Tips & Trik

5 Cara Mengatasi Black Screen Windows 10 Sebelum ke Tempat Servis

×

5 Cara Mengatasi Black Screen Windows 10 Sebelum ke Tempat Servis

Sebarkan artikel ini
cara mengatasi black screen windows 10

Cara mengatasi black screen windows 10 sering banyak dicari. Hal itu dikarenakan memang black screen adalah salah satu masalah yang sering terjadi di windows 10.

Namun jangan khawatir karena masalah tersebut bisa diatasi secara mandiri tanpa bantuan jasa servis. Bahkan tanpa perlu pengetahuan atau pendidikan formal mengenai ilmu komputer sekalipun, pengguna juga sudah akan bisa mengatasi masalah tersebut.

Mungkin ketika laptop atau PC windows 10 mengalami black screen, maka yang langsung terpikir adalah masalah pada layar laptop atau monitor pada PC. Namun belum tentu yang menjadi masalah adalah hal itu.

Penting untuk memahami bahwa terdapat berbagai metode yang dapat digunakan untuk menangani black screen Windows 10 dengan efisien. Masalah ini umumnya disebabkan oleh kelalaian perangkat keras atau kegagalan operasi sistem.

Tetapi, kebanyakan orang masih belum ter informasi tentang akar penyebab kesalahan sistem pada perangkat keras dan langkah-langkah efektif untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut adalah beberapa penjelasan yang informatif mengenai black screen pada Windows 10.

1. Cek Kinerja Komputer

Langkah pertama dalam mengatasi masalah teknis black screen pada windows 10 adalah memahami kinerja komputer dengan seksama. Ada kalanya kendala muncul karena proses instalasi belum selesai atau berjalan dengan tidak sempurna.

Oleh karena itu, memahami secara mendalam bagaimana komputer bekerja menjadi hal yang penting sebelum melangkah lebih jauh.

2. Coba Matikan Dulu Sejenak Kemudian Nyalakan Lagi

Cara mengatasi black screen windows 10 yang kedua adalah dengan mematikan komputer atau laptop, kemudian menyalakannya kembali. Jika tidak dapat dimatikan dengan cara biasa, tekan tombol daya selama 5 detik agar komputer mati secara paksa untuk sementara.

Setelah itu, lepaskan kabel Ethernet dan matikan adaptor nirkabel. Cabut juga semua periferal dan kabel daya. Tunggu beberapa detik sebelum memasang kembali semua komponen tersebut, lalu nyalakan kembali komputer.

3. Masuk ke Safe Mode

Jika masalah yang dialami terkait dengan perangkat keras, langkah selanjutnya adalah mencoba masuk ke dalam safe mode. Dengan memuat hanya data program yang penting, masalah layar hitam dapat diatasi. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan menghidupkan komputer dan menekan tombol shift untuk beberapa saat.

Setelah itu, pilih opsi tombol daya, lalu pilih restart. Banyak pengguna yang melaporkan berhasil mengatasi masalah dengan menggunakan metode safe mode ini.

4. Lakukan Updating Driver

Alternatif lain dalam mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan pembaruan pada driver jika VGA Card tidak mengalami kerusakan fisik.

Kondisi ini juga dapat menjadi penyebab terjadinya layar hitam pada laptop atau komputer pengguna.

5. Cek dan Hentikan RunOnce di Task Manager

Langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan menekan tombol Windows dan membuka task manager. Alternatifnya, pengguna juga bisa menekan tombol ctrl, shift, dan esc secara bersamaan untuk membuka task manager.

Selanjutnya, periksa bagian proses RunOnce.exe. Jika proses tersebut masih berjalan, klik kanan dan pilih opsi stop. Setelah itu, lakukan restart komputer dengan memilih opsi restart.

Nah demikianlah penjelasan dan ulasan tentang bagaimana cara mengatasi black screen windows 10. Jadi ketika mengalami black screen, pengguna windows 10 sebaiknya jangan terlalu panik karena masalah tersebut bisa diatasi secara mandiri.

Coba lakukan semua cara yang sudah dijelaskan di atas. Sebaiknya juga jangan berpikiran dahulu kalau yang rusak adalah layar atau monitornya. Biasanya jika tidak terjadi kerusakan pada hardware, semua cara di atas harusnya sudah bisa mengatasi black screen pada windows 10.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *