Tips & Trik

3 Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca Secara Mandiri

×

3 Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca Secara Mandiri

Sebarkan artikel ini
cara mengatasi hardisk eksternal tidak terbaca

Dua klasifikasi utama harddisk adalah internal dan eksternal. Hard disk internal terpasang di dalam perangkat seperti laptop atau PC, sementara hard disk eksternal berfungsi sebagai penyimpanan tambahan yang dapat dipindahkan tanpa harus dipasang di dalam perangkat. Cara mengatasi hardisk eksternal tidak terbaca ini sebenarnya cukup mudah.

Bagi banyak individu, kehadiran hard disk eksternal (HDD) sangat berarti karena memungkinkan penyimpanan file-file pribadi yang penting. HDD eksternal menawarkan berbagai kapasitas penyimpanan dan portabilitas yang memudahkan penggunaannya di berbagai tempat.

Namun, ketika hard disk eksternal tidak terdeteksi oleh perangkat laptop, masalah pun muncul. Meskipun demikian, tidak perlu khawatir karena situasi seperti ini umum terjadi dan dapat diperbaiki. Kendala ketika hard disk eksternal tidak terbaca merupakan masalah yang sering dihadapi oleh pengguna.

1. Mendeteksi Driver

Setelah memasang perangkat ke port USB, sistem operasi Windows akan melakukan proses identifikasi terhadap perangkat tersebut. Jika menghubungkan HDD ke port USB, pastikan untuk mematikan dan kemudian menghidupkannya kembali jika terdapat tombol on/off.

Untuk memastikan apakah Windows telah mengenali perangkat tersebut, dapat memeriksanya melalui Windows Explorer untuk melihat apakah HDD sudah terdeteksi sebagai drive baru. Jika menerima notifikasi bahwa HDD telah dikenali tetapi tidak muncul di Windows Explorer, langkah selanjutnya adalah menggunakan Disk Management. Berikut langkahnya:

  • Tekan tombol Windows Key + R.
  • Apabila sudah, langsung ketik diskmgmt.msc di kolom dialog Run.
  • Tekan tombol Enter maka pengguna akan diarahkan ke halaman yang berisi Disk Management Windows. Di mana pengguna dapat melihat daftar drive yang terhubung.

Meskipun HDD tidak muncul secara langsung di Windows Explorer, kemungkinan besar akan terlihat di Disk Management karena mungkin belum dipartisi. Di sini, pengguna memiliki opsi untuk melakukan berbagai tindakan seperti memformat, membuat partisi baru, mengganti nama drive, dan lain sebagainya.

2. Melakukan Pergantian Letter Hardisk

Cara mengatasi hardisk eksternal tidak terbaca kedua ini melibatkan proses pemberian letter pada hardisk, biasanya digunakan saat hardisk eksternal telah terhubung tetapi tidak terdeteksi pada tampilan “My Computer”. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Navigasikan ke “Disk Management”, mengikuti langkah yang sama dengan metode pertama.
  • Klik kanan pada disk yang ingin diberi letter.
  • Pilih opsi “Change Drive Letter and Path” dari jendela yang muncul.
  • Klik “Add” atau “Change” untuk menetapkan sebuah letter pada drive.
  • Ikuti instruksi yang diberikan. Dengan demikian, hardisk akan terbaca kembali dan akan muncul pada perangkat.

3. Mencoba Port USB Lain

Jika pengg sudah mencoba langkah-langkah di atas tanpa hasil, mungkin permasalahannya terletak pada port USB yang bermasalah. Sebaiknya coba hubungkan perangkat langsung ke port yang berbeda jika memungkinkan.

Jika menggunakan USB hub, alangkah baiknya mencoba menyambungkannya langsung ke laptop. Terkadang masalah muncul karena USB hub tidak bisa menyediakan daya untuk HDD.

Apabila langkah-langkah tersebut tidak berhasil, masih ada satu kemungkinan lain untuk memperbaikinya, meskipun kemungkinannya kecil. Cobalah langkah yang sama di laptop atau komputer lain yang berfungsi dengan baik.

Mungkin bukan HDD yang bermasalah, melainkan laptopnya. Berikut langkah-langkahnya:

  • Periksa Device Manager dengan cara buka Device Manager dengan menekan tombol Windows + R di keyboard, ketik “devmgmt.msc” di jendela Run.
  • Cari Disk drive kemudian perhatikan antara ada atau tidaknya tanda seru yang berwarna kuning di sebelahnya. Jika ada, kemungkinan masalahnya adalah pada driver.
  • Klik kanan pada perangkat tersebut, pilih Properties, dan periksa pesan kesalahan. Informasi ini bisa membantu pencarian solusi, carilah di internet dengan menggunakan kata kunci pesan kesalahan tersebut.
  • Periksa Disk Management. Jika perangkat terdeteksi di Disk Management tetapi tidak dapat berfungsi di komputer lain, maka kemungkinan masalahnya adalah pada driver.
  • Instal ulang atau perbarui driver. Cobalah opsi Roll Back Driver atau perbarui driver dengan mencari versi terbaru di internet. Jika driver terbaru tersedia, maka masalah mungkin dapat teratasi.

Itulah beberapa cara mengatasi hardisk eksternal tidak terbaca yang perlu diketahui. Dengan adanya uraian cara tersebut maka diharapkan pengguna sudah bisa mengatasi masalah hardisk yang tidak terbaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *