Tips & Trik

6 Cara Mengatasi FB Kena Spam, Aman Tanpa Ribet

×

6 Cara Mengatasi FB Kena Spam, Aman Tanpa Ribet

Sebarkan artikel ini
cara mengatasi fb kena spam

Facebook adalah salah satu aplikasi media sosial yang populer saat ini, namun tak jarang banyak yang mengalami masalah dengan spam. Spam di Facebook dapat mengganggu pengalaman pengguna dan bahkan membahayakan keamanan akun. Berikut akan dibahas secara lengkap mengenai cara mengatasi fb kena spam.

Bagi yang sedang mengalami masalah ini, maka bisa simak cara mengatasinya dibawah ini. Langsung saja simak selengkapnya dibawah ini mengenai cara mengatasi fb kena spam.

1. Hapus Aplikasi Mencurigakan yang Terkoneksi dengan Facebook

Ketika akun Facebook terkena spam, langkah awal yang perlu dilakukan adalah dengan memeriksa serta menghapus aplikasi-aplikasi yang terhubung dengan akun. Aplikasi-aplikasi tersebut mungkin telah memperoleh akses tanpa izin atau digunakan untuk menyebarkan spam. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Pengaturan Akun Facebook. Masuk ke akun Facebook dan klik pada menu pengaturan yang berada di pojok kanan atas.
  • Pilih Aplikasi dan Situs Web. Di dalam menu pengaturan, pilih opsi Aplikasi dan Situs Web yang terletak di sebelah kiri.
  • Revokes Akses Aplikasi Mencurigakan. Periksa daftar aplikasi yang terhubung dengan akun. Hapus atau batalkan akses untuk aplikasi yang mencurigakan atau yang tidak Anda kenali.

2. Periksa Log Aktivitas Facebook

Memeriksa log aktivitas Facebook memungkinkan Anda untuk melacak aktivitas yang terjadi di akun, termasuk kiriman yang dibagikan atau tindakan-tindakan lain yang tidak Anda lakukan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Log Aktivitas. Klik pada ikon panah ke bawah di pojok kanan atas Facebook dan pilih Aktivitas Log
  • Periksa Aktivitas yang Mencurigakan. Telusuri log aktivitas untuk mencari tindakan-tindakan yang mencurigakan, seperti kiriman yang tidak Anda bagikan atau interaksi dengan konten yang tidak dikenali.
  • Laporkan Aktivitas yang Mencurigakan. Jika menemukan aktivitas yang mencurigakan, laporkan ke Facebook dengan mengikuti petunjuk yang disediakan.

3. Laporkan Spam pada Sistem Facebook

Facebook memiliki sistem pelaporan yang memungkinkan pengguna untuk melaporkan konten atau aktivitas yang dianggap sebagai spam atau melanggar kebijakan komunitas. Berikut langkah-langkahnya:

  • Temukan Konten yang Dapat Dilaporkan. Temukan kiriman, komentar, atau profil yang dianggap sebagai spam atau melanggar kebijakan Facebook.
  • Klik Tombol Laporkan. Di setiap kiriman atau profil, biasanya ada opsi Laporkan yang dapat diklik.
  • Pilih Alasan Pelaporan. Facebook akan meminta untuk memilih alasan pelaporan. Pilih opsi yang sesuai, seperti Spam atau Melanggar Kebijakan.
  • Kirim Laporan. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh Facebook untuk menyelesaikan proses pelaporan.

4. Amankan Akun

Jika masih dapat mengakses akun, disarankan segera mengganti kata sandi. Namun, jika terkendala dalam mengakses akun, langkah terbaik adalah melaporkannya sebagai Akun Dikompromi.

  • Silakan kunjungi Pusat Bantuan Facebook.
  • Di bilah pencarian Pusat Bantuan, ketik Akun Dikompromi dan ikuti arahan yang tersedia.
  • Laporkan masalah dengan menyertakan alamat email, nomor telepon, serta deskripsi aktivitas mencurigakan.
  • Ikuti langkah-langkah lainnya, termasuk mengganti kata sandi, memeriksa aktivitas akun, dan menghapus aplikasi yang mencurigakan.
  • Dapatkan kembali kendali atas akun.

5. Tinjau Aktivitas Akun dan Hapus Spam

Untuk memastikan keamanan akun, disarankan untuk secara rutin memeriksa dan meninjau beberapa hal yang penting. Pertama-tama, luangkan waktu untuk menelusuri Riwayat Login dengan teliti guna mengidentifikasi segala aktivitas yang mencurigakan atau tidak dikenal yang mungkin terjadi pada akun.

Selanjutnya, periksa dengan seksama Postingan yang telah dibagikan serta daftar Suka yang diberikan, karena ini juga merupakan indikator penting dari integritas dan keamanan akun. Terakhir, jangan lupa untuk mengamati dengan cermat Log Aktivitas dan menghapus segala tindakan yang tidak dikenal atau tidak diinginkan.

Dengan melakukan langkah-langkah ini secara teratur, dapat memastikan bahwa akun di tetap terlindungi dari potensi ancaman keamanan dan risiko penggunaan yang tidak sah.

6. Periksa Aplikasi dan Game yang Terpasang

Jangan lupa untuk secara berkala melakukan pemeriksaan terhadap semua aplikasi dan game yang telah di pasang di perangkat. Penting untuk diingat bahwa keamanan digital adalah prioritas utama.

Oleh karena itu, lakukanlah upaya untuk menghapus segala aplikasi atau game yang mencurigakan atau tidak dikenali dengan baik. Tindakan ini tidak hanya akan membantu menjaga kebersihan perangkat tetapi juga melindungi informasi pribadi dari ancaman yang mungkin tersembunyi di dalamnya.

Aplikasi atau game yang tidak dapat dipercaya dapat membawa risiko yang serius bagi keamanan online. Mereka mungkin saja menyusupkan diri ke dalam sistem dan mengirimkan spam secara berkelanjutan.

Lebih buruk lagi, beberapa di antaranya bahkan dapat merusak atau mengambil alih akun, mengakibatkan kerugian besar bagi privasi dan keamanan data. Oleh karena itu, disarankan untuk secara rutin memeriksa daftar aplikasi dan game yang terpasang di perangkat. Saat melakukan pemeriksaan, perhatikan tanda-tanda yang mencurigakan, seperti adanya perubahan perilaku yang tidak diinginkan atau permintaan izin yang tidak masuk akal.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengatasi fb kena spam. Terdapat enam cara yang bisa dilakukan dengan mudah, terlebih untuk anak muda yang senang bermain facebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *