Ketahuilah! Cara Mengatasi Aplikasi Yang Tidak Bisa Dibuka Di Android Dengan Sederhana

Cara Mengatasi Aplikasi Yang Tidak Bisa Dibuka Di Android, Mudah Dilakukan

cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di android

Memiliki masalah aplikasi tidak bisa dimuat merupakan hal yang cukup menjengkelkan. Oleh karenanya, mengetahui cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka Android cukup penting untuk diketahui dipahami seperti informasi yang tertera sebagai berikut ini:

1. Memulai Ulang Smartphone Android

Cara ini patut dicoba jika pengguna mengalami kejadian aplikasi yang error. Melakukan muat ulang pada Android adalah cara mudah dan sederhana untuk mengatasi error ini. Pengguna tidak perlu khawatir karena memuat ulang tidak akan menimbulkan masalah lain.

Memuat ulang berarti memulai kembali system yang berjalan pada smartphone Android. setelah system dimuat kembali, maka smartphone akan mengatur ulang semua aplikasi yang berjalan sehingga akan berjalan lebih lancar.

2. Menghapus Cache Aplikasi

Salah satu penyebab umum aplikasi yang tidak bisa dimuat yaitu penuhnya sistem penyimpanan pada Android. Sebagai cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di Android, pengguna perlu melakukan penghapusan pada cache aplikasi yang pada Android.

Untuk menghapus cache, pengguna bisa membuka setelan dan memilih jenis aplikasi manakah yang dituju. Selanjutnya, pilih menu hapus cache untuk melanjutkan proses penghapusan cache. Terhapusnya cache aplikasi akan mengurangi beban pada memori dan membuatnya lebih lega.

3. Melakukan Pembaruan Pada Sistem Android

Adanya pembaruan sistem akan selalu muncul pada smartphone Android secara berkala. Beberapa pengguna terkadang malas melanjutkan proses perubahan tersebut. Akibatnya, beberapa masalah pun terjadi seperti masalah aplikasi yang tidak bisa dibuka.

Masalah ini mungkin terkesan ringan. Akan tetapi hal ini sangatlah mengganggu kenyamanan pengguna Android. Oleh karena , melakukan melanjutkan pembaruan sistem merupakan hal yang harus dilakukan demi kenyamanan pengguna.

4. Melakukan Penginstalan Kembali

Jika cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di Android seperti diatas masih saja belum memperbaiki masalah, maka cobalah melakukan penginstalan kembali.cara ini akan berhasil dilakukan jika masalah terletak pada aplikasi yang error atau adanya kesalahan pada aplikasi.

Penyebab masalah tidak akan diketahui sebelum cara ini dilakukan. Oleh karena itu, pengguna perlu mencoba melakukan penginstalan ulang terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab sekaligus mengatasi masalah aplikasi yang error.

5. Melakukan Hapus Aplikasi

Menghapus data dari aplikasi adalah bagian dari cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di Android. Menjalankan langkah ini sebenarnya memiliki resiko kehilangan data dari aplikasi terkait. Akan tetapi, cara ini patut dicoba karena akan sangat membantu untuk mengatasi masalah aplikasi.

Penghapusan data bisa dilakukan melalui menu pengaturan atau setelan. Pada menu setelan, bukalah menu pengaturan aplikasi. Pilih aplikasi yang sedang mengalami masalah dan hapus data. Setelah itu, semua data yang berkaitan dengan aplikasi akan terhapus dan menjadi seperti terinstal.

6. Membersihkan Memori

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa masalah penuhnya memori mungkin adalah penyebab utamanya. Oleh karena itu, penghapusan atau pembersihan memori harus dilakukan sebagai salah satu upaya penyelesaian.

Dalam hal ini, pengguna bisa menghapus atau melakukan uninstal pada aplikasi yang tidak digunakan. Gunakanlah beberapa aplikasi yang sangat dibutuhkan. Hal ini akan berguna untuk mengosongkan ruangan pada memori sehingga masalah aplikasi yang tidak bisa dimuat tidak akan terjadi.

Itulah tadi ulasan lengkap terkait cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di Android. Lakukan beberapa langkah di atas secara bergantian hingga masalah bisa teratasi dengan aman.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *