Tips & Trik

5 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi, Sebelum ke Tempat Service

×

5 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi, Sebelum ke Tempat Service

Sebarkan artikel ini
cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi

Cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi dapat coba dilakukan sebelum memutuskan untuk membawa laptop tersebut ke jasa service. Oleh karenanya ketika keyboard laptop tidak berfungsi dengan sebagaimana mestinya, sebenarnya pengguna tidak perlu terlalu panik karena banyak cara untuk memperbaiki dan  mengatasinya secara mandiri.

Kehadiran laptop telah menjadi hal yang dianggap penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi mereka yang masih dalam masa belajar atau bekerja. Penggunaan yang intens membuat laptop rentan mengalami kerusakan atau kesalahan. Salah satu masalah yang sering dialami pengguna laptop ialah kerusakan pada keyboard laptop, sehingga penting untuk mengetahui cara mengatasinya.

Karena nilai kegunaannya yang tinggi, penting untuk menjaga dan merawat laptop dengan baik agar terhindar dari kerusakan. Namun, jika keyboard mengalami masalah, berikut adalah cara untuk memperbaikinya.

1. Periksa Num Lock

Langkah pertama dalam mengatasi keyboard yang error adalah dengan memeriksa status Num Lock pada laptop. Num Lock yang aktif akan mengubah keyboard menjadi mode angka saat ditekan, bahkan tombol huruf utama pun berfungsi sebagai angka. Untuk menonaktifkan Num Lock, cukup tekan tombol Fn bersamaan dengan tombol Lock.

Jika Num Lock tidak aktif, kemungkinan besar keyboard laptop akan kembali berfungsi dengan normal. Namun, jika keyboard masih tidak berfungsi seperti seharusnya, langkah berikutnya perlu dilakukan.

2. Coba Lakukan Restart

Jika sudah melakukan checking Num Lock dan sudah terkonfirmasi bahwa fitur tersebut tidak aktif, maka coba lakukan restart. Caranya cukup dengan menekan tombol Windows, kemudian klik tombol Power, dan pilih opsi Restart.

Dengan melakukan restart, laptop akan mulai kembali. Setelah sudah masuk pada layar stand by coba lagi fungsi keyboard apakah sudah normal atau belum.

3.  Cek Driver Keyboard

Cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi selanjutnya adalah mengecek driver. Salah satu kemungkinan keyboard laptop tidak dapat menjalankan tugasnya dengan baik adalah adanya masalah pada driver keyboard yang perlu diperiksa kembali. Untuk mengatasinya, periksa dan pastikan apakah driver pada laptop masih berfungsi dengan baik atau tidak.

4. Lakukan System Restore

Pada saat keyboard laptop tidak berfungsi, untuk memperbaikinya juga dapat menggunakan fitur System Restore. Inti dari cara ini sebenarnya adalah mengembalikan fungsi laptop secara keseluruhan pada restore point yang sudah tersimpan sebelumnya. Perlu dipastikan bahwa pada restore point yang sudah tersimpan itu pada saat itu kondisi keyboard masih dapat berfungsi secara normal dan sebagaimana mestinya.

Untuk melakukannya, cukup buka menu Start, lalu pilih opsi Recovery, dan kemudian pilih Configure System Restore. Dengan langkah tersebut, keyboard laptop seharusnya dapat kembali berfungsi seperti biasa.

5. Bersihkan Keyboard

Mungkin ini menjadi hal yang sepele, namun bisa jadi penyebab keyboard tidak berfungsi adalah karena ada kotoran yang menghambat kinerja keyboard tersebut. Untuk membersihkan keyboard, mulailah dengan menggunakan sedikit kuas atau kain microfiber untuk membersihkan kotoran yang menempel di antara tombol atau di bagian bawahnya.

Selain itu, gunakan kain yang telah dibasahi dengan alkohol untuk membersihkan secara menyeluruh dan lembut. Pastikan keyboard benar-benar bersih agar kinerjanya tetap optimal.

Nah demikianlah penjelasan tentang bagaimana cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi yang dapat dilakukan sendiri. Seharusnya dengan cara-cara tersebut sudah bisa mengatasi masalah tersebut.

Namun jika cara-cara diatas sudah dilakukan dan keyboard masih belum berfungsi normal sebagaimana mestinya, itu artinya ada kerusakan yang signifikan pada hardware keyboard tersebut.

Jika kondisinya sudah seperti itu maka sudah tidak ada cara lain yang bisa diterapkan kecuali mengganti hardware keyboard tersebut dengan yang baru. Namun jika belum punya budget untuk ganti yang baru, solusi sementara adalah dengan menggunakan keyboard eksternal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *