Tips & Trik

7 Cara Mengatasi Komputer Lemot Windows 7 Terbukti Ampuh!

×

7 Cara Mengatasi Komputer Lemot Windows 7 Terbukti Ampuh!

Sebarkan artikel ini

Cara Mengatasi Komputer Lemot Windows 7 yang Jitu

cara mengatasi komputer lemot windows 7

Banyaknya pengguna windows 7 tidak luput dari beberapa keluhan yang mencari solusi mengenai bagaimana cara mengatasi komputer lemot windows 7. Meski sudah tergolong cukup kuno, windows 7 nyatanya masih menarik banyak peminat karena lebih ringan dibandingkan dengan windows terkini lainnya. 

Umumnya penyebab terjadinya lemot pada komputer windows 7 adalah karena banyaknya tab yang terbuka dan aplikasi yang berjalan secara bersamaan. Mengatasi permasalahan tersebut, berikut  disampaikan beberapa cara untuk mengatasi komputer lemot windows 7 dengan mudah:

1. Kurangi Aktivitas Multitasking

Walaupun membuka banyak tab membuat pekerjaan menjadi praktis, namun multitasking menjadi penyebab utama yang membuat kinerja perangkat menjadi semakin lemot. Bukalah beberapa program yang hanya dibutuhkan pada saat itu, dan beberapa lainnya bisa menuju pengaturan untuk selanjutnya menutup paksa program.

Dalam melakukan cara ini, perlu diingat oleh para pengguna mengenai software yang berhubungan langsung dengan hardware tidak dapat diganggu. Jangan menutup paksa dan jangan menghilangkan tanda ceklis pada software tersebut. Pasalnya, dapat mempengaruhi kinerja windows 7 yang akan terganggu.

2. Matikan Visual Effect

Banyaknya kumpulan animasi yang disediakan oleh windows 7 selain memperindah nyatanya juga membuat performa perangkat menjadi lambat atau lemot. Nah, maka salah satu cara mengatasi komputer lemot windows 7 adalah dengan mematikan visual effect pada perangkat untuk meringankan beban sistem.

3. Uninstall Software Tidak Perlu (Bloatware)

Bloatware adalah sejumlah aplikasi atau software bawaan dari perangkat komputer yang terinstall di dalamnya bahkan sejak awal membeli perangkat tersebut. Namun sebenarnya, sejumlah software bawaan tersebut tidak terlalu penting dan tidak begitu digunakan, sehingga hanya menghabiskan ruang penyimpanan pada perangkat.

Beberapa jenis program secara otomatis berjalan ketika komputer mulai dinyalakan, sehingga pengguna bisa menghapus beberapa software yang dianggap tidak penting. Dengan cara menghilangkan atau uninstall bloatware, maka kinerja pengoperasian komputer akan lebih cepat dan lebih baik dibandingan sebelumnya. 

4. Pasang Anti Virus

Cara mendeteksi ada tidaknya virus penyebab lemot pada perangkat komputer dan upaya untuk menghilangkannya adalah dengan mengunduh software anti virus. Setelah dipasangnya anti virus, pengguna disarankan untuk selalu melakukan pemindaian virus secara rutin dan berkala untuk memastikan kinerja operasi perangkat.

5. Tambahkan RAM

RAM merupakan Random Access Memory atau dijabarkan sebagai sebuah ruang penyimpanan pada perangkat komputer, segala jenis aplikasi dan file tersimpan sementara di sana. Memori yang penuh ini nantinya akan membuat perangkat menjadi lemot.

Disarankan, bagi para pengguna untuk menambahkan kapasitas menjadi lebih besar pada RAM. Namun sebelum itu, pastikan berkonsultasi dengan ahli komputer sebelum memasang RAM. Pasalnya, beberapa perangkat justru tidak support jika RAM ditambahkan.

6. Ganti HDD Menjadi SSD

Penggunaan HDD pada komputer termasuk bagian dari barang kuno yang sudah layak ganti dan hanya membuat pengoperasian perangkat menjadi lemot. Penggantian paling optimal adalah menggantinya dengan SSD, karena SSD dirancang dengan sistem pengelolaan dan pengaksesan data yang lebih cepat.

7. Install Ulang

Penginstalan kembali windows 7 pada perangkat juga dapat dilakukan sebagai upaya untuk memperbaiki kinerja pengoperasian komputer yang sudah mulai lemot. Dalam melakukan cara ini, pastikan sudah mengamankan beberapa file penting, karena beberapa file juga akan turut terhapus setelah terinstall ulang.

Demikianlah beberapa cara mengatasi komputer lemot windows 7 yang dapat dilakukan hingga dapat beroperasi dengan optimal. Rutin melakukan pembersihan pada hardware komputer juga membantu untuk menjaga perangkat dari partikel penghambat, sehingga dapat mengoptimalkan kinerja komputer.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *