Tips & Trik

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Kompatibel yang Mudah Dilakukan

11
×

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Kompatibel yang Mudah Dilakukan

Sebarkan artikel ini

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Kompatibel, Simpel

Seringkali pengguna mengalami aplikasi yang tidak kompatibel di perangkat. Dengan begitu, tentu perlu mengetahui cara mengatasi aplikasi tidak kompatibel agar aplikasi dapat dijalankan sesuai ketentuan. 

Aplikasi yang tidak kompatibel ini sendiri pun memiliki beberapa penyebab. Diantaranya seperti perangkat yang sudah tidak mendukung, Operating System yang sudah lawas, dan lainnya. Supaya tidak kebingungan lagi harus menangani aplikasi tidak kompatibel bagaimana, simak cara berikut.

1. Melakukan Update OS

Langkah pertama yang bisa diambil ketika aplikasi tidak kompatibel dengan smartphone adalah update sistem operasi. Smartphone Android dan iOS sendiri mempunyai versi sistem operasi yang berbeda-beda. Biasanya semakin tinggi sistem operasi maka jadi lebih mudah dalam instal atau menggunakan aplikasi.

Biasanya sistem operasi akan memberikan notifikasi update dalam jangka waktu tertentu. Jika sudah mendapatkan notifikasi untuk melakukan update, maka sebaiknya segera dilakukan. Hal ini untuk menghindari beberapa aplikasi tidak bisa digunakan kedepannya.

2. Mengupdate Aplikasi Berkala

Perlu diketahui bahwa aplikasi yang sudah di download ini nantinya masih terus dikembangkan oleh developer. Jadi, bukan hal aneh jika aplikasi-aplikasi ini membutuhkan update secara berkala jika pihak developer sudah sedikit memberikan penyempurnaan.

Apabila aplikasi tidak kompatibel atau tiba-tiba tidak bisa digunakan, maka segera cek aplikasi lalu segera lakukan update. Dengan begitu, aplikasi ini nantinya masih tetap bisa digunakan dengan baik. Biasanya update-an dari pihak developer ini menghilangkan bug atau lainnya.

3. Mendownload di Situs Alternatif

Kemudian bisa memanfaatkan situs alternatif sebagai cara mengatasi aplikasi tidak kompatibel ketika akan diinstal. Kini sudah ada banyak situs atau website alternatif yang menyediakan beragam pilihan aplikasi untuk di download dengan lebih ringan.

Diantaranya ada APtoide, APKPure, dan APKMirror dan masih banyak lainnya. Namun karena aplikasi di download dari luar Play Store atau App Store, maka harus berhati-hati. Dikarenakan bisa jadi Apk Mod yang di download membawa virus dan menyerang sistem keamanan smartphone.

4. Menggunakan VPN

Banyak orang memanfaatkan VPN (Virtual Private Network) untuk membuka situs-situs yang sulit dijangkau negara bertempat tinggal. Untuk VPN ini bisa diunduh di Play Store atau dengan memanfaatkan situs di search engine.

Cara ini bisa dimanfaatkan dengan baik untuk mengunduh aplikasi yang diinginkan. Sebab tidak semua aplikasi dirilis di keseluruhan negara di belahan bumi ini. Penggunaan VPN ini sendiri pun cukup mudah, yakni tinggal mengubah wilayah, mencari aplikasi yang diinginkan dan diunduh.

5. Menghapus Cache pada Play Store

Selain itu, pengguna juga bisa melakukan penghapusan cache yang menumpuk di Play Store. Harus diketahui bahwa cache yang menumpuk menghambat kinerja sebuah aplikasi. Atau jika cache sudah dihapus tetapi tidak juga bisa digunakan, maka bisa uninstall Play Store dan Install lagi.

6. Membeli Ponsel Baru

Untuk cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan membeli smartphone keluaran terbaru. Umumnya ponsel pintar keluaran terbaru sudah memiliki spesifikasi yang lebih tinggi. Mulai dari kapasitas memori internal sampai sistem operasi pun sudah versi yang terbaru.

Dengan begitu, aplikasi apa saja yang diinstal bisa kompatibel dengan smartphone tersebut. Namun dalam pembelian ponsel terbaru ini jangan membeli yang abal-abal. Sebab biasanya banyak konsumen tergiur dengan ponsel murah namun kualitasnya tidak bisa dipercaya.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengatasi aplikasi tidak kompatibel yang simpel untuk dicoba. Pastikan untuk mencoba perlahan-lahan supaya perangkat tetap dalam kondisi prima.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *