Tips & Trik

Begini Cara Mengatasi Kartu XL Tidak Ada Jaringan Paling Ampuh!

×

Begini Cara Mengatasi Kartu XL Tidak Ada Jaringan Paling Ampuh!

Sebarkan artikel ini

Cara Mengatasi Kartu XL Tidak Ada Jaringan Paling Mudah

Cara Mengatasi Kartu XL Tidak Ada Jaringan

Bagi pengguna jaringan seluler pasti pernah mengalami hilang jaringan, tak terkecuali pengguna kartu XL. Bagi pengguna kartu XL yang mengalami hal demikian jangan khawatir karena ada cara mengatasi kartu XL tidak ada jaringan. Tidak ada jaringan sendiri merupakan hal wajar yang dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi kartu XL yang tidak ada jaringan, ada baiknya pengguna mengetahui apa penyebabnya terlebih dahulu. Sehingga pengguna akan lebih mudah dalam mengambil langkah untuk mengatasinya. Berikut penjelasan lengkapnya:

Penyebab Kartu XL Tidak Ada Jaringan

Hilangnya jaringan XL sendiri bisa disebabkan oleh banyak faktor. Berikut merupakan beberapa faktor-faktor yang dapat menyebabkan hilangnya jaringan XL:

  • Cuaca ekstrem seperti angin kencang, hujan deras hingga petir.
  • Sedang adanya perbaikan jaringan.
  • Kartu SIM bermasalah.
  • Perangkat Hp bermasalah.
  • Pengguna berada di lokasi yang tidak bisa dijangkau jaringan.

Cara Mengatasi Kartu XL Tidak Ada Jaringan

Untuk mengatasi kartu XL yang tidak ada jaringan, pengguna bisa mengatasinya dengan beberapa cara. Berikut ini merupakan cara-cara yang perlu dicoba oleh pengguna kartu XL ketika mengalami hilangnya jaringan.

1. Dengan Mengaktifkan Lalu Menonaktifkan Mode Penerbangan

Cara yang pertama dan paling mudah untuk dilakukan yaitu dengan mengaktifkan lalu menonaktifkan kembali mode penerbangan. Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi hilangnya jaringan seluler.

Dengan mengaktifkan mode penerbangan maka jaringan yang terhubung akan terputus. Lalu ketika pengguna menonaktifkan mode penerbangan secara otomatis jaringan pada perangkat akan di refresh. Sehingga jaringan yang terhubung ke perangkat akan lebih lancar lagi.

2. Mengganti Setting APN kartu XL

Cara mengatasi kartu XL tidak ada jaringan yang selanjutnya yaitu dengan mengganti setting APN kartu XL. Karena setiap provider pasti memiliki pengaturan APN sendiri agar bisa terhubung dengan jaringan, sehingga pengaturan APN yang belum tepat bisa menyebabkan hilangnya jaringan.

Adapun langkah mengubah pengaturan APN untuk kartu XL sebagai berikut:

  • Android. Silahkan buka menu “Setting”, selanjutnya pilih opsi “Mobile Network”, kemudian buka “Access Point Names” dan isi kode APN sesuai ketentuan.
  • iOS. Pertama-tama silahkan buka menu “Setting”, kemudian pilih menu “Cellular”, lalu klik “Cellular Data Network”, setelah itu ganti APN sesuai ketentuan.

3. Pindah Ke Lokasi Yang Dapat Dijangkau Jaringan

Perlu diketahui oleh pengguna kartu XL bahwa ada beberapa lokasi yang tidak bisa dijangkau oleh jaringan XL. Seperti daerah-daerah pedalaman yang jarang dikunjungi orang, atau ruangan bawah tanah.

Oleh karena itu jika penyebab tidak adanya jaringan adalah karena lokasi yang tidak ada jangkauan, maka satu-satunya cara untuk mengatasi yaitu dengan berpindah ke lokasi yang terjangkau oleh jaringan.

4. Cek Kondisi Kartu XL

Cara mengatasi kartu XL tidak ada jaringan berikutnya yaitu dengan melakukan cek pada kartu SIM, karena bisa jadi sumber masalahnya adalah adanya kerusakan kartu SIM yang digunakan.

Seperti yang diketahui bahwa kartu SIM memiliki chip berwarna kuning. Apabila chip kartu XL rusak maka kartu tidak dapat terbaca dan pengguna tidak akan mendapat jaringan. Oleh karena cara mengatasinya yaitu dengan mengganti kartu XL.

5. Lakukan Restart Pada Perangkat

Cara terakhir yang cukup ampuh untuk mengatasi jaringan yang hilang yaitu dengan merestart perangkat Hp yang digunakan. Karena bisa jadi penyebab hilangnya jaringan yaitu sistem error karena aplikasi yang digunakan secara bersamaan terlalu banyak, atau karena terlalu lama digunakan.

Dengan melakukan restart biasanya dapat mengatasi error yang terjadi. Dan jaringan yang hilang dapat kembali lagi.

Nah demikianlah penjelasan mengenai cara mengatasi kartu XL tidak ada jaringan. Caranya cukup mudah bukan? Usahakan sebelum melakukan tindakan periksa terlebih dahulu penyebabnya. Dengan begitu pengguna dapat mengatasinya dengan tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *