Tips & Trik

Cara Mengatasi Imei Tidak Terdaftar Serta Beberapa Penyebabnya

×

Cara Mengatasi Imei Tidak Terdaftar Serta Beberapa Penyebabnya

Sebarkan artikel ini
cara mengatasi imei tidak terdaftar

IMEI tidak terdaftar adalah masalah umum yang sering dihadapi oleh pengguna ponsel terutama iphone. IMEI atau biasa disingkat dengan International Mobile Equipment Identity) adalah nomor unik yang mengidentifikasi setiap perangkat seluler. Banyak yang mencari tahu mengenai cara mengatasi imei tidak terdaftar. Berikut akan dibahas secara lengkap.

Perlu diketahui ketika perangkat mengalami masalah IMEI tidak terdaftar, itu dapat mengakibatkan berbagai kendala, termasuk kesulitan mengakses jaringan seluler. Oleh karena itu berikut akan dibahas mengenai cara agar imei bisa didaftarkan.

Cara Mengatasi Imei Tidak Terdaftar Dengan Mudah

Terdapat dua cara mudah untuk mengatasi imei tidak terdaftar di kemenperin. Bagi yang penasaran bisa simak cara serta langkah langkahnya dibawah ini:

1. Lewat Situs Web Bea Cukai

Bea Cukai memiliki sistem pendaftaran IMEI yang memungkinkan pengguna untuk mendaftarkan IMEI secara online. Berikut langkah-langkahnya:

  • Akses Situs Web Bea Cukai. Buka browser web dan akses situs web resmi Bea Cukai di Indonesia.
  • Masuk atau Daftar Akun. Jika belum mempunyai akun, maka daftarlah terlebih dahulu. Jika sudah memiliki akun, masuklah ke dalamnya.
  • Pilih Layanan Pendaftaran IMEI. Cari opsi atau layanan yang berkaitan dengan pendaftaran IMEI di dalam situs web Bea Cukai.
  • Isi Informasi yang Diminta. Isilah formulir pendaftaran IMEI dengan informasi yang diminta. Pastikan untuk memberikan informasi yang lengkap  dan sesuai.
  • Kirim Permintaan Pendaftaran. Setelah mengisi formulir dengan benar, kirimkan permintaan pendaftaran IMEI melalui situs web Bea Cukai.
  • Tunggu Proses Verifikasi. Beberapa waktu setelah mengirimkan permintaan, tunggulah proses verifikasi dari pihak Bea Cukai. Mereka akan memeriksa informasi yang berikan dan mengkonfirmasi pendaftaran IMEI.
  • Periksa Status Pendaftaran. Setelah selesai, periksalah status pendaftaran IMEI secara berkala melalui situs web Bea Cukai untuk memastikan bahwa ponsel sudah terdaftar dengan benar.

2. Lewat Aplikasi Mobile Beacukai

Bea Cukai juga menyediakan sebuah aplikasi mobile yang bernama mobile beacukai . Sehingga dapat memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai layanan, termasuk pendaftaran IMEI. Berikut langkah-langkahnya:

  • Unduh dan Instal Aplikasi Mobile Bea Cukai. Dari toko aplikasi resmi, unduh dan instal aplikasi mobile resmi yang disediakan oleh Bea Cukai.
  • Daftar atau Masuk. Jika belum memiliki akun, daftarlah di dalam aplikasi. Jika sudah memiliki akun, masuklah ke dalamnya.
  • Pilih Layanan Pendaftaran IMEI. Di dalam aplikasi, cari opsi atau layanan yang berkaitan dengan pendaftaran IMEI.
  • Isi Informasi yang Diminta. Isilah formulir pendaftaran IMEI dengan informasi yang diminta oleh aplikasi. Pastikan informasi yang diberikan akurat dan sesuai dengan data ponsel.
  • Kirim Permintaan Pendaftaran. Setelah mengisi formulir, kirimkan permintaan pendaftaran IMEI melalui aplikasi.
  • Tunggu Proses Verifikasi. Tunggu proses verifikasi dari pihak Bea Cukai melalui aplikasi. Mereka akan memeriksa informasi yang diberikan dan mengkonfirmasi pendaftaran IMEI.
  • Periksa Status Pendaftaran. Setelah selesai, periksalah status pendaftaran IMEI secara berkala melalui aplikasi untuk memastikan bahwa ponsel sudah terdaftar dengan benar.

Penyebab Imei Tidak terdaftar

Setelah mengetahui caranya, kini akan disimak beberapa penyebab imei tidak terdaftar. Dibawah ini ada beberapa penyebab dari imei tidak terdaftar di kemenperin. Langsung saja simak dibawah ini:

1. Perangkat Illegal atau Tidak Terdaftar di Indonesia

Penyebab pertama yang dapat menyebabkan IMEI tidak terdaftar adalah perangkat yang diimpor secara ilegal atau tidak terdaftar di Indonesia. Beberapa pihak mungkin mengimpor perangkat ponsel dari luar negeri tanpa mematuhi regulasi dan persyaratan yang berlaku di Indonesia.

IMEI perangkat tersebut tidak akan terdaftar secara resmi dalam basis data yang diakui oleh otoritas telekomunikasi Indonesia.

2. Perangkat Dilaporkan Hilang atau Dicuri

Apabila sebuah perangkat ponsel dilaporkan hilang atau dicuri, operator telekomunikasi mungkin akan menonaktifkan IMEI perangkat tersebut supaya tidak digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Dengan demikian, meskipun perangkat tersebut masih berfungsi, IMEI-nya tidak akan terdaftar dalam jaringan operator.

3. Perangkat Palsu atau Kw

Perangkat palsu atau KW yang merupakan singkatan dari kwality without knowing adalah perangkat tiruan yang biasanya diproduksi tanpa izin resmi dan standar kualitas yang sesuai.

Perangkat seperti ini seringkali tidak memiliki IMEI yang valid atau memiliki IMEI yang terdaftar secara ilegal, yang dapat menyebabkan masalah saat hendak digunakan dalam jaringan resmi.

4. Masalah Teknis

Terkadang, IMEI sebuah perangkat ponsel dapat tidak terdaftar karena adanya masalah teknis pada perangkat itu sendiri. Ini bisa termasuk kerusakan perangkat keras atau perangkat lunak yang mengakibatkan IMEI tidak terbaca atau terhapus dari sistem. Dalam hal ini, perbaikan teknis atau pemulihan IMEI mungkin diperlukan untuk mengembalikan fungsionalitas perangkat tersebut.

Itulah tadi diatas pembahasan mengenai cara mengatasi imei tidak terdaftar dengan mudah. Selain itu juga terdapat pembahasan lain yaitu mengenai penyebab mengapa imei tidak terdaftar di kemenperin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *