Tips & Trik

4 Cara Mengatasi Jaringan XL Lemot, Solusi Permasalahan Jaringan

×

4 Cara Mengatasi Jaringan XL Lemot, Solusi Permasalahan Jaringan

Sebarkan artikel ini
cara mengatasi jaringan xl lemot

Cara mengatasi jaringan XL lemot sebetulnya bisa terbilang tidak terlalu sulit. Ini tentunya perlu dipahami bagi pengguna provider XL supaya jika pada suatu saat mengalami atau terjadi hal tersebut, pengguna sudah tahu dan mengerti harus melakukan apa dan bagaimana.

XL dikenal karena paketnya yang ekonomis, sehingga tak mengherankan jika diminati banyak orang. Tetapi terkadang, jaringannya tiba-tiba melambat. Bagaimana cara mengatasi jaringan XL yang melambat dengan cepat dan mudah?

Beberapa faktor dapat menyebabkan jaringan melambat, termasuk kondisi cuaca atau kuota yang habis. Pengguna jaringan XL perlu mengetahui trik untuk mengatasi masalah ini agar tak terkejut saat menghadapinya. Berikut beberapa cara atau metode yang bisa diterapkan:

1. Coba Bersihkan Cache

Cara mengatasi jaringan XL lemot yang paling simpel adalah dengan membersihkan cache pada perangkat smartphone yang sedang dipakai. Jika jaringan melambat, cache penuh pada smartphone mungkin menjadi penyebabnya. Langkah untuk membersihkan cache pada smartphone adalah dengan membuka pengaturan terlebih dahulu.

Selanjutnya, cari aplikasi yang ingin diclear cache-nya. Lalu, gulir ke bawah dan pilih opsi clear cache. Dengan demikian, sampah dari aplikasi tersebut akan terhapus dan tidak mengganggu kinerja jaringan. Perlu diketahui bahwa aplikasi yang menumpuk cachenya biasanya adalah yang berhubungan dengan internet. Misalnya chrome, instagram, facebook dan lain-lain.

2. Kunci Jaringan diĀ  Mode 4G Only

Untuk mengatasi kelambatan jaringan XL, langkah selanjutnya adalah mengubah preferensi jaringan menjadi 4G di ponsel pintar. Terkadang, saat mengakses internet, jaringan tiba-tiba beralih menjadi 2G atau 3G.

Oleh karena itu, atur ulang pengaturan jaringan ke mode 4G saja. Caranya cukup buka menu pengaturan di ponsel pintar, lalu pilih opsi jenis jaringan yang diinginkan. Di sana akan muncul pilihan berbagai jenis jaringan, mulai dari 2G, 3G, hingga 4G. Pilihlah opsi jaringan 4G untuk memperbaiki masalah tersebut.

3. Coba Nyalakan Ulang Smartphone

Seringkali saat kita menggunakan smartphone, terkadang kita mengalami keleletan karena beberapa aplikasi yang berat, yang akhirnya juga mempengaruhi koneksi jaringan. Solusinya sederhana, yakni dengan mematikan dan kemudian menghidupkan kembali smartphone kita. Tindakan ini akan membantu mengembalikan pengaturan smartphone ke keadaan semula.

Metode ini merupakan pilihan yang efektif untuk mengatasi masalah koneksi yang lambat dan performa smartphone yang menurun. Caranya cukup dengan menekan tombol power selama beberapa detik untuk mematikan perangkat, lalu hidupkan kembali. Dengan begitu, smartphone akan kembali dalam kondisi optimalnya.

4. Aktifkan Mode Pesawat

Ada cara lain yang lebih sederhana selain merestart smartphone untuk mengatasi jaringan XL yang lemot. Cara tersebut adalah dengan mengaktifkan mode pesawat. Sebenarnya intinya sama saja yaitu untuk menyegarkan atau merefresh, tapi disini yang direfresh hanyalah pada bagian koneksi saja. Berbeda dengan merestart hp yang akan merefresh hp tersebut secara keseluruhan.

Langkah untuk melakukannya sangat mudah yakni tinggal tarik ke bawah bagian atas layar yang berisi notifikasi. Nah biasanya setelah itu akan muncul berbagai opsi yang ditandai dengan ikon. Untuk mode pesawat sendiri tentu ikonnya ditandai dengan gambar pesawat. Tap ikon tersebut dan otomatis mode pesawat akan aktif sehingga data seluler akan mati. Setelah beberapa saat nonaktifkan mode pesawat dan seharusnya jaringan XL sudah kembali normal.

Nah demikianlah ulasan serta penjelasan mengenai cara mengatasi jaringan XL lemot. Jadi hal-hal tersebut bisa dicoba saat jaringan XL tidak seperti biasanya. Namun jika masih tetap lemot itu berarti kemungkinan memang sedang ada gangguan teknis.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Play.id