Tips & Trik

4 Cara Mengatasi Kartu SD yang Tidak Terbaca di HP

×

4 Cara Mengatasi Kartu SD yang Tidak Terbaca di HP

Sebarkan artikel ini
cara mengatasi kartu sd yang tidak terbaca

Cara mengatasi kartu SD yang tidak terbaca di hp memang penting untuk diketahui. Hal itu dikarenakan kartu SD menjadi bagian penting dari hp yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan ruang tambahan untuk penyimpanan file. Dan biasanya kartu SD ini berisi file-file yang sifatnya penting. Ketika tidak terbaca di hp pastinya akan membuat sedikit panik.

Sementara itu, ketika suatu barang sudah berumur, pastinya akan mengalami masa pakainya yang terbatas, yang berarti suatu saat akan menjadi tidak berguna. Ini juga berlaku untuk kartu SD yang seringkali digunakan. Apabila situasi seperti ini muncul, pemilik kartu perlu mengetahui cara mengatasi permasalahan ketika kartu SD tidak dapat terbaca.

Kartu SD merupakan komponen yang sangat vital bagi banyak orang, terutama bagi yang berkecimpung di bidang desain komunikasi visual. Meskipun demikian, penggunaan kartu SD tidak hanya terbatas pada kalangan tersebut, melainkan juga menjadi perangkat penting yang banyak diminati. Ketika tiba-tiba kartu SD tidak dapat terbaca, hal tersebut dapat menyebabkan kepanikan bagi penggunanya.

1. Kartu SD Dibersihkan

Partikel kecil yang dikenal sebagai debu memiliki kemampuan untuk menembus ke dalam lubang sekecil apapun. Terdapat kemungkinan bahwa debu tersebut dapat masuk ke dalam celah-celah kecil pada kartu SD. Sebaiknya, bersihkan setiap lubang kecil yang ada pada kartu SD untuk mencegah hal tersebut terjadi.

Apabila memang terjadi karena kekotoran, disarankan untuk mengeluarkan kartu memori, dan perhatikan bagian lempengan tembaga pada kartu SD tersebut. Selanjutnya, bersihkan lempengan tersebut dengan menggunakan kain lembut agar tidak tergores lebih parah. Setelah selesai, pasang kembali kartu SD ke tempatnya semula.

2. Restart HP

Kesalahan pembacaan kartu SD bisa disebabkan oleh sistem yang sedang bermasalah atau bug. Cara mengatasi kartu sd yang tidak terbaca dengan melakukan restart pada ponsel bisa memberikan dampak positif pada perangkat tersebut. Restarting ponsel akan menyegarkan sistem di dalamnya, yang pada akhirnya membuatnya bekerja lebih baik.

Selain memperbaiki masalah kartu memori, restart ponsel juga dapat memperpanjang umur perangkat tersebut. Tindakan ini memberikan penyegaran pada setiap komponen, menjaga performanya tetap optimal.

3. Lakukan Formatting Pada Kartu SD

Langkah selanjutnya adalah mencoba memformat kartu SD. Tindakan ini seringkali efektif untuk memperbaiki masalah kartu dengan cepat. Pengguna dapat melakukannya menggunakan ponsel yang dimiliki. Pada umumnya, kartu SD akan terbaca secara otomatis setelah diformat ulang.

Namun perlu diketahui dan dipahami bahwa jika melakukan formatting kartu SD ini, semua data yang ada didalamnya akan hilang secara permanen. Jadi perlu dipertimbangkan sebelum melakukan cara ini.

4. Coba Pasang di Perangkat Lain

Cobalah memasang kartu SD ke perangkat lain. Terkadang, kesalahan dalam pembacaan kartu SD mungkin disebabkan oleh inkompatibilitas antara jenis kartu SD dan HP yang digunakan. Sebagai contoh, kartu dengan kapasitas memori yang terlalu besar mungkin tidak terbaca oleh sistem HP. Untuk mengatasi hal ini, coba pasang kartu SD ke perangkat lain yang kompatibel.

Hal tersebut akan membantu pengguna memastikan apakah kartu SD cocok dengan HP atau tidak. Namun jika pada perangkat lain kartu SD tersebut dapat terdeteksi, kemungkinan besar yang menjadi masalah adalah pada bagian slot kartu memori pada hp pengguna. Jika sudah begitu tentu diperlukan penggantian part slot kartu memori tersebut.

Nah demikianlah uraian cara mengatasi kartu sd yang tidak terbaca. Jadi pengguna bisa coba semua caranya pada saat kartu SD yang sudah dimasukkan di hp justru tidak terdeteksi atau terbaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *