau tidak asli dapat menghasilkan arus yang tidak stabil atau terlalu kuat, yang mungkin mempengaruhi fungsi layar sentuh.

5. Jangan Biarkan HP Kepanasan

Pemanasan berlebih pada perangkat dapat mengakibatkan berbagai masalah, termasuk masalah pada layar sentuh. Pastikan HP tidak terlalu panas dengan menjauhkannya dari sinar matahari langsung, lingkungan yang panas, atau penggunaan berlebihan yang memicu panas berlebih pada perangkat.

6. Masuk ke Safe Mode

Safe Mode memungkinkan untuk memulai HP hanya dengan menjalankan aplikasi dan pengaturan dasar, tanpa aplikasi pihak ketiga yang mungkin menyebabkan masalah. Jika masalah layar tidak responsif disebabkan oleh aplikasi yang diunduh, masuk ke Safe Mode dapat membantu mengidentifikasi dan menghapus aplikasi tersebut.

Cara masuk ke Safe Mode berbeda-beda tergantung merek dan model HP, namun umumnya melibatkan menekan tombol tertentu saat perangkat booting.

7. Update Sistem Operasi

Perangkat lunak yang tidak terbaru atau sistem operasi yang usang bisa menyebabkan berbagai masalah pada perangkat, termasuk masalah pada layar sentuh. Pastikan HP menggunakan versi sistem operasi terbaru dengan mengunjungi pengaturan perangkat dan memeriksa pembaruan perangkat lunak.

Pembaruan sistem dapat memperbaiki bug dan masalah yang mungkin menyebabkan layar tidak responsif.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh. Terdapat tujuh cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi layar hp yang tidak dapat disentuh. Jangan lupa untuk memperhatikan cara cara di atas dengan teliti supaya layar hp dapat disentuh kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *